Cara Mengatasi Air Pembuangan Mesin Cuci Tersumbat

Pembuangan Mesin Cuci Mampet

Cara Mengatasi Air Pembuangan Mesin Cuci Tersumbat – Mesin cuci ialah salah satu peralatan rumah tangga yang sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan rumah. Adanya mesin cuci membuat kegiatan cuci – mencuci menjadi lebih mudah dan efisien.

Model awal mesin cuci menggunakan tipe 2 lubang atas, sampai saat ini mesin cuci jenis 2 lubang masih banyak digunakan karena dari segi harganya yang murah dan bisa digunakan oleh semua lapisan masyarakat karena mesin cuci ini tidak membutuhkan tandon air atau pompa air otomatis.

Mesin cuci 2 lubang menggunakan pengaturan semi manual dengan timer dan belum menggunakan modul digital. Lubang cuci bilas dan pengeringnya juga terpisah dengan 2 mesin mandiri.

Dalam pengisian air kita sendiri yang mengatur volume airnya ketika proses cuci bilas begitu juga saat pembuangan air masih dilakukan secara manual.

Selain itu dalam penggunaannya kita harus memindahkan secara manual ketika melakukan pengeringan cucian ke lubang pengering atau dalam mesin cuci disebut spin.

Namun kelebihan dari mesin cuci 2 tabung ini selain karena harga yang murah adalah ketika terjadi kerusakan biaya servisnya akan lebih murah dibandingkan tipe diatasnya.

Karena kerja komponennya mesin wash dan spin yang terpisah sehingga lebih mudah dalam perbaikan.

Air Pembuangan Mampet Pada Mesin Cuci 2 Tabung

Salah satu kerusakan dan kendala pada semua mesin cuci adalah kondisi mampet pada saluran pembuangan sehingga air dalam cucian tidak bisa keluar.

Hal ini tentunya mengganggu proses kerja mesin cuci dan apabila air ini dibiarkan dan tidak segera dibuang maka akan menimbulkan bau yang tidak enak dan mesin cuci tidak bisa digunakan sebagai mana mestinya.

Pemeriksaan

Air pada tabung cuci ada yang hanya keluar sedikit dan ada juga yang benar – benar mampet. Untuk memastikan penyebabnya kita harus melakukan pemeriksaan yang lebih detail. sebelumnya persiapkan alat – alat yang digunakan seperti obeng plus minus, baut 5 cm, sikat dan kawat tebal.

Membuka tutup pulsator

Untuk keamanan sebelumnya cabut listrik dari mesin cuci yang akan kita perbaiki. Jika sudah keluarkan air dan cucian dari tabung cuci.

Untuk mengeluarkan air gunakan gayung atau semacamnya dengan hati – hati agar tidak mengenai tombol wash dan spin. karena hal tersebut akan membuat mesin cuci akan mengalami grouding atau nyetrum saat digunakan.

Jika ingin lebih aman kita bisa mengeluarkan air dengan menggunakan selang yang dimasukan ke tabung cuci dan ujung selang satunya kita sedot sehingga air akan keluar melalui selang dengan catatan, posisi ujung selang yang keluar harus lebih rendah.

Setelah air habis maka gunakan obeng min untuk mencongkel penutup baut as pada pulsator. kemudian setelah penutup pulsator dibuka maka gunakan obeng plus untuk membuka baut plusnya.

membersihkan pulsator

Gunakan obeng plus yang agak besar karena baut pulsator ini biasanya besar dan agak berat untuk membukanya. Untuk mesin cuci yang sudah lama kadang terjadi karat atau bahkan lerusakan pada bautnya jadi harus lebih berhati – hati.

Jika obeng plus sudah pas pada kepala baut jangan langsung memutarnya berlawanan arah jarum jam namun gunakan palu untuk memukul kepala obeng 2 sampai 3 kali baru setelah itu diputar. hal ini dilakukan untuk memudahkan dalam mengendurkan baut.

Dan setelah baut berhasil dibuka langkah selanjutnya adalah melepas piringan pulsatornya. Melepas piringan pulsator ini tidak bisa dilakukan dengan tangan kosong, karena kita akan kesulitan menemukan pegangan untuk menariknya keatas.

Dan jika kita memaksa dengan mencongkel bagian tepinya dengan obeng kemungkian piringan pulsator ini bisa pecah. Salah satu cara untuk mengangkat atau melepasnya bisa menggunakan baut yang agak panjang 5 sampai 10 cm.

Pada piringan pulsator terdapat lubang – lubang untuk resapan air, gunakan lubang tersebut untuk memasang baut didua sisi. jangan memasang baut terlalu dalam namun cukup kuat.

kemudian setelah terpasang tarik baut tersebut dengan kedua tangan sambil digoyangkan maka pulsator ini akan terlepas. Dari situ akan terlihat banyaknya kotoran dan kerak yang menempel dan menyumbat menuju saluran pembuangan.

Pembersihan Kerak dan Kotoran

Putar tombol drain pada posisi buang, kemudian bersihkan piringan dan dasar tabung yang kotor dan berkerak menggunakan sikat dan sabun.

Untuk kerak yang membandel bisa menggunakan cairan penghilang kerak seperti prostex. Jika memiliki mesin semprot air atau steam Anda bisa menggunakan untuk membersihkan bagian sela2 yang tidak terjangkau.

Pada posisi drain terbuka maka kotoran dan air ini seharusnya keluar namun jika tidak berarti ada penyumbatan pada saluran pipa ke seal pembuangan.

Buka Karet Seal Pembuangan

Untuk mengeceknya kita beralih kebelakang mesin cuci, buka penutup belakang mesin cuci kemudian buka tempat karet seal pembuangan. Tutup mesin wash dan spinnya agar jika ada cipratan air tidak mengenai mesin.

Karet seal membersihkan pembuangan mesin cuci

Ambil kawat tebal kemudian masukan di saluran seal pembuang yang mengarah ketabung. Atau bisa juga dari arah sebaliknya yaitu memasukan kawat dari saluran pembuangan di tabung cuci. Terus tekan maju mundur lakukan sampai berangsur kotorannya keluar.

Bersihkan juga karet seal dan tempatnya supaya benar – benar bersih karena jika bagian ini terdapat kotoran yang mengganjal akan menyebabkan air bocor saat proses mencuci.

Jika sudah pembersihan sudah selesai maka pasang kembali karet seal dan cover belakang kulkas tersebut. Pasang juga piringan pulsatornya.

Test

Putar drain pada posisi wash atau menutup. kemudian isi air dan test untuk mencuci nyalakan tombol wash, dan lihat pada selang pembuangan jika tidak ada air yang keluar berarti proses cuci sudah benar.

Kemudian matikan tombol wash setelah itu putar tombol drain ke posisi buang maka air akan keluar dengan lancar. Jika air sudah keluar dengan lancar berarti penyumbatan sudah berhasil diperbaiki dan mesin cuci 2 tabung ini sudah bisa digunakan kembali.

Tips

Kotoran yang mengendap ini berasal dari cucian yang semakin lama semakin banyak, jadi saran kami jika Anda menggunakan mesin cuci 2 lubang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan

Jika cucian Anda sangat kotor termasuk bekas semen sebaiknya cucian direndam dulu didalam bak sementara waktu agar mengurangi kotoran yang mengendap pada mesin cuci baru kemudian Anda memindahkannya pada mesin cuci.

Sebelum Anda memasukkan pakaian kedalam mesin cuci periksa kantong dan lainnya, keluarkan barang – barang kecil didalamnya seperti koin, jarum pentul dan yang lain.

Barang – barang kecil ini bisa masuk disela pulsator dan terbawa kesaluran pembuangan air. yang tentunya akan membuat mesin cuci ini tersumbat.

Lakukan pembersihan berkala dengan melakukan proses cuci tanpa cucian, diisi hanya dengan air deterjen dan citrun.

Mungkin itu saja sedikit informasi untuk memperbaiki mesin cuci 2 lubang tersumbat dan penanganannya. semoga informasi ini bisa membantu Anda semua.