Cara Mengatasi Bunga Es Pada Kulkas 2 Pintu

Bunga Es Kulkas 2 Pintu

Cara Mengatasi Bunga ES Pada Freezer Kulkas 2 Pintu – Kulkas 2 pintu merupakan mesin pendingin yang yang menggunakan sistem defrost atau pencairan otomatis. Sehingga kita tidak perlu melakukan pembersihan bunga es pada ruang freezer seperti pada kulkas 1 pintu.

Dengan menggunakan sistem pencairan otomatis tentunya kulkas 2 pintu menggunakan fitur atau alat tambahan yang berbeda dengan kulkas 1 pintu.

Freezer pada kulkas 2 pintu tidak bersentuhan langsung dengan evaporator, dimana evaporator tersembunyi dibelakang ruang freezer.

Hal ini juga mengurangi resiko kerusakan pada evaporator karena tertusuk benda tajam yang sering terjadi pada kulkas 1 pintu.

Sistem kerja pendingin pada kulkas 2 pintu memanfaatkan sirkulasi udara dari evaporator yang dibuat sedemikian rupa kemudian untuk menghisapnya keruang Freezer dilakukan dengan motor kipas.

Proses defrost akan diatur oleh timer secara otomatis mencakup sistem kerja hidup matinya kompresor, dan komponen – komponen pada evaporator bagai penunjang pendingin dan pencairan otomatis.

Penyebab bunga es kulkas 2 pintu tidak bisa cair otomatis

Kendala yang biasa terjadi pada kulkas 2 pintu adalah terjadinya blok bunga es pada evaporator yang menyebar menyumbat saluran udara.

Penyebab bunga es pada freezer kulkas 2 pintu tidak bisa cair otomatis dipengaruhi oleh komponen penunjang nofrost yang diantaranya adalah :

  • Timer Defrost Kulkas
  • Heater Kulkas
  • Defrost Thermo/Bimetal
  • Thermo Fuse

Pemeriksaan dan perbaikan

Kerusakan seperti ini tentunya memberi dampak yang buruk bagi kinerja kulkas yang diantaranya seperti Freezer dingin namun tidak mencapai suhu beku dan ruang chill atau tempat sayur buah tidak dingin.

Untuk mengetahui penyebab pastinya kita sebaiknya melakukan pemeriksaan secara menyeluruh mulai dari bagian bawah yaitu Kompresor sampai atas di bagian freezer.

Setelah dilakukan pemeriksaan pada kompresor, filter, dan timer normal makan kita lanjutkan ruang freezer.

Buka penutup evaporator, namun sebelum itu cek apakah ada bunga es yang tembus sampai keluar jika ada maka gunakan hairdryer atau jika tidak ada gunakan air panas untuk mencairkan bunga es yang menempel pada penutup.

Namun saat menggunakan air sebaiknya dipersiapkan dulu, karena guyuran air kedalam kulkas akan turun dan menyebabkan genangan air. Pencairan ini dilakukan supaya memudahkan saat membuka cover dari evaporator.

Buka baut kemudian setelah itu congkel untuk membuka cover evaporator, maka akan terlihat bunga es memenuhi evaporator dan saluran udara menuju ruang freezer.

cover evaporator

Bunga es yang menumpuk harus dibersihkan atau dicairkan maka sebelumnya Kami menyarankan untuk memberikan alas pada kaki kulkas yang ingin diperbaiki agar tidak jadi genangan.

Untuk membersihkan bunga es ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Dengan hairdryer atau air panas, bunga es yang terlihat akan mencair namun pada bagian – bagian yang tidak terlihat mungkin masih membeku dan menyumbat.

Opsi lainnya sebaiknya diamkan kulkas dalam waktu satu hari pada posisi pintu terbuka dan tutup evaporator juga masih terbuka. Hal ini untuk memastikan bunga es mencair seluruhnya.

Penggantian fuse dan bimetal

Kemudian kembali lagi pada evaporator, disana kita akan menemukan komponen – komponen seperti heater, defros thermo/bimetal, dan thermo fuse.

fuse dan bimetal kulkas

Kerusakan pada fuse dan bimetal sudah terlihat dari fisiknya tanpa perlu dilakukan pengetesan. Jika defrost fuse sudah terisi dengan tetesan air maka harus di ganti dengan yang baru.

Sebaiknya untuk penggantian fuse dan bimetal, selalu ganti keduanya bersamaan dan saat pemasangan potong kabel mendekati kaki bimetal supaya kabel lebih panjang sehingga memudahkan dalam penyambungan.

Setelah disambung maka selanjutnya solasi menggunakan solasi bakar, solasi jenis ini akan membuat hasil terlihat lebih rapi dan rapat.

Perhatikan pada pemasangan defrost, letakan menempel pada evaporaator dan jangan sampai dipasang terbalik karena sensor tidak akan bekerja. dengan baik.

Setelah defrost dan fuse selesai terpasang cobalah menyalakan kulkas dan kemudian periksa pada bagian timer kulkas. Normalnya timer akan bekerja dan kita bisa merasakannya ketika digenggam.

Kemudian langkah selanjutnya cek pada bagian kompresor, jika kompresor masih menyala maka putar timer sampai posisi compresor tidak bekerja, kemudian

Ini seperti kita mengatur timer pada posisi pencairan. Pada posisi ini lakukan pengecekan pada heater yang terletak dibawah evaporator.

Jika heater pada evaporator menyala maka otomatis pencairan berfungsi. Jika sudah berhasil maka matikan kembali kulkas dan pasang penutup atau cover kulkas.

Setelah kulkas selesai dirapikan maka langkah terakhir adalah hidupkan kembali kulkas. Karena tadi timer pada kulkas ini kita setting pada posisi defrost atau pencairan maka compresor pada kulkas seharusnya dalam posisi mati.

Kompresor dan kipas blower akan menyala kurang lebih sekitar setengah jam dan mulai bekerja kembali untuk proses pendinginan dan kulkas kembali normal.

Itulah tadi cara perbaikan kulkas ngeblok yang diakibatkan kerusakan pada bimetal dan fuse. Semoga informasi ini bisa membantu Anda yang mengalami kerusakan kulkas 2 pintu seperti diatas.