Pengertian Office 365, Jenis Office 365 dan Fungsinya

Pengertian Office 365, Jenis Office 365 dan Fungsinya

Pengertian Office 365, Jenis Office 365 dan Fungsi Office 365 – Office 365 adalah salah satu aplikasi terbaru keluaran Microsoft. Untuk menggunakan aplikasi ini, tentu kamu perlu mengetahui pengertian, jenis serta fungsinya.

Sebagai program terbaru, aplikasi Microsoft Office 365 tentu saja memiliki banyak keunggulan yang bisa kamu manfaatkan untuk kebutuhan kamu. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai aplikasi satu ini, berikut adalah ulasan mengenai pengertian Office 365, jenis Office 365 dan fungsi Office 365:

Pengertian Microsoft Office 365

Secara sederhana Microsoft Office 365 adalah sebuah perangkat lunak komputer yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan para pengguna baik dalam mengakses informasi maupun menyimpan pekerjaan. Aplikasi Microsoft satu ini berkinerja lebih aman, sederhana dan produktif daripada keluaran sebelumnya.

Terlebih lagi, kamu sudah tidak perlu menginstal beberapa software dan hardware yang biasanya kamu gunakan untuk mempermudah tugas atau pekerjaan kamu. Selain itu, aplikasi terbaru Microsoft ini juga bisa mensupport berbagai jenis server tanpa hardware, tidak perlu upgrade serta meringankan tugas administrasi IT.

Penggunaannya pun sangat mudah dan fleksibel dimana kamu bisa menggunakan aplikasi ini melalui PC, MAC ataupun smartphone kamu. Jika kamu berlangganan aplikasi ini, kamu bisa mengakses data dan dokumen kamu kapan saja dan dimana saja.

Jenis Microsoft Office 365

Pesatnya perkembangan teknologi komputer saat ini membuat banyak perusahaan IT berlomba untuk mengeluarkan program terbarunya. Microsoft adalah perusahaan software terkemuka di dunia yang saat ini gencar mengeluarkan aplikasi terbaru, dimana salah satunya adalah Microsoft Office 365.

Sebelum memutuskan untuk berlangganan Microsoft Office 365, ada baiknya kamu memahami terlebih dulu jenis paket Office 365 yang ditawarkan. Berikut rinciannya:

Microsoft Office 365 untuk Rumahan

Paket ini terdiri dari 3 jenis paket turunan yaitu:

1. Microsoft 365 Family

Microsoft 365 Family bisa digunakan hingga 6 orang pengguna, dimana setiap pengguna bisa memanfaatkan aplikasi ini di 5 perangkat secara bersamaan. Penyimpanan cloud yang diberikan mencapai 6 TB.

Software bawaan Microsoft sudah berlisensi premium. Paket ini dibanderol dengan harga Rp 1.199.999 per tahun atau Rp 119.999 perbulan.

2. Microsoft 365 Personal

Sesuai namanya Microsoft 365 Personal, paket ini hanya bisa digunakan oleh satu pengguna. Meskipun demikian, banyaknya perangkat yang bisa digunakan bersamaan berjumlah 5 perangkat. Kapasitas penyimpanan cloud yang diberikan mencapai 1 TB.

Software bawaan Microsoft sudah berlisensi premium. Paket ini dibanderol dengan harga Rp 879.999 per tahun atau Rp 87.999 perbulan.

3. Office Home and Student

Pembelian Office Home and Student hanya dilakukan sekali dan bisa digunakan untuk PC ataupun MAC. Perangkat yang bisa digunakan hanya satu dan Software bawaannya masih klasik. Harga yang dibanderol adalah Rp 1.799.999.

Microsoft Office 365 untuk Bisnis

Seperti namanya, paket ini diperuntukkan untuk kepentingan bisnis. Adapun paket turunannya adalah sebagai berikut:

1. Microsoft 365 Business Basic

Paket ini cocok bagi kamu yang sedang berbisnis dan membutuhkan komunikasi jarak jauh yang mumpuni. Dilengkapi dengan Microsoft Teams, Office offline dan penyimpanan cloud yang aman, kamu hanya perlu membayar Rp 39.100 perbulan.

2. Microsoft 365 Business Standard

Paket ini diperuntukkan bagi kamu yang memerlukan sistem kolaborasi dan pengerjaan jarak jauh. Semua software bawaan Microsoft sudah premium. Harga yang dibanderol untuk paket ini adalah Rp 156.400 perbulan.

3. Microsoft 365 Business Premium

Selain layanan yang diberikan sama dengan paket business standard, paket premium ini juga dilengkapi dengan manajemen perangkat serta layanan keamanan cyber yang canggih. Paket ini dibanderol dengan harga Rp 312.800 perbulan.

Fungsi Microsoft Office 365

Aplikasi satu ini memiliki banyak fungsi yang bisa kamu manfaatkan. Adapun fungsi atau keunggulan Office 365 yang bisa kamu dapatkan jika kamu berlangganan adalah:

Easy collaboration

Memungkinkan para pengguna untuk berkolaborasi secara mudah baik dalam melakukan pekerjaan secara bersama-sama maupun menjalin komunikasi. Kolaborasi yang mudah ini hanya bisa dilakukan oleh para pengguna yang sudah menjalin pertemanan.

Familiar tools

Meskipun program kamu sudah terupgrade ke Microsoft Office 365, semua tools maupun tombolnya masih sama dengan versi Microsoft sebelumnya. Hal ini tentu saja sangat memudahkan bagi kamu yang sudah terbiasa menggunakan Microsoft untuk melakukan pekerjaan.

Document fidelity

Memudahkan kamu untuk melakukan penyimpanan dokumen melalui sistem layanan cloud dimana kamu bisa mengakses dokumen tersebut kapanpun dan dimanapun. Kamu juga tidak perlu khawatir akan kehilangan dokumen yang sudah kamu simpan.

Significant savings

Fitur satu ini berfungsi untuk membantu komputer kamu supaya lebih hemat energi, hemat biaya serta tidak sulit untuk dikembangkan.

Semua kelebihan Office 365 yang dijelaskan di atas, tidak hanya bisa kamu manfaatkan di satu perangkat komputer saja, tetapi hingga 5 perangkat. 5 perangkat ini bisa diaplikasikan dalam komputer yang menggunakan sistem iOS maupun Windows.

Cara install Office 365

Jika Anda membeli Office 365 Home, Office 365 Personal atau Office 365 Bisnis, ikuti langkah berikut ini untuk menginstal Office 365 di komputer Anda:

  • Akses ke www.office.com/myaccount dari Komputer atau Mac yang Anda ingin Anda pasang Office 365, kemudian login dengan akun Microsoft yang digunakan untuk membeli langganan Office 365 Anda.
  • Klik Instal.
  • Ikuti instruksi pada layar monitor komputer Anda untuk menginstal Office 365. Harap koneksi internet stabil dan jangan me-restart komputer sewaktu Office 365 sedang proses download dan instal.

Demikianlah ulasan artikel mengenai Pengertian Office 365 jenis dan fungsinya. Setelah kamu membaca ulasan di atas, apakah kamu sudah bisa memutuskan jenis paket mana yang akan kamu pilih? Sebagai rekomendasi pilihlah mana yang paling sesuai untuk kebutuhan kamu.

 

Deni Saputro
Seorang Blogger, Penulis Artikel dan Digital Marketer yang ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi wawasan lewat tulisan.