Perbedaan Dinamo Wash dan Spin Mesin Cuci 2 Tabung

Perbedaan Dinamo Motor Pengering dan Pencuci Mesin Cuci

Perbedaan Dinamo Wash dan Dinamo Spin Mesin Cuci 2 Tabung – Dinamo motor mesin cuci menjadi komponen dasar yang krusial untuk mesin cuci agar bisa bekerja.

Berbeda dengan jenis mesin cuci lainya, untuk mesin cuci 2 tabung menggunakan mesin yang terpisah pada bagian cuci dan pengeringan.

Menurut saya hasil pengeringan pada mesin cuci 2 tabung cukup efektif, kemungkinan karena dinamonya memang dikhususkan untuk melakukan pengeringan dengan kecepatan tinggi.

Begitu juga pada dinamo wash yang memang dikhususkan untuk motor penggerak dari pulsator untuk melakukan pencucian.

Jadi dapat dipastikan dinamo mesin pencuci dan dinamo mesin pengering memiliki perbedaan dan tidak bisa ditukar dalam penggunaannya.

Perbedaan Dinamo Wash dan Spin Mesin Cuci 2 Tabung

Agar lebih jelas apa saja perbedaan yang ada antara dinamo motor cuci dan dinmao motor pengering pada mesin cuci, maka kali ini akan kita bahas satu persatu.

As dinamo

Sekilas mungkin kita melihat dinamo mesin pengering dan dinamo mesin pencuci hampir sama, namun jika kita melihat pada AS dari kedua dinamo ini maka kita akan menemukan adanya perbedaan

  • Dinamo mesin wash

Untuk dinamo mesin wash pada asnya kita akan menemukan roda puli dari bahan alumunium maupun besi yang digunakan untuk tempat vanbelt, puli ini bagian bawahnya berbentuk mangkok kipas.

Jadi ketika mesin berputar sekaligus bisa memberi hembusan angin pada mesin agar mengurangi panas.

As pada dinamo motor wash juga terdapat 1 cekungan sebagai tempat baut roda pulinya

  • Dinamo mesin spin

Pada dinamo mesin spin kita juga akan menemukan puli yang berfungsi sebagai rem untuk dinamonya, selain itu puli ini juga digunakan sebagai penghubung antara as dinamo spin dan as tabung pengering.

Selain itu ada lubang/cekungan pada as dinamo pengering, lubang ini digunakan untuk pemasangan baut sebagai pengunci puli pada as dinamo motornya.

Pada puli juga terdapat lubang untuk mengunci astabung pengering. Panjang dari as dinamo setiap merk mesin cuci berbeda jadi ketika membeli dinamo baru pastikan panjang dan diameternya sama.

Ukuran body

Jika kita perhatikan ukuran dari dinamo wash dan spin maka dapat kita ketahui bahwa kedua dinamo ini memiliki ukuran yang berbeda.

Ukuran dinamo wash selalu lebih besar dibanding dengan dinamo spin atau pengering, hal ini mungkin juga berpengaruh dari kerja dinamo wash yang lebih lama dan kapasitas yang lebih berat.

Jika dilihat pada bodinya kita akan menemukan komponen rem pada dinamo spin yang tidak terdapat pada dinamo wash.

Kawat email / Kumparan

Pada dinamo mesin cuci terdapat kumparan yang diatur sedemikian rupa sehingga ketika dialiri listrik maka akan menimbulkan gaya magnet.

Gaya saling tarik menarik ini membuat as dinamo mengambang ditengah dan berputar.

  • Dinamo mesin pencuci

Ukuran kawat pada dinamo wash berbeda dari ukuran kawat email dinamo spin, untuk memenuhi efisiensi kerja maka settingan kumparan pada dinamo wash dibuat memiliki kekuatan yang sama saat berputar bolak balik.

Oleh karena itu ukuran kawat email pada dinamo wash lebih besar jika dibanding dinamo spin. Dengan lilitan kawat yang besar maka dinamo wash memiliki torsi yang kuat dan bertenaga.

  • Dinamo mesin pengering

Dinamo spin menggunakan diameter lilitan yang lebih kecil namun memiliki jumlah yang lebih banyak, hal ini untuk mendapatkan efisiensi dalam penggunaan listrik sehingga lebih hemat.

Selain itu settingan dinamo spin menghasilkan putaran yang kencang sehingga hasil pengeringan akan lebih maksimal.

Kaki – kaki

Untuk kaki – kaki dari kedua dinamo ini memiliki perbedaan yang diatur sesuai dengan kegunaannya agar berfungsi maksimal.

  • Dinamo wash

Pada dinamo wash jika dilhat pada kaki – kakinya kita akan terdapat karet tipis dan dibaut langsung kebody, salah satu lubang kakinya bisa diatur untuk menyesuaikan panjang vanbelt.

Dinamo mesin wash juga biasanya memiliki 3 kaki namun ada juga yang memiliki 4 kaki. Pastikan pemasangan dinamo wash pada body cukup kencang dan pas sehingga dinamo tidak bergeser.

Pemasangan yang teralu kencang akan menyiksa dinamo dan puli gearbox dan justru akan memnyebabkan kerusakan antara gerabox atau dinamonya.

Sedangkan jika terlalu kedor maka vanbelt lost dan tidak bisa memutar pulsator dengan maksimal dan justru membuat vanbelt bisa lepas.

  • Dinamo spin

Dalam pemasangannya kaki dinamo spin akan terlihat lebih panjang. Kaki atau lebih tepatnya dudukan kaki dari dinamo spin apabila kita buka sebenarnya didalamnya adalah besi spiral.

Besi spiral atau per ini dikedua ujungnya diberi pegangan dari plastik dan juga sebagai tempat baut penguncian kemudian per ini dibalut dengan karet.

Fungsi dari dudukan ini adalah meminimalisir terjadinya guncangan yanag bisa menyebabkan kerusakan pada tabung pengering seperti oleng dan pecah pada sambungan as.

Harga

Dari semua perbedaan diatas tentunya akan berpengaruh juga dari segi harga, dimana untuk dinamo wash memiliki harga jauh lebih mahal dari pada dinamo mesin spin.

Mungkin itu saja sedikit informasi tentang perbedaan dinamo cuci dan dinamo pengering pada mesin cuci 2 tabung, semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan Anda, terima kasih.

apa yang paling mahal didunia ini, FREEDOM