Kelebihan dan Kekurangan AC Central Untuk Rumah Tinggal

AC Central Untuk Rumah

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan AC Sentral Untuk Instalasi Rumah – Untuk masyarakat umum pastinya sudah familiar dengan penggunaan AC untuk kebutuhan rumah, dan jenis AC yang biasa kita tahu adalah AC split wall.

Seperti yang kita ketahui AC ini terdiri dari 1 pasang, satu unit indoor dan 1 unit outdoor. Jadi 1 unit outdoor digunakan haya untuk 1 unit outdoor.

Dan jika ingin memasang AC pada ruangan lain maka kita harus memasang satu instalasi lagi. Namun saat ini banyak rumah yang mengaplikasikan penggunaan jenis AC sentral dihunian rumah tinggal.

Kelebihan dan Kekurangan AC Central Untuk Rumah

Mungkin jika mendengar AC sentral maka yang kita bayangkan adalah instalasi AC untuk kebutuhan besar seperti pada gedung perkantoran.

Namun secara umum sebenarnya didaaerah perkotaan maupun rumah dipesisir sudah banyak yang mengaplikasikan jenis AC sentral ini.

Sistem kerja AC Central

Penggunaan AC Sentral Untuk Instalasi Rumah
https://docplayer.info/

AC Sentral menggunakan sistem kerja dengan melakukan proses pendinginan udara terpusat di satu tempat, kemudian udara ini akan dialirkan ke ruangan yang sudah terkoneksi dengan instalasi AC tersebut.

Jadi gampangnya ada satu AC berukuran besar yang diletakan di satu tempat dan digunakan untuk semua ruangan dalam satu bangunan yang sudah terkoneksi.

Kelebihan AC Sentral Untuk Rumah

Mudah dioperasikan

Dengan menggunakan AC sentral maka keuntungan yang didapatkan adalah dalam kemudahan sistem kontrolnya karena AC sentral menggunakan sistem kontrol terpusat.

Dengan metode ini, dalam melakukan maintenence seperti pemeriksaan, perawatan dan perbaikan akan menjadi lebih mudah.

Begitu juga saat melakukan kontrol kita bisa mengatur suhu maupun mematikan salah satu ruang melalui satu program sistem.

Kita bahkan bisa menyalakan dan mematikan AC melalui smartphone meskipun tidak sedang berada dirumah.

Senyap / Tidak bising

Kelebihan lainnya adalah dari kebisingan suara yang ditimbulkan. Anda akan merasakan kesejukan udara dari AC tanpa terganggu suara berisik.

Ini terjadi karena mesin AC berada di luar rumah sehingga suaranya tidak menggangu ruangan didalamnya. Dan yang masuk pada ruangan hanya jalur udara yang sudah diatur suhunya oleh mesin AC.

Tidak mengganggu estetika interior

pemasangan AC sentral dirumah

Jika kita melihat AC split wall, AC indoornya terletak menggantung pada tembok ruang Anda. Dan kita bisa melihat AC indoornya kadang mengganggu desain interior dari rumah.

Namun dengan penggunaan AC sentral, hal ini tidak akan menjadi masalah. Ini dikarenakan AC sentral semua mesin utamanya berada di luar ruangan.

Udara dingin sendiri akan disalurkan melalui tembok atau plafon rumah.

Kualitas udara yang baik

AC sentral memiliki filter yang membuat kualitas udaranya jauh lebih baik apabila dibandingakan dengan jenis AC lainnya.

Hal ini dikarenakan pada filter atau penyaring udara AC central dapat menyaring alergen seperti serat, kapas, serbuk sari, bulu hewan peliharaan, debu kotoran danpartikel kecil lainya di ruangan rumah.

Hasilnya udara menjadi bersih dan tentunya udara menjadi lebih sehat untuk kita hirup.

Mengurangi resiko bocor

Kelebihan instalasi ac sentral di rumah

Saat kita menggunakan AC jenis split wall kadang bisa terjadi masalah yang membuat air menetes pada unit indoornya. dan hal ini tentunya akan cukup merepotkan, apalagi jika bocor atau air menetes pada barang – barang elektronik.

Dengan menggunakan AC sentral hal ini akan jarang terjadi karena mesin AC sentral berada diluar ruangan.

Kekurangan Penggunaan AC sentral Untuk Rumah

Kebutuhan listrik lebih banyak

Untuk kebutuhan listrik sebenarnya tergantung pemakaian juga. Untuk penggunaan pada banyak ruangan, penggunaan AC central bisa dibilang lebih hemat dibanding dengan AC split.

Karena pada AC split untuk pemasangan dengan banyak ruang harus memasang lebih dari satu unit dan ini tentunya membutuhkan konsumsi listrik yang tidak sedikit.

Namun jika penggunaan hanya satu kamar maka lebih direkomendasikan AC split.

Pengaturan suhu

Pengaturan suhu pada AC central disetiap ruangan memiliki suhu yang sama ini dikarenakan menggunakan sistem pengaturan terpusat.

Namun jika Anda tidak memiliki masalah perbedaan suhu yang signifikan maka hal ini tidak menjadi sesuatu yang berarti. Karena ada solusi dengan pengaturan besar kecil semburan AC pada ruangan.

Mungkin itu saja sedikit informasi yang bisa menjadi refernsi Anda untuk pemasangan AC sentral dirumah.  Semoga artikel ini bisa menambah informasi atau wawasan Anda mengenai perangkat AC.

apa yang paling mahal didunia ini, FREEDOM