Jenis dan Ciri Kulkas Buntu dan Cara Memperbaiki Kulkas Buntu

kulkas mampet buntu

Jenis dan Ciri Kulkas Buntu dan Cara Memperbaiki Kulkas Buntu – Kulkas sangat dibutuhkan Untuk menyimpan makanan dan minuman agar lebih awet dan segar. Tidak hanya untuk kebutuhan rumah tangga namun juga untuk bisnis dan indrustri.

Akhirnya kulkas dibuat dengan beragam jenis seperti kulkas, freezer, showcase yang pada dasarnya memiliki sistem kerja yang hampir sama.

Seiring dengan durasi penggunaannya, kadang kala kulkas mengalami kendala. Mulai dari eksteriornya seperti pintu, bodi maupun mesin yang akhirnya mempengaruhi kinerja dari kulkas tersebut.

Pengertian Kulkas Buntu

Salah satu kendala pada kulkas adalah terjadinya buntu atau mampet. Yang dimaksud kulkas buntu sendiri adalah kondisi dimana saluran sirkulasi refrigeran tersumbat sehingga gas freon tidak dapat mengalir.

Jika hal ini terus terjadi dan kulkas dipaksakan terus menyala maka akan terjadi kerusakan yang parah terutama pada kompresor karena mesin akan mendapat tekanan yang kuat dan membuat kompresor pada kulkas bekerja ekstra.

Penyebab Kulkas Buntu

Kebuntuan pada kulkas freezer showcase tentunya tidak terjadi begitu saja. Ada beberapa penyebab terjadinya kulkas buntu atau mampet yang diantaranya adalah.

  • Kotoran

Perbaikan kulkas yang kurang bersih bisa juga menyebabkan kulkas mengalami mampet. kotoran – kotoran kecil bisa saja masuk setelah pipa dipotong.

  • Proses Pengelasan

Saat melakukan servis seperti vakum, pemberian metil dan pengisian kembali freon makan pipian akan kembali disambung. jika tidak diteliti secara urut maka pipa yang buntu bisa terjadi.

  • Oli

Mungkin kulkas Anda pernah mengalami kerusakan dan diganti freon dan oli kompresor. Jika oli pada Kompresor terlalu banyak atau oli naik ikut sirkulasi pipa masuk ke dalam filter tentu akan menyumbat freon.

Begitu juga bila masuk ke pipa kapiler, pipanya yang kecil tentunya akan sangat rawan menyebabkan mampet atau kebuntuan.

  • Air

Hal ini bisa terjadi karena kerusakan pada evaporator. Evaporator bocor mungkin disebabkan oleh benda tajam akan membuat air dan bunga es pada evaporator akan masuk kedalam sirkulasi.

Dan akan semakin parah jika kulkas terus dipaksakan untuk bekerja dalam kondisi ini. Setelah dilakukan perbaikan kulkas mengalami buntu, ini disebabkan karena saat servis kurang bersih.

Pada saat servis, proses vakum dilakukan sebelum mengisi gas freon. Proses vakum yang tidak maksimal juga bisa menyebabkan kulkas buntu.

  • Vakum yang tidak Maksimal

Ketika udara (O2) tidak tervakum habis maka akan ada sisa udara pada sirkulasi. Pada saat kulkas bekerja udara akan bergerak mengikuti sirkulasi pipa menuju evaporator.

Ketika sampai di evaporator udara akan merubah menjadi air atau beku yang menyebabkan sirkulasi mampet.

Ciri – ciri kulkas buntu

Kulkas yang mengalami buntu mempunyai tanda – tanda yang bisa kita gunakan sebagai acuan untuk melakukan penangan lebih lanjut sehingga tidak semakin parah.

  • Kondensor tidak panas

Didalam bodi kulkas terdapat pipa kondensor yang menyelimuti kulkas. Dalam kondisi kulkas bekerja Anda bisa meraba bodi samping kiri dan kanan kulkas.

Jika terasa hangat berarti kulkas normal, namun jika tidak terasa hangat maka sirkulasi tidak berjalan. Pada kulkas model lama pipa kondensor juga terdapat dibelakang kulkas yang juga terasa hangat jika diraba saat kondisi kulkas bekerja dengan baik.

  • Tidak ada suara gemericik

Langkah berikutnya silahkan membuka pintu kulkas dan dengarkan dengan seksama, jika ada suara gemericik maka ini tanda bahwa sirkulasi gas freon berjalan dengan normal.

Namun jika suara ini tidak terdengar maka sirkulasi tidak berjalan. Hal ini juga bisa untuk menditeksi ketika gas freon habis karena bocor.

  • Ruang freezer kurang dingin

Berikutnya Anda buka pintu ruang freezer, untuk kulkas 1 pintu jika Anda menempelkan tangan pada evaporator terasa dingin, muncul bunga es dan lengket maka kulkas bekerja normal.

Namun dengan sirkulasi gas freon yang tidak berjalan sebagaimana mestinya, tentunya evaporator tidak bisa menghasilkan suhu dingin dengan baik.

Sehingga ketika Anda raba tidak akan terasa dingin sampai kulit anda lengket.

  • Kompresor sering nyala mati

Kulkas yang mengalami buntu membuat kompresor yang berfungsi memompa gas freon bekerja lebih keras. Dan ketika kompresor sudah sampai pada batas kemampuan maka kompresor akan mati secara otomatis dan akan kembali menyala dan memompa sampai batas tekanan dan seterusnya.

  • Filter tidak panas

filter kulkas

Dari kompresor kita beralih sedikit pada bagian filter. Komponen ini seharusnya terasa panas saat kulkas bekerja normal. namun jika terjadi buntu maka filter tidak akan panas karena sirkulasi tidak berjalan.

Jenis kebuntuan pada kulkas

Kebuntuan pada kulkas sering terjadi pada bagian pipa kapiler atau pada pipa filter. Buntu pada sirkulasi kulkas ini juga dibagi dua. Yaitu buntu sebagian dan buntu total.

  • Buntu sebagian

Apabila terjadi buntu sebagian maka kompresor akan mati hidup lebih lama. Ini dikarenakan sirkulasi pada kulkas masih bisa berjalan sebagian.

Ketika kulkas mengalami buntu sebagian ruang kulkas masih akan terasa dingin, namun tidak bisa digunakan untuk membuat batu es. Tingkat dinginnya mungkin setara dengan kulkas showcase.

  • Buntu total

Pada keadaan buntu total kompresor akan mendapat tekanan yang semakin tinggi sehingga cepat panas. Jika sudah mencapai panas yang berlebih maka overload akan memutus arus untuk mengamankan kompresor.

Overload akan kembali tersambung ketika suhu kompresor sudah turun dan menyalakan kembali kompresor hal ini akan terjadi secara berulang.

Cara mengatasi Kulkas Buntu

Setelah mengetahui tentang kulkas buntu, ciri – ciri dan penyebabnya maka langkah berikutnya adalah mengetahui cara penangan untuk memperbaiki kebuntuan pada kulkas ini.

alat pengisi freon

Cobalah untuk memanaskan ujung pipa kapiler yang menuju evaporator, ini dilakukan untuk jaga – jaga karena bisa saja terjadi karena udara atau air masuk ke pipa kapiler berubah menjadi es dan membeku.

Persiapkan cairan metil atau tinner, kemudian potong pipa kondensor dan pipa kapiler yang menuju filter. Jika sudah, nyalakan kompresor dan celupkan ujung kapiler ke cairan methil maka secara otomatis akan tersedot.

Isi secukupnya saja, cairan metil ini  bertujuannya untuk membersihkan jalur kapiler yang kotor dan menyempit. Hal ini juga dilakukan  pada kondensor.

Copot bagian filter menggunakan las. Jika saat pencopotan keluar banyak asap putih, itu adalah oli yang terbakar yang artinya filter dipenuhi dengan oli maka sebaiknya ganti filter dengan yang baru.

pentil pipa dan gas freon r22

Pengisian metil juga bisa dilakukan pada pipa pengisian. Sebelumnya pasangkan pentil sebagai penghubung selang manifol. Siapkan juga ke tabung R22 sebagai pendorong.

Sambungkan selang pada pentil pipa kompresor lkemudian isi dengan metil dan ujung satunnya sambungkan dengan r22. buka freon R22 kemudian letakan pada tempat yang lebih tinggi dengan posisi terbalik.

Buka tutup pipa balik yan menuju kompresor, lakukan berulang sampai air dan oli habis.

Cara terakhir bisa dengan flussing yang akan kita bahas pada artikel berikutnya.

Itu tadi informasi mengenai kendala pada kulkas khususnya untuk kulkas yang mengalami buntu atau mampet pada sirkulasi refrigerannya.

Semoga artikel jenis, ciri ciri, penyebab kulkas buntu dan bara memperbaiki kulkas buntu ini bisa membantu.