Penyebab AC Berkedip Sering Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

lampu timer ac berkedip mati

Penyebab AC Berkedip dan Sering Mati Sendiri – Kita sebagai pengguna AC mungkin pernah mengalami beberapa masalah pada unit AC yang akhirnya menimbulkan beberapa pertanyaan. Salah satu yang terjadi adalah AC yang sedang digunakan tiba – tiba mati sendiri.

Hal lainnya seperti AC mati sendiri dan display pada AC berkedip – kedip selain itu remote juga juga tidak bisa berfungsi saat digunakan untuk menyalakan AC tersebut.

Beberapa masalah yang terjadi diatas mungkin pernah kita alami namun kita tidak tahu apa penyebabnya. Oleh karena itu pada artikel kali ini kita akan membahas masalah yang terjadi pada AC seperti mati sendiri atau layar pada AC indoor berkedip.

Penyebab AC indoor Berkedip dan Mati sendiri

Kasus seperti ini sering dikeluhkan sebagian dari para pengguna AC dimana AC berkedip dan mati sendiri. Untuk itu kita bahas penyebabnya dibawah ini.

Thermistor Error

Thermistor merupakan komponen pada AC yang berfungsi untuk mengatur suhu sesuai perintah. ketika thermistor bermasalah atau tidak berfungsi maka hal tersebut dapat menyebabkan AC mati.

Prosesnya ketika coil thermistor pada evaporator bermasalah maka sensor pada modul akan mengaktifkan fuse sehingga terjadi protek dan memutus arus.

Jika hal ini terjadi maka kita coba untuk melakukan langkah perbaikan sederhana dengan cara mencabut colokan listrik dan kemudian tunggu beberapa menit sesudah itu kembali hubungkan arusnya.

Jika sudah dilakukan dan AC kembali mati sendiri maka hal yang harus dilakukan adalah mengganti thermistornya. kerusakan paling sering untuk mode ini ada pada AC merk samsung dan panasonic.

Switch on off AC Indoor Bermasalah

Switch atau saklar on off digunakan untuk menyalakan dan mematikan AC, jika komponen pada PCB indoor ini bermasalah maka bisa terjadi AC mati.

Namun hal seperti ini biasanya terjadi pada AC yang usianya sudah tua. Dan jika ada masalah seperti ini maka cara mengatasinya bisa dengan dijumper atau dihubungkan langsung menggunakan solder.

Modul atau pcb AC indoor Rusak

Tegangn lisrik dari PLN kadang tidak stabil hla ini yang menyebabkan terjadinya lonjakan atau kadang juga tegangan turun. keadaan ini bisa menyebabkan kerusakan pada Alat elektronik tak terkecuali pada AC.

Dari modul ini juga sebenarnya kita bisa lihat kode error pada AC sehingga kita bisa mengetahui secara spesifik kerusakan yang terjadi. Namun aada kalanya modul sendiri mengalami kerusakan.

Ketika voltase listrik mengalami lonjakan tinggi atau tegangan turun sampai 130 v maka semakin lama bisa membuat modul ada AC menjadi rusak.

Untuk mengurangi kendala kerusakan ini maka sebaiknya jika tegangan dirumah Anda tidak stabil sebaiknya memasang peralatan tambahan berupa stabilizer.

Timer Indoor Aktif

Pada AC ada fitur timer sehingga membuat kita mengatur waktu mati AC. Tetapi kadang kali kita lupa mematikan fitur ini sehingga AC bisa mati sendiri karena setting timer dari AC.

Cara mengatasinya tentunya Anda tinggal mematikan fitur timer atau mereset dengan remote AC tersebut.

Motor Blower indoor terkunci

Pada AC indoor diruangan Anda didalam nya terdapat kipas atau blower yang berfungsi untuk menyebarkan suhu udara dingin dari evaporator didalam AC.

Ketika AC bekerja dan kipas tidak berfungsi maka ini bisa disebabkan oleh rusaknya motor kipas tersebut atau keruskan terjadi pada modul AC indoor.

Hal ini yang membuat modul melakukan perintah protec dan memutus arus pada AC sehingga AC mati. Coba lakukan cara sederhana seperti diatas dengan mencabut dan mencolokan kembali arus pada ac.

Jika hal ini tidak berhasil maka harus dilakukan pemeriksaan pada motor kipas dan modul AC.

Kerusakan outdoor AC

Beberapa jenis AC akan melakukan protec atau mematikan mesin sebagai langkah keamanan ketika bagian unit AC outdoornya mengalami kerusakan.

Untuk mengatasi hal ini maka harus dilakukan peneriksaan pada bagian outdoornya. Seperti pada kompresor, overload, kipas dan lainnya.

Mungkin saja sedikit informasi mengenai penyebab AC berkedip dan mati sendiri. Semoga saja artikel ini bisa menambah wawasan Anda tentang AC dirumah, terimakasih sudah membaca.

apa yang paling mahal didunia ini, FREEDOM