Kenapa Kulkas Tidak Boleh Dimiringkan

Kenapa Kulkas Tidak Boleh Miring atau Tidur

Kenapa Kulkas Tidak Boleh Dimiringkan – Kulkas menjadi peralatan yang biasa menemani para ibu dirumah. Menjaga sayur buah dan bahan makanan minuman tetap segar ketika akan dikonsumsi.

Bagi pasangan atau keluarga yang menempati rumah baru, peralatan dapur seperti kulkas menjadi kebutuhan yang selalu dipertimbangkan untuk dimiliki.

Mereka akan pergi ke toko elektronik untuk membeli kulkas yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan mereka dirumah kemudian kurir akan mengantarkannya sampai dirumah.

Ketika sampai ditempat Anda Para kurir akan membawa dan mengankut kulkas dengan hati – hati dan meletakan sesuai dengan tempat yang Anda inginkan.

Namun pernahkah Anda memikirkan atau memperhatikan cara mereka membawa kulkas. Kenapa mereka membawa kulkas dalam posisi berdiri, yang secara logika akan lebih mudah jika dibawa pada posisi kulkas baring dan diangkat oleh dua orang.

Kenapa Kulkas Tidak Boleh Miring atau Tidur

Ternyata ada alasan mendasar kenapa kulkas tidak boleh berada pada posisi miring apalagi berbaring. Kondisi Kulkas yang baring dalam waktu lama bisa menyebabkan kulkas mengalami kerusakan.

Namun bagaimana bisa terjadi, tentunya masih menimbulkan pertanyaan bagaimana hanya membaringkan kulkas bisa membuat kulkas ini mengalami kendala.

Kami akan memberikan informasi untuk beberapa alasan yang menyebabkan kulkas bisa mengalami kerusakan karena berada pada posisi miring atau tidur.

Akibat posisi Kulkas Salah

Didalam sistem sirkulasi kulkas terdapat cairan dengan fungsi dan tempatnya masing – masing. Dan jika ada keadaan yang membuat cairan ini berpindah dengan tidak semestinya, tentunya akan menyebabkan kerusakan.

Kenapa kulkas tidak boleh miring

Membawa kulkas pada posisi miring atau tidur akan menyebabkan oli yang berada di ruang kompresor akan naik sampai evaporator dimana komponen ini berfungsi untuk membuat suhu dingin dan membekukan benda diruang freezer.

Oli yang berada pada evaporator membuat tidak bisa bekerja dengan baik sehingga kulkas tidak dingin. Oli tentunya tidak serta merta mencapai evaporator jika posisi miring tidak terlalu lama.

Namun ketika dinyalakan oli ini akan terdorong sehingga akhirnya pun tetap masuk kepipa evaporator kulkas. Ketika mendapat tekanan freon bisa berubah bentuk cair ke gas dan sebaliknya, berbeda dengan oli sehingga mudah terjebak dan agak sulit untuk turun lagi pada kompresor.

Oli yang naik juga membuat volume oli pada kompresor berkurang dan bisa berpengaruh pada kesehatan dan kinerja kompresor bahkan kompresor bisa saja macet.

Beberapa komponen interior kulkas seperti rak biasanya bersifat bongkar pasang sehingga ketika dibawa dam posisi miring bisa saja copot dan saling berbenturan.

Solusi

Setelah Anda menetahui apa yang menyebabkan kulkas bisa saja mengalami kerusakan karena dibawa atau ditempatkan pada posisi yang salah maka adalah beberapa solusi agar ini tidak terjadi.

Saya sarankan jangan pernah tergoda untuk membawa kulkas dengan keadaan baring yang tentunya terasa lebih ringan dan gampang. Membawa kulkas dalam posisi berdiri sebenernya juga enteng apa bila kita tau triknya.

Sebelum membawa kulkas sebaiknya kosongkan dulu ruang dikulkas seperti box sayur dan juga rak ajustable, tempatkan terpisah dikardus atau lainnya yang aman. Kemudian setelah sampai tujuan rak box dan pritilanya ini dipasang kembali.

Namun bagaimana jika kulkas terlanjur dibawa dalam posisi miring, Apakah ada kemungkinan kulkas bisa bekerja normal. Hal ini sangat mungkin terjadi jika dilakukan penanganan yang benar.

Untuk kulkas yang sudah terlanjur pada posisi miring maupun rebah sebaiknya diletakkan pada posisi berdiri kemudian diamkan selama kurang lebih 24 jam.

Hal ini berfungsi agar oli berangsur – angsur turun dan kembali lagi kedalam kompresor dan tentunya ini membutuhkan waktu karena sifat oli yang memiliki kekentalan dan tidak bisa dimampatkan.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam memahami peralatan rumah tangga yang dalam hal ini adalah kulkas sehingga selanjutnya kita bisa lebih hati – hati dalam merawat kulkas agar awet dan bisa digunakan lebih lama.