Cara Ganti dan Pengisian Oli Kompresor Kulkas

Cara Ganti Oli Kompresor Kulkas
https://www.youtube.com/watch?v=Bvrqlnff4DM

Cara Ganti dan Pengisian Oli Kompresor KulkasKompresor pendingin yang dipakai pada kulkas merupakan jenis kompresor piston atau disebut juga dengan kompresor Reciprocating horisontal.

Dimana jenis kulkas ini membutuhkan oli pelumas agar bisa bekerja dengan baik. Oli pelumas sangat berperan penting untuk kompresor jenis ini sehingga kualitas oli dan juga jumlah volume juga harus diperhatikan.

Kulkas yang pernah mengalami kerusakan khususnya kebocoran gas freon sedikit banyak akan mempengaruhi kinerja kompresor.

Beberapa efek yang terjadi saat kebocoran gas freon adalah volume oli lubricate akan berkurang karena ikut terbawa naik oleh gas freon.

Oksigen atau air yang masuk dari celah kebocoran jika bertemu dengan pelumas akan bereaksi sehingga warna oli menjadi keruh atau bahkan hitam. hal ini juga menimbulkan endapan yang akan mengganggu kinerja kompresor.

Kompresor akan menjadi cepat panas dan sering mati nyala, hal ini disebabkan karena faktor – faktor diatas tadi seperti berkurangnya oli sehingga gesekan akan riskan terjadi.

Suara kompresor juga akan menjadi kasar, oli yang berkurang dan kualitasnya yang sudah menurun ditambah kotoran dan endapan membuat suara dari kompresor pendingin ini menjadi kasar.

Apabila permasalahan seperti diatas tidak segera ditangani maka kerusakan pada kompresor tidak dapat dihindari dan tentunya mengganti kompresor akan memakan biaya yang cukup mahal.

Cara mengganti oli kompresor Kulkas

Maka dari itu untuk mencegah kerusakan pada kompresor penggantian oli harus dilakukan. Namun sebelum melakukan penggatian sebaiknya periksa dulu atau tetapkan jenis freon yang akan digunakan.

Jenis Oli kompresor Kulkas

Karena oli lubricate juga memiliki beberapa jenis yang bisa disesuaikan dengan refrigerant yang digunakan, jenis oli kompresor ini antara lain adalah.

  • Mineral Oil (MO)
  • Ammonia Oil (AO)
  • Polyalkylene Glycol Oil (PAG)
  • Polyol Ester (POE)
  • Alkybenzene Oil (AB)
  • Polyalphaolefin Oil (PAO)

Dan dari beberapa jenis yang tersebut diatas, yang sering digunakan adalah jenis mineral oil (MO) atau sintetis polyol ester (POE) dan Vacuum Pump Oil.

Sedangkan untuk kompresor pendingin pada kulkas biasanya saya menggunakan merk EMKARATE. Sebelum melakukan penggantian sebaiknya persiapkan dulu alat dan bahannya.

Saran Pengisian Oli kompresor Kulkas

Untuk pemakaian oli sebaiknya diperhatikan jangan sampai kurang atau berlebihan. Jika pengisian oli kurang maka seperti penjelasan diawal, kompresor akan cepat panas.

Namun jika pengisian oli kompresor terlalu banyak, maka oli akan mudah naik dan malah membuat kulkas menjadi tidak dingin.

Dari pabrik sendiri tidak pernah ada catatan pasti jumlah volume pengisian yang harus dilakukan saat penggantian oli, namun bagi mereka yang sudah terbiasa atau memiliki usaha servis kulkas tentunya memiliki tips – tips sebagai berikut.

Untuk pengisian oli pada kompresor bisa dilihat dari kekuatan kompresor kulkas itu sendiri misalnya kompresor kulkas ½ PK  maka oli yang diperlukan adalah 250ml.

Atau untuk kompresor  ¾ PK maka mebutuhkan oli 275ml. Anda tinggal menambah dan mengurangi dari patokan yang pertama.

Jadi ketika Anda membeli oli kompresor pendingin yang 1 literan seperti emkarate, itu sudah bisa digunakan untuk 4 kompresor.

Persiapan Pengisian Oli kompresor Kulkas

Setelah oli sudah dipersiapkan maka sekarang saatnya untuk melakukan penggantian oli pada kompresor yang bermasalah.

#1. Lepaskan Overload dan PCT

Pertama cabut kabel kulkas dari stop kontak biarkan kulkas dalam kondisi mati. Setelah itu copot juga overload dan PCT yang terpasang pada kompresor.

#2. Lepas/potong sambungan pipa menuju kompresor

Kemudian potong pipa yang terhubung dengan kulkas seperti pipa ke arah kondensor dan  evaporator. Anda bisa menggunakan las asetilin, gas kaleng, maupun pemotong pipa.

#3. Lepaskan Pengunci pada kaki kompresor

Setelah pipa berhasil dipotong maka giliran pengunci pada kaki – kaki kompresor, lepaskan baut yang mengunci kompresor pada bodi kulkas.

#5. Buang oli

oli kompresor hitamSetelah pengunci dilepaskan maka angkat kompresor dan gulingkan untuk mengeluarkan oli lama pada kompresor. usahakan sampai benar – benar bersih.

Proses pengisian oli kompresor Kulkas

Persiapkan selang plastik untuk menyambung pipa pengisian pada kompresor. Sediakan juga wadah untuk oli, bisa menggunakan gelas atau bekas air minum kemasan.

Untuk kompresor kulkas, silahkan dipasang kembali overload dan juga PCT kemudian disambung dengan kabel untuk listrik.

PENGISIAN OLI KOMPRESOR

Kemudian setelah pemasangan selesai maka colokokan kabel ke stop kontak untuk menghidupkan kompresor. Setelahnya ambil selang yang sudah dipersiapkan sambungkan ke pipa hisap A kompresor.

Dan Ujung selang satu lagi  dicelupkan pada oli, bersamaan dengan itu tutup  pipa C menggunakan ujung jari Anda maka  oli dalam wadah akan terhisap secara perlahan kedalam kompresor.

Biarkan sampai oli terhisap habis kedalam kompresor, baru kemudian matikan kompresor. Disini pengisian kompresor sudah selesai dilakukan dan bisa dipasang kembali pada kulkas.

Mungkin itu saja yang bisa saya informasikan untuk penjelasan dari cara mengganti oli kompresor kulkas yang benar. semoga informasi ini membantu untuk Anda yang mengalami permasalahan yang sama.