Tips dan Cara Merawat Kulkas Agar Kulkas Awet

Cara Merawat Kulkas Biar Awet Dingin

Tips dan Cara Agar Kulkas Awet – Lemari Es atau kulkas sekarang ini semakin canggih dengan inovasi – inovasi teknologi baru yang memberi banyak kelebihaan bagi penggunanya.

Namun yang perlu diperhatikan kulkas dengan fitur dan inovasi terbaru belum tentu memiliki durabilitas yang baik jika Kita belum mengerti bagaimana cara menggunakan dan merawat kulkas dengan baik.

Apalagi untuk sekarang ini jika Kita lihat dilapangan banyak Produsen Kulkas mengurangi kualitas bahan yang digunakan. Mungkin untuk menekan ongkos produksi atau harga jual yang lebih murah.

Seperti contohnya penggunaan bahan plastik untuk rangka, bahan pipa dari kompresor ke kondensor dan evaporator yang dulu sepenuhnya tembaga kini diganti besi.

Material besi semakin lama akan mengalami karat dan keropos tergantung kondisi lingkungan. Jika sudah keropos makan akan rawan bocor sehingga kulkas menjadi tidak dingin.

Begitupun dengan kompresornya, beberapa kali pengalaman saya membelah kompresor kulkas terbaru untuk kulkas 1 pintu dan 2 pintu yang harga 2 jutaan, dinamo kompresornya hanya menggunakan kawat lilitan berbahan besi bahkan untuk merk ternama sekalipun.

Padahal kulkas model lama menggunakan bahan tembaga untuk pipa dan mesin kompresornya yang kualitasnya jauh lebih baik.

Maka kadang sering kita lihat kulkas jadul bentuk luarnya sudah tidak karuan, rak patah, pintu kropos namun kwalitas dan fungsinya masih sangat baik.

Tips dan Cara Agar Kulkas Awet

Jadi untuk Anda yang sudah lama menggunakan kulkas atau yang baru saja membeli kulkas baru,  setelah melihat sedikit penjelasan diatas, Kami rasa perlu untuk melakukan perawatan berkala untuk membuat kulkas kita tetap awet dan bisa digunakan untuk jangka panjang.

Berikut tips dan cara merawat kulas agar awet, tahan lama dan tetap dingin.

  • Lokasi Penempatan Kulas

Pertama yang harus diperhatikan adalah lokasi penempatan kulkas. Usahakan kulkas ditempatkan di lokasi stabil dengan suhu ruangan dan jauhkan dari suhu panas dan banyak percikan air.

Proses pembuatan batu es akan lebih lama jika kondisi suhu luar panas. Dan jika Anda meletakkan di tempat yang banyak percikan air akan menyebabkan karat dan kropos.

Kemudian dalam meletakkan kulkas berikan jarak ruang antara dinding dengan kulkas sehingga ada sirkulasi udara panas dari kompresor dan kondensor pada kulkas.

  • Daya Listrik

Perhatikan daya listrik Anda, jika listrik dirumah Anda kurang stabil pasanglah stabilizer. Jika Anda menggunakan kulkas Kami menyarankan menggunakan daya diatas 900 watt.

Perhatikan juga kabel dan Stop Kontak, gunakan kabel tembaga dan stop kontak tembaga juga. Disarankan membuat stop kontak sendiri.

Atau dipasangkan pada stop kontak yang awet berkwalitas sehingga apabila tersenggol, tidak terjadi arus listrik putus. Karena jika sering terjadi putus arus tiba – tiba dalam kondisi kulkas menyala bisa menyebabkan kerusakan.

Hal yang perlu dilakukan jika terjadi putus arus atau pemadaman listrik adalah putar thermostat atau pengaturan suhu didalam kulkas ke posisi 0 kemudian cabut kabel stop kontak. Hal ini juga berlaku ketika Anda akan membersihkan Kulkas.

Dengan thermostat posisi 0 maka kulkas dalam keadaan OFF. Lakukan hal sebaliknya ketika listrik menyala. Colokan kabel ke stop kontak baru putar thermostat ke suhu yang Anda inginkan.

  • Penyimpanan

Usahakan jangan menyimpan makanan dan minuman dalam kondisi panas kedalam kulkas apalagi kedalam freezer pembeku. Hal ini akan menyebabkan suhu kulkas lama untuk merata karena perbedaan suhu yang jauh.

Pada kulkas 1 pintu hal ini akan menyebabkan timbulnya penumpukan bunga es. Dan ini tentunya membuat Kita akan lebih susah mengambil makanan atau minuman yang diselimuti bunga es.

  • Pengaturan Suhu

thermostat 1 pintu
tribunnews.com

Pada kulkas satu pintu pengaturan suhu menggunakan thermostat semakin besar angkanya maka suhu akan semakin dingin. Sedangkan pada Kulkas 2 pintu sebenarnya sistem kerja pengatur suhunya seperti keran.

Ketika Anda menggeser diposisi paling tinggi maka saluran udara dari evaporator akan terbuka sepenuhnya sehingga udara dingin dari evaporator akan disemburkan oleh kipas keluar ke ruangan freezer dengan cepat dingin.

Ketika Anda ini membekukan makanan atau minuman contohnya daging atau air, aturlah pada angka yang tinggi. Jika makanan minuman sudah beku baru kemudian Anda kurangi. Saya biasa mengatur suhu standar diposisi angka 3 atau 4.

  • Perawatan

Cek penampung air dibelakang kulkas jika air penuh tentunya Anda harus membuangnya supaya tidak menetes ke kompresor.

Untuk kulkas lama, kondisi penampung sudah getas dan bolong terkena panas dari kompresor. Maka perlu untuk mengganti atau diakali dengan ditutup alumunium penambal panci.

penampung air kulkas
bukalapak.com

Namun jika dirasa ini agak ribet, Anda juga bisa memindahkannya dengan menampungnya langsung dibawah freezer karena saluran pembuangannya berada disana.

Rajin bersihkan freezer secara berkala terutama untuk kulkas 1 pintu yang memiliki banyak bunga es. Bersihkan juga air yang menggenang lemari bawah dalam kulkas yang biasanya sebagai tempat sayur buah.

Jangan menggunakan benda tajam seperti pisau dan sejenisnya ketika akn mengambil makanan di dalam freezer.

Karena untuk kulkas 1 pintu ini bisa menyebabkan evaporator bocor jika tertusuk. Efeknya kulkas menjadi rusak karena gas freon keluar sehingga kulkas tidak bisa dingin.

Jika sudah terjadi evaporator bocor segera matikan kulkas. Karena jika diteruskan maka air difrezeer akan masuk kedalam sirkulasi pipa pada kulkas.

Sehingga jika diperbaiki akan membutuhkan waktu lebih lama karena harus menghilangkan kandungan air di dalam pipa.

Tutup pintu kulkas dengan rapat karena jika tidak kemungkinan jika ada genangan air akan merembes melalui celah pintu bawah kulkas.

Dan jika ini terjadi secara terus menerus maka akan menyebabkan pintu menjadi keropos dan rusak.

Nah, demikianlah tips dan cara merawat kulkas yang baik dan benar. Semoga dengan adanya artikel cara merawat kulkas diatas dapat membantu kulkas Anda awet, tahan lama dan tetap dingin.