Cara Memperbaiki Kerusakan pada Kulkas Inverter

Cara Memperbaiki Kerusakan pada Kulkas Inverter

Cara Memperbaiki Kerusakan pada Kulkas Inverter – Kulkas inverter memiliki banyak kelebihan dibandingkan kulkas manual. Namun dibalik semua kelebihannya tersebut ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan.

Kekurangan tersebut terlihat apabila terjadi kerusakan pada kulkas inverter. Biasanya pabrik dari kulkas ini memberikan garansi untuk mesin kompresornya antara 5 – 12 tahun.

Namun untuk servis dan komponen lainnya seperti modul inverternya biasanya memiliki garansi yang lebih pendek. Jadi ketika terjadi kerusakan pada komponen lainnya atau pada inverternya maka kita harus mengeluarkan biaya sendiri untuk melakukan perbaikan.

Dan untuk perbaikan pada kerusakan inverter biasanya juga membutuhkan biaya yang tidak murah walapun dan akan lebih mahal lagi jika menggantinya dengan unit inverter yang baru.

Kompresor yang digunakan pada kulkas inverter adalah jenis DC yang diatur oleh inverter berbeda dengan kulkas stadart yang menggunakan kompresor dengan arus AC dan diatur dengan timer.

Sehingga kita tidak boleh secara sembarangan mengganti dan memasang kompresor pada kulkas inverter. selain itu juga menyambungkan listrik secara langsung pada kompresor DC akan membuat kompresor bisa mengalami kerusakan.

Kerusakan dan Perbaikan Kulkas Inverter

Kali ini kami akan memberikan informasi tentang kerusakan apa saja yang sering terjadi pada kulkas inverter.Agar Anda lebih memahami kita akan bahas satu persatu.

Saluran pembuangan air tersumbat

Jika Anda pernah mengalami kulkas inverter Anda tidak dingin pada bagian chiller dan pada freezer tidak bisa bisa beku maka jangan terburu – buru menyimpulkan kerusakan pada defrosnya bisa saja ini karena sumbatan pada saluran pembuangan air dari freezer.

Pemeriksaan dan cara perbaikan

Langkah pertama adalah keluarkan semua makanan dan minuman didalam kulkas kemudian siapkan obeng dan buka pada bagian penutup evaporator. Maka akan tampak bunga es yang menumpuk dan menutup jalur udara ke chiller dari kulkas anda.

Matikan kulkas dan biarkan pintu tetap terbuka. Siapkan air panas dan guyurkan pada evaporator, kemudian cek pada saluran buang dibagian belakang.

Jika saluran ini tersumbat maka air yang diguyur tadi hanya menetes sedikit saja dan justru mengalir kebawah pintu depan. Persiapkan kain lap atau apapun untuk mengatasi genangan dilantai.

Untuk menyatasi penyumbatan pada pipa buang maka siapkan kawat dan kemudian masukan pada pipa pembuangan yang tersumbat.

Tambahan air lagi pada evaporator selagi pipa saluran pembuangan dikorek sampai kotoran keluar dan air keluar lancar melalui saluran pembuangan ini.

Jika saluran pembuangan sudah lancar maka air yang dimasukan kedalam evaporator akan keluar sepenuhnya keluar lewat saluran buang.

Langkah terakhir adalah diamkan kulkas dalam keadaan mati dan pintu terbuka, diamkan selama kurang lebih 24 jam sampai bunga es yang tidak terlihat didalam saluran udara mencair sepenuhnya.

Untuk membantu pencairan Anda bisa menggunakan kipas angin berdiri yang diarahkan pada freezer kulkas. Setelah didiamkan selama kurang lebih sehari semalam kemudian periksa apakah mash ada bunga es.

Jika sudah bersih maka coba untuk nyalakan kembali maka seharusnya kulkas akan kembali bekerja normal. Untuk pertama cobalah untuk membuat batu es.

Kerusakan pada mesin inverter

Jika kerusakan terjadi pada mesin inverter kulkas maka kulkas tidak akan bisa bekerja. Selain mengatur kinerja kukas, inverter ini juga berfungsi untuk mengubah arus listrik AC menjadi arus DC yang disalurkan ke kompresor.

modul inverter kulkasJadi kompresor pada kulkas inverter menggunakan arus DC,, berbeda dengan kompresor kulkas standar yang langsung menggunakan arus AC.

Perbaikan bisa dikakukan dengan melakukan pemeriksaan pada papan PCB inverter, dengan menggunakan avometer periksa komponen – komponen pada inverter dan melakukan penggatian atau mencari kanibalan dari mesin lain.

Cara lainnya adalah dengan melakukan penggantian dengan modul baru yang sekarang ini banyak dijual ditoko online.

Namun pastikan modul yang Anda beli tipenya sesuai dengan kulkas yang ingin Anda perbaiki.

Kerusakan kompresor

compresor inverter kulkasKulkas inverter biasanya memiliki garansi yang panjang antara 5 sampa 12 tahun, jika kompresor kulkas inverter Anda mengalami kendala hal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah mengecek masa garansi kulkas Anda.

Jika kulkas Anda masih dalam masa garansi maka Anda bisa menghubungi consumer servis untuk melakukan perbaikan.

Jadi usahakan selalu menyimpan kartu garansi sehingga ketika terjadi kerusakan bisa dicover.  Jika kulkas belum pernah diservis oleh bengkel servis atau hanya diperbaiki oleh servis resmi maka kulkas perbaikan akan dicover.

Untuk kerusakan pada kompresor penggantian juga perlu diperhatikan. Seperti yang sudah kita ketahui kompresor Inverter menggunakan arus DC jadi pastikan kompresor yang dipasang sesuai arusnya.

Walaupun sama – sama kompresor inverter namun untuk merk berbeda juga tidak cocok digunakan dalam arti mesin inverternya tidak bisa membaca kompresor tersebut.

Merubah menjadi kulkas standar

Cara lainnya agar kulkas bisa berfungsi adalah dengan menjadikan kulkas menjadi kulkas standar. Cara ini berarti fungsi inverternya dimatikan sehingga kulkas bekerja standar tanpa fitur inverter.

Untuk  menjadikan kulkas standar pertama siapkan kompresor standar dengan arus AC  untuk menggantikan Kompresor DC pada kulkas inverter ini.

Kemudian Anda perlu mengganti kipas Cooler difreezer yang menggunakan arus DC menjadi kipas AC. Selanjutnya buka pentutup evaporator untu mengganti defrost atau bimetal kulkas inverter dengan bimetal standar.

Itu tadi sedikit informasi tentang kerusakan yang sering terjadi pada kulkas inverter. Semoga artikel ini bisa menambah informasi tentang kulkas inverter.

Wahid Santoso
apa yang paling mahal didunia ini, FREEDOM