Cara Mengganti Evaporator Kulkas 2 Pintu

Cara Mengganti Evaporator Kulkas 2 Pintu Yang Bocor

Cara Mengganti Evaporator Kulkas 2 Pintu – Pada kulkas 2 pintu pendinginannya berbeda dengan kulkas 1 pintu yang menggunakan pendinginan langsung. Salah satu komponen pendingin kulkas yaitu evaporator pada kulkas 2 pintu, letaknya berada dibelakang ruang freezer.

Selain berada ditempat paling belakang letaknya juga menjorok kebawah sehingga untuk mengambil kulkas ini jika terjadi kerusakan memang agak sulit.

Namun evaporator kulkas 2 pintu ini juga kadang mengalami kerusakan walaupun tidak bersentuhan langsung dengan benda yang didinginkan.

Kulkas yang lama tidak digunakan bisa juga menyebabkan kerusakan dimana evaporatornya mengalami korosi dan akhirnya berlubang sehingga gas freon didalam kulkas keluar.

Cara Mengganti Evaporator Kulkas 2 Pintu

Penambalan pada evaporator kulkas 2 pintu bisa dilakukan namun tidak disarankan, karena penambalan tidak bisa menjamin keawetan kulkas.

Biasanya jika evaporator kulkas 2 pintu sudah mengalami korosi, lubang yang ada kemungkinan tidak timbul hanya pada satu tempat saja dan akan semakin membesar. Ketika satu lubang ditambang akan muncul lubang lainnya.

Cara memperbaiki evaporator kulkas 2 pintu

Cara yang paling ideal agar kulkas bisa kembali digunakan adalah dengan melakukan penggantian evaporator dengan yang baru. Harganya mungkin akan jauh lebih mahal namun tentunya sesuai dengan kinerjanya.

Jika mengganti dengan yang baru tentunya akan lebih awet dan tahan lama, jadi kali ini kami akan mencoba memberikan tutorial dalam mengganti evaporator kulkas 2 pintu yang baik dan benar.

Seperti biasa persiapkan dulu peralatan untuk melakukan perbaikan pada evaporator kulkas 2 pintu.

Alat

  • Obeng + –
  • Tang
  • Pemotong pipa
  • Amplas
  • Air sabun dan busa
  • Las
  • Kawat las tembaga
  • Manifol + selang
  • Gas freon

Pemeriksaan dan pembersihan

Setelah semua peralatan sudah disiapkan maka selanjutnya kita akan melakukan pemeriksaan. Buka pintu freezer setelah itu lepaskan cover evaporator dan kemudian juga tempat kipas evaporator.

Selanjutnya gunakan tang untung memotong tali pengait pada defrost dan fuse. Selanjutnya angkat perlahan evaporator tersebut, jika perlu gunakan sarung tangan karena terdapat potongan alumunium berlapis yang menyelimuti pipa evaporator tersebut.

Setelah evaporator berhasil diangkat maka tarik lebih jauh keluar dan renggangkan bagian sambungan pipa dari kompresor. Hal ini dilakukan untuk lebih mempermudah proses pemisahkan pipa.

Jangan lupa melepas heater yang biasanya terletak dibawah atau sampin bawah evaporator. Komponen ini nanti bisa digunakan kembali.

Persiapkan alat pengelasan, Untuk keamanan tempatkan potongan genteng atau keramik disekitar area pemanasan pipa. Setelah itu nyalakan las asetilin atau menggunakan las gas portable.

Pengelasan pipa evaporator

Cara lainnya bisa menambahkan centong besi didepan las untuk menahan semburan api agar tidak membuat dinding freezer meleleh.

Panaskan pada bagian sambungan pipa sambil perhatikan pengaturan api arah semburan supanya tidak mengenai ruang freezer. Ketika pipa sudah berubah warna menjadi merah menyala tarik evaporator secara perlahan sampai lepas dan matikan las.

Kemudian untuk penggantian dengan evaporator yang baru pastikan sesuai dengan tipe kulkas tersebut. Dan ukurannya juga harus sama.

Ruang untuk evaporator biasanya dibuat sangat pas sehingga jika membeli dengan berbeda ukuran tentunya akan sulit untuk memasangkan kembali pada ruang evaporator.

Jika pun bisa terpasang namun untuk pemasangan kipas dan cover evaporator akan sulit atau bahka tidak bisa terpasang akibat dari pemasangan jenis evaporator yang salah.

Anda bisa membeli evaporator di toko peralatan AC dan mesin pendingin atau juga sekarang ini banyak dijual di toko online dengan kisaran harga mulai Rp. 200 ribuan sampai Rp. 500 ribuan.

Pengelasan

Bersihkan dulu sambungan evaporator yang ada didalam ruang freezer dengan amplas, setelah itu masukan pipa evaporator yang baru ke sambungan pipa tersebut.

Setelah itu siapkan las dan kawat tembaga, nyalakan las dan arahkan semburan las terlebih dahulu pada sambungan las sampai pipa merah membara baru kemudian dekatkan kawat tembaga.

Untuk lebih memudahkan pengelasan ketika tembaga dipanaskan tarik dan tekan ujung kawat tembaga dilantai, dan bentuk melengkung seperti hurup U.

Kemudian lanjutkan untuk melakukan pengelasan dengan menempelkan kawat tembaga dari belakang atas kedepan kemudian belakang bawah kedepan.

Jika dirasa masih ada kemungkinan bocor ulangi sekali lagi dengan membiarkan suhu pipa turun dahulu kemudian ulangi pengelasan.

Untuk kondisi kulkas dengan evaporator bocor dan lama tidak digunakan sebaiknya lakukan flusing penggantian oli pada kompresor dan penggantian filter karena kemungkinan ada oli atau air yang terjebak didalam filter ditambah kerak – kerak kotoran.

Penggantian oli juga dilakukan karena oli sudah terkontaminasi dengan air dan udara sehingga pengganti oli lebih disarankan. Selain mengganti oli dan kotoran yang mengedap pada kompresor cara ini juga untuk mengeluarkan sisa – sisa air pada kompresor kulkas.

Ketika penyambungan pipa kondensor, kulkas bisa dinyalakan untuk pengecekan kembali pada kondensor. Gunakan jari untuk menutup pipa kondesor, tahan selama beberapa detik dan lepaskan.

Jika ada campuran oli maupun air yang keluar berarti kondensor ini masih kotor namun ketika jari dilepaskan jari kita kering dan hanya ada semburan angin berarti kondensor ini sudah bersih.

Setelah pengecekan bersih dan tidak ada kebuntuan dan semua pipa sudah dipasang maka selanjutnya lakukan pengisian freon. Untuk pengisian freon sudah pernah kita jelaskan pada artikel sebelumnya.

Setelah pengisian selesai selanjutnya adalah merapikan ruang freezer, pasang defros dan fuse kemudian kipas evaporator dan pasang cover evaporator.

Pengetesan

Jika semuanya sudah selesai lakukan pengetesan kulkas. Nyalakan kulkas dan atur pada posisi pendinginan maximal, kemudian isi freezer dengan kantong air.

Setelah beberapa menit rasakan pada bodi kiri kanan kulkas mulai terasa hangat, tunggu kurang lebih selama satu malam maka air pada freezer akan berubah menjadi es.

Itu tadi cara pasang evaporator pada kulkas 2 pintu yang bisa menambah pengetahuan Anda tentang perbaikan kulkas. Anda juga bisa praktekan sendiri dirumah jika semua alatnya memadai.

Wahid Santoso
apa yang paling mahal didunia ini, FREEDOM