Cara Pasang Jalur Timer Wash Mesin Cuci

Cara Pasang Jalur Timer Wash Mesin Cuci 3 dan 6 Kabel

Cara Pasang Jalur Timer Wash Mesin Cuci 3 dan 6 Kabel – Pada artikel lainya kita pernah membahas tentang cara pemasangan timer mesin cuci dengan cara mudah seperti dari cara potong kabel dengan memberi sisa potongan sebagai tanda atau memfoto kondisi timer sebelumnya.

Namun dalam beberapa keadaan hal ini tidak bisa dilakukan, apalagi jika kita mendapatkan mesin cuci bekas mentahan dan akan kita rangkai dengan instalasi baru.

Cara Pasang Timer Wash Mesin Cuci

Untuk melakukan pemasangan ini tentunya kita harus memiliki pengetahuan dalam hal merangkai instalasi mesin cuci 2 tabung. Setidaknya cara merangkai dan menyalakan dinamo mesin cuci tanpa timer.

Mesin Cuci timer 3 kabel
aliexpress.com

Anda bisa belajar rangkaian kelistrikan mesin cuci 2 tabung yang pernah kita bahas pada blog ini, namun jika pemasangan timernya dirasa kurang jelas maka bisa kita bahas kembali disini.

Cara Pasang Timer 3 Kabel

Untuk timer mesin cuci dengan 6 kabel biasanya digunakan untuk mesin cuci yang memiliki motor drain. Sedangkan mesin cuci 2 tabung tanpa motor drain hanya menggunakan 3 kabel.

Pada motor drain selector terdapat pengaturan kecepatan pencucian lembut dan kencang. Pada mesin cuci yang tidak memiliki fitur pencucian lembut dan kuat maka pada tombol drainnya hanya digunakan untuk pengaturan tutup buang air saja.

Jadi dipastikan untuk timer dengan 3 kabel dan 6 kabel sama saja, hanya timer 6 kabel merupakan pengenbangan dari timer 3 kabel dimana 3 kabel tambahannya digunakan untuk motor drain.

Jika untuk pemasangan timer dengan 3 kabel saya rasa cukup mudah karena lebih mudah penyambungannya karena tidak menggunakan motor drain seletor.

Dua kabel disambungan pada kapasitor dan satu kabel digunakan untuk disambungkan ke listrik.

Cara Pasang Timer Wash 6 kabel

Pada timer wash dengan 6 kabel ada kabel yang digunakan untuk penyambungan pada selector drain dan untuk menentukannya kita bisa memperhatikan ciri – dari kabel tersebut.

timer wash 6 kabel

Jika Anda membeli timer wash baru dengan 6 kabel maka Akan ada perbedaan pada panjang pendeknya kabel. Panjang pendeknya kabel ini untuk membantu Anda saat pemasangan.

Terdapat 3 kabel pendek yang digunakan untuk menghubungan dengan motor drain sedangkan 3 kabel yang panjang digunakan untuk penyambungan kapasitor dan jalur listrik.

Untuk lebih memudahkan maka saya buat gambar khusus untuk sistem kerja dinamo wash dengan timer dan fitur pencucian sofh dan hard.

diagram kelistrikan dinamo wash

Pada gambar kita akan lihat titik hitam sebagai tanda sambungan kabel, selain itu pada timer wash kita akan lihat bahwa kabel yang pendek ada 3 sesuai titik sambungan yang menuju motor drain.

Pada motor drain terdapat 2 kabel yang terpisah seperti pada gambar yang terletak paling atas, kedua kabel tersebut adalah jalur listrik.

Kabel abu dari timer wash disambungkan kabel abu pada motor drain dan dikembalikan melalui kabel coklat tua dan hijau ke timer wash.

Penyambungan kabel hijau dan coklat tua ini apa bila dibolak balik sebenarnya tidak masalah yang penting disambungkan pada dua kabel yang pendek dan juga tidak disambungkan dengan kabel abu.

Setelah pemasangan kabel pendek kemudia akan tersisa 3 kabel panjang yang bisa dilihat pada gambar.

Kemudian kabel coklat yang panjang disambungkan ke jalur listrik AC bersama kabel listrik langsung dari dinamo wash.

Dari enam kabel pada timer mesin wash kita bisa lihat 4 kabel yang terletak berdekatan, dari 4 kabel yang saling berdekatan ini dua kabel pendeknya sudah tersambung dengan motor drain.

Maka ada 2 kabel panjang yang belum tersambung, sisa 2 kabel ini disambungkan dengan kapasitor dan pemasangannya boleh dipasang bolak balik.

Jika 2 kabel timer wash ini sudah disambungkan dengan kapasitor maka ada satu kabel yang tersisa pada timer wash ini.

Apabila Anda ingin melakukan pengetesan khusus pada mesin pencucian maka bisa dicoba seperti gambar diatas, dimana sisa satu kabel dari timer wash ini digunakan untuk listrik dan listrik satunya diambil dari dinamo wash.

Siapkan dinamo wash, pada dinamo wash terdapat 3 kabel yang akan dihubungkan untuk kapasitor dan juga listrik. Maka sambungkan 2 kabel pada dinamo wash dengan kapasitor.

Dan ada sisa satu kabel yang disambungkan ke listrik AC bersama dengan  satu kabel dari timer wash.  Kemudian colokan pada listrik dan lakukan pengetesan.

Pada motor drain ada 3 pengaturan, untuk pencucian lembut , pencucian kuat dan juga pembuangan air. Untuk itu atur motor drain pada posisi lembut kemudian nyalakan timer .

Kemudian pindahkan motor drain pada posis normal atau hard untuk melihat perbedaannya.

diagram lengkap kelistrikan mesin cuci 2 tabung

 

Untuk melakukan penyambungan pada rangkaian kelistrikan pada mesin pengering cukup mudah, Anda bisa lihat pada gambar diatas yang sudah saya beri tanda hijau.

Kabel listrik langsung pada dinamo pengering disambung pada kabel listrik langsung dinamo wash kemudian beri tambahan fuse atau sekring untuk keamanan.

Pengambungan kedua pada timer spin, kabel menuju saklar pintu dihubungkan pada kabel listrik pada timer yang jika mencontoh pemasangan timer wash diatas maka yang digunakan adalah warna coklat.

Maka kedua mesin akan bekerja dengan baik. Itu lah tadi contoh sistem kerja timer 3 kabel dan 6 kabel serta bagaimana jalur pemasangannya yang benar.

Semoga artiket ini membantu bagi Anda yang sedang belajar memperbaiki mesin cuci sendiri.