Cara Menghitung PK AC Sesuai Kebutuhan Ruangan

Cara Menghitung PK AC Sesuai Kebutuhan Ruangan

Cara Menghitung PK AC Sesuai Kebutuhan Ruangan – Ketika ingin membeli AC baru ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, diantaranya dari merk, daya listrik yang digunakan dan juga kekuatan AC yang dibutuhkan.

Untuk merk AC berkualitas Anda bisa memilih produk AC Daikin, panasonic atau mitsubisi yang dikenal akan kualitas dan ketahannya.

Kebutuhan listrik juga harus diperhatikan ketika ingin memasang AC dirumah, Anda juga bisa memilih jenis AC inverter untuk menghemat kebutuhan daya listrik Anda dirumah.

Selain merk dan daya listrik, Anda juga harus mengkalkulasi kebutuhan AC untuk rumah Anda. Beberapa hal yang harus dihitung seperti ukuran ruangan, jendela, anggota keluarga dan lainya.

Penghitungan ini akan memberi dampak pada efisiensi penggunaan AC, selain itu Anda juga bisa memilih AC dengan ukuran yang tepat.

Namun hal inilah yang masih banyak ditanyakan tetang bagaimana cara menghitung PK sesuai kebutuhan karena masih banyak yang belum mengetahui cara untuk menentukannya.

Cara Menghitung PK AC Sesuai Kebutuhan Ruangan

Kita sering Mendengar PK pada AC seperti AC 1/2 PK, 1 PK atau 2 PK, namun apa yang dimaksud PK itu sendiri ?

PK merupakan singkatan dari Paard Kracht atau dalam bahasa kita disebut daya kuda.

Maka PK pada AC digunakan sebagai satuan untuk mengukur tenaga AC yang dibutuhkan dalam pendinginan ruangan. Jadi PK akan Anda tentukan sesuai dengan kebuthan ruangan yang akan dipasang AC.

Sebagai contoh saja untuk ruangan dengan ukuran panjang lebar dan tinggi 5 x 4 x 2,5 meter maka AC yang dibutuhkan adalah yang yang berkekuatan 1 PK.

Untuk bisa mengetahuinya maka dibutuhkan rumus untuk menghitungnya. Ada beberapa rumus mulai dari yang sederhana sama yang detil dengan mempertimbangkan beberap faktor.

Rumus Sederhana Menentukan PK AC

Untuk menggunakan rumus ini, Anda bisa perkirakan jika tinggi ruangannya sekitar 2,5 sampai 3 meter. Dan untuk menentukan PK AC secara mudah berdasarkan kebutuhan ruangan maka rumus penghitungannya adalah sebagai berikut.

Luas ruangan dalam satuan m2 x 500 = PK AC

Dan hasil dari rumus hitungan ini menggunakan satuan Btu/h. BTU memiliki arti harafiah British Thermal Unit yaitu satuan energi yang ditetapkan di Amerika dan masih digunakan di britania raya untuk sitem pemanas dan pendingin, sedang h pada Btu/h berarti hour atau jam.

Jadi hitungan ini digunakan untuk melihat hasil pendinginan perjamnya dari AC tersebut. Rumus ini belum memperhitungan untuk jumlah orang yang didalam ruangan, jumlah jendela dan seberaapa sering dibuka – tutup.

perhitungan pk dan btu perjam berdasarkan luas ruangan

Namun pengalian dengan angka 500 ini jika mengingat suhu dan cuaca di Indonesia masih kurang terasa sehingga bisa bertambah sesuai dengan penambahan faktor lainya, detailnya seperti yang dibawah ini.

600 Btu

Luas ruangan dikali dengan 600 Btu bisa digunakan pada ruangan di lantai dasar yang bisa masuk cahaya matahari, atau pada penggunaan ruangan lantai 2 namun tanpa ada cahaya matahari yang masuk, dan digunakan oleh 2 orang dewasa. Dengan rumus ini AC bisa menghasilkan suhu 25 – 26 derajat.

700 Btu

Dengan pengalian 700 btu maka hasilnya bisa digunakan pada ruangan dasar dyang menggunakan jendela lebar dan terpapar sinar matahari siang dan sore dan ruang atas dengan sinar matahari untuk pengguna lebih dari 2 pengguna di dalam kamar.

Menghasilkan suhu ruangan 23 – 22 derajat pada malam hari dan 25 derajat pada siang hari.

800 Btu

Ruang yang mengunakan atap beton maupun asbes sehingga menimbulkan suhu panas saat siang hari, dengan rumus ini makan suhu yang dihasilkan sekitar 24 derajat pada saat siang hari dan mencapai suhu dibawah 22 derajat saat malam dan dini hari

1000 Btu

Apabila mengalikan 1000 btu maka hasil dari rumus tersebut akan menghasilkan kebutuhan PK yang besar. Rumus ini bisa diaplikasikan untuk menghitung kebutuhan penggunaan pada restoran, minimarket dan lainnnya.

Apabila besar ruangan adalah 3m x 4m, maka jumlah Btu yang dibutuhkan adalah (12 x 600) = 7.200Btu. Ukuran ini menjadi salah satu ukuran ruangan yang sering digunakan untuk ruang tidur selain ukuran 3m x 3m.

Jadi untuk ruangan 3m x 4m, Kebutuhan Btunya adalah 7.200, sehingga minimal menggunakan AC 3/4 PK namun akan lebih baik apanila menggunakan AC 1 PK Inverter.

Sebenarnya Anda bisa menggunakan AC dengan PK kecil untuk ruangan yang besar misal AC 1 PK untuk ruang ukuran 36 m2 namun tentunya proses pendinginan akan membutuhkan waktu yang lama (Btu).

Rumus Detail menghitung kebutuhan AC ruangan

Untuk perhitungan secara detail kita akan menghitung juga jumlah orang dan juga faktor lain seperti lubang pada ruangan juga jendela yang sering dibuka tutup.

Untuk Rumusny adalah sebagai berikut.

(P x L x T Ruangan x Faktor 1 x 37) + (Jumlah Pengguna x Faktor 2)

Angka Faktor

Faktor 1

  • Untuk kebutuhan kamar tidur nilainya = 5
  • Untuk kantor atau living room nilai = 6
  • Untuk restoran/salon/warnet atau minimarket = 7

Faktor 2

  • Untuk dewasa = 600Btu
  • Anak-anak = 300Btu
Contoh soal
Anda memiliki kamar tidur dengan panjang 3 x 3 x 2,5 meter yang digunakan oleh 2 orang dewasa maka perhitungannya bisa sebagai berikut.

Jawaban :
(3 x 3 x 2,5 x 5 x 37) + (2 x 600)
= 4.162,5 + 1.200
= 5.362,5 Btu

Jika melihat kolom diatas untuk kebutuhan kamar tidur ukuran 3 x 3 x 2,5 meter dengan dua orang dewasa maka dibutuhkan adalah 1/2 PK.

Dan Anda bisa menghitung sendiri sesuai dengan ukuran dan tipe ruangan yang akan Anda pasang AC, semoga artikel ini bisa membantu dan terima kasih sudah membaca.

apa yang paling mahal didunia ini, FREEDOM