Cara Mengganti Timer Wash Mesin Cuci 2 Tabung

Cara Memperbaiki Timer Mesin Cuci 2 Tabung

Cara mengganti timer wash mesin cuci 2 Tabung – Mesin cuci 2 tabung menggunakan sistem semi otomatis sehingga dalam pengaturannya belum menggunakan sitem digital. Ada tiga tombol pengaturan utama pada mesin cuci 2 tabung yaitu :

Tombol timer wash yang digunakan sebagai swich on off dan mengatur kerja dari dinamo mesin wash pencucian.

Tombol timer spin yang digunakan sebagai swich on off dan mengatur kerja dari dinamo mesin spin atau pengering.

Tombol drain yang digunakan untuk mengatur pembuangan air pada mesin cuci.

Ketiga tombol pengaturan ini bisa mengalami kerusakan karena seringnya penggunaan dan cara penggunaan yang kurang berhati – hati.

Cara mengganti timer wash mesin cuci 2 Tabung

Namun pada artikel kali ini kita akan membahas lebih detail bagaimana cara mengganti timer wash yang mengalami kerusakan dengan benar.

Tanda kerusakan timer Mesin Cuci

Kerusakan pada timer mesin cuci bisi dilihat dengan memperhatikan kinerja mesin washnya. Jika saat bekerja, pulsator bekerja hanya 1 arah jeda dan kembali ber[utar dengan arah yang sama berarti ada yang salah dengan timernya.

Tanda lainnya adalah ketika kita menggunakan timer dalam durasi yang kita inginkan namun setelah kita tunggu lebih dari waktu yang ditentukan mesinnya masih bekerja.

Hal ini berarti timer mengalami masalah didalam komponen piringan geriginya karena timer tidak bisa kembali ke posisi ) seperti seharusnya.

Cipratan air bisa juga masuk ke timer dan bisa menyebabkan komponennya berkarat dan tidak bisa diputar dengan lancar atau terjadi hubungan arus pendek yang menyebabkan timer mengalami kerusakan.

Jika menemui kendala seperti diatas maka timer harus segera dilakukan penggantian.

Jenis Timer Mesin Cuci

Jika dilihat dari jalur kabel pada timer wash kita akan melihat bahwa komponen ini ada dua jenis yaitu timer wash dengan 3 kabel dan timer wash dengan 6 kabel.

Kedua jenis timer mesin cuci ini sebenarnya sama saja, hanya pada timer 6 kabel, ada kabel yang disambungkan pada drain

Pemeriksaan dan Pemasangan Timer

Sebelum mengganti timer wash maka sebelumnya kita arus membuka tempat timer, siapkan semua peralatan yang diperlukan untuk mengerjakan perbaikan ini.

Alat yang dibutuhkan

  • Obeng plus min
  • Avometer
  • Tespen
  • Korek
  • Solasi bakar
  • Tang / gunting

Pertama buka tempat timer dengan cara melepas baut yang ada disekelilingnya kemudian congkel dengan hati – hati untuk melepaskannya dari body mesin cuci.

Setelah terbuka kemudian perhatikan pada bagian timer, lihat jenis timer ini apakah menggunakan kabel 3 atau enam. Cara gampangnya untuk penyambungan Anda bisa foto timer tersebut beserta jalur kabelnya.

Kemudian lepaskan baut pada timer wash kemudian Anda potong jalur kabel pada timernya namun sisakan sedikit pada timer yang rusak ini, jangan dipotong sampai pangkal.

Hal ini digunakan juga sebagai contoh untuk yang awam agar kita tidak lupa dan salah dalam memasang kabel jalur kelistrikan mesin cuci yang menuju timer wash.

Selanjutnya kita membeli suku cadang yang baru pada toko onderdil elektronik atau toko listrik dengan membawa contoh timer yang rusak.

Jika dirasa susah atau bingung mencari timer wash ini maka Anda bisa membelinya ditoko online dengan menyesuaikan jenis dan tipe mesin cuci Anda.

Dan untuk memastikan akan lebih baik jika Anda bisa melakukan chat dengan penjual untuk menanyakan ketersediaan barang dan tipenya agar tidak terjadi kesalahan dalam membeli yang akhirnya membuat timer tidak bisa digunakan.

Jika sudah dapat maka kita bisa memasangnya pada tempat semula, namun sebelum itu kita lakukan penyambungan kabel sesuai dengan contoh pada timer sebelumnya.

Tes Timer Wash

Setelah penyambungan berhasil maka putar timer dan colokan kabel mesin cuci ke stop kontak. Pastikan kabel – kabel pada timer tidak saling bersinggungan agar tidak terjadi konslet.

Setelah motor wash bekerja motor wash dan putaran pada pulsatornya bekerja dengan normal maka pemasangan pada timer sudah benar.

Maka pasang solasi bakar pada sambungan timer agar aman dan tidak terjadi konsleting. kemudian rapikan dan pasang baut pada timernya.

kemudian pasang kembali tempat timernya pada body dan lakukan pembautan dan yang yang ter akhir pasang tombol putar timer wash ini, paskan tanda panahnya pada posisi 0 agar lebih rapi dan sesuai dengan durasi timer.

Mungkin itu saja jara mudah memasang timer wash, di artikel lain akan kita bahas lebih detail tentang jalur kael pada timer 3 kabel dan 6 kabel, terimakasih.