Cara Membersihkan AC Sendiri yang Baik dan Benar

Cara Membersihkan AC Sendiri di Rumah

Cara Membersihkan AC Sendiri yang Baik dan Benar – Perlu kita ketahui perawatan air conditoner itu sangat penting mengingat kita sering menggunakan AC, udara yang kita hirup dari semburan AC normalnya harus sejuk dan bersih.

Jadi AC / pendingin ruangan tidak hanya memberikan kesejukan diudara namun juga menyaring partikel, debu dan kotoran di udara agar kualitas udara menjadi bersih.

Pada beberapa AC juga memiliki fitur anti bakteri yang membunuh kuman bakteri diudara sehingga udara menjadi lebih sehat.

Namun jika semakin lama, debu dan kotoran akan semakin menumpuk pada AC sehingga tidak mampu menyaring kotoran diudara dengan baik dan kotoran menumpuk yang menempel pada filter bisa kembali menyebar karena hembusan AC.

Maka dari itu perawatan pada AC ini wajib dilakukan selain membuat udara kembali bersih dan sehat perawatan juga akan membuat AC menjadi awet dan mengurangi resiko kerusakan AC.

Cara Membersihkan AC Sendiri di Rumah

Pada artikel kali ini kami akan memberikan tips membersihkan AC untuk segala merk yang bisa Anda lakukan sendiri dirumah. Baik itu merk AC Samsung, LG, Daikin, Sharp, Panasonic, Polytron, DLL.

Dengan melakukan perawatan sendiri maka Anda tidak perlu memanggil tukang servis AC dan tentunya akan menghemat biaya servis Anda.

Sebenarnya untuk ukuran teknisi kita akan melakukan pembongkaran pada body namun disini kita akan memberi contoh mudah dengan alat sederhana yang bisa Anda dapatkan dirumah.

Sebelum melakukan pembersihan maka sebelumnya siapkan dulu alat-alat yang digunakan.

Alat untuk Membersihkan AC

  • Tangga
  • Obeng
  • Steam atau semprotan air
  • Sikat
  • Busa
  • Air
  • Lap Kanebo
  • Lap kering
  • Plastik penampung, bisa dibuat sendiri atau membeli jadi

Langkah Pembersihan AC Rumah

AC Split Indoor

Pertama-tama lepaskan swing AC, swing ini yang mengatur arah dari semburan AC. Pada swing ini ada beberapa AC yang menggunakan baut.

Jika ada baut lepaskan saja bautnya, jika tidak maka tinggal lepaskan pengait swing kemudian tekan saja pada bagian tengah, nanti salah satu ujung swing akan lepas dan Anda tinggal menariknya.

swing AC indoor

Kemudian buka penutup filter yang berada diatas swing. jika sudah terbuka maka lepaskan filter AC ini. Setelah terlepas cuci filter ini bersama dengan swing menggunakan air sabun.

Untuk filter terlebih dahulu semprot dengan air sampai terlihat kotorannya terbuang kemudian gunakan busa untuk menggosok filter tersebut kemudian dibilas untuk menghilangkan sisa – sisa kotoran.

pembersihan filter AC

Sedang pada swing gunakan sikat untuk membersihkan celah – celah menggunakan sambun cuci kemudian bilas dan lap filter serta swing ini menggunakan kanebo.

Sebenarnya langkah ini sudah cukup mengurangi kotoran yang menumpuk pada AC dan Anda bisa memasang kembali filter dan juga swingnya.

Namun apabila saat pemeriksaan setelah memlepas filter pada bagian evaporator atau bagian dalam AC terlihat kotor maka sebaiknya lakukan juga pembersihan.

Untuk membersihkan pada bagian celah – celah evaporator tidak mampu dijangkau dengan sikta maupun kanebo maka kita harus melakukan pembersihan dengan air bertekanan.

Jika Anda memiliki steam maka ada bisa menngunakan alat tersebut namun jika tidak ada Anda bisa menggunakan alat semprot tanaman dengan pompa.

penyemprot air kliniktekno

Sebelum melakukan penyemprotan maka kita pasang dulu kantong plastik yang kita selipkan dibawah belakang AC sebagai penampung air.

Anda bisa membeli plastik khusus untuk membersihkan AC split Indoor, plastik ini sudah dilengkapi dengan corong yang bisa disambung selang untuk pembuangan air.

Anda mungkin juga perlu menambahkan tali untuk mengikat bagian kiri kanan kantong dan digantungkan pada AC agar kantong ini tidak jatuh jika membuat kantong plastik sendiri.

Selain itu juga harus ada corong lubang untuk pembuangan, Anda bisa menggunakan ujung dari botol minuman plastik kemudian disolasi agar tidak rembes.

Sebelum melakukan penyemprotan ada yang harus diperhatikan yaitu pada bagian modul yan berada disekitar lampu indikator, jadi ketika melakukan penyemprotan usahakan untuk tidak sampai kena pada bagian ini.

Sebagai keamanan maka sebaiknya Anda menutupnya dengan isolasi. Setelah semua aman maka Anda bisa menyemprot pada bagian evaporator secara menyeluruh kemudian semprot juga pada bagian dalam tempat swing AC.

Setelah selesai gunakan kanebo untuk mengelap bagian – bagian AC indoor tersebut. Kami merekomendasikan menggunakan kanebo karena lebih cepat menyerap air dan hasilnya juga bersih.

Setelah menggunakan kanebo kita bisa menggunakan lap kering, agar lebih maksimal kita bisa menambahkan semir body agar kotoran tidak mudah menempel.

AC Split Outdoor

Pembersihan pada bagian AC split Oudoor juga perlu dilakukan. Sebelumnya matikan AC, kemudian yang pertama semprot pada bagian depan di sekitar bagian baling mulai dari atas agar kotoran turun.

Pembersihan ac outdoor

Kemudian semprot juga pada bagian baling – balingnya dan pastikan sampai bersih. Jika sudah maka kita pindah pada bagian kisi-kisi samping, lalukan pengemprotan sambil diantu dengan busa atau sikat.

Prosesnya sama juga dari atas kebawah dan setelah bagian samping selesai kita semprot juga bagian belakangnya semampu kita saja.

Setelah selesai lap seperlunya karena AC outdoor akan lebih cepat kering sendiri.

Mungkin itu saja sedikit informasi yang bisa kami bagi untuk Anda tentang perawatan AC dirumah, semoga artikel ini membantu dan terima kasih sudah membaca.

apa yang paling mahal didunia ini, FREEDOM