Urutan Performa VGA AMD dari Tipe Terendah sampai Tertinggi

VGA AMD menjadi pilihan paling tepat untuk gaming maupun editing. Berikut ini urutan VGA AMD dari tipe terendah hingga tertinggi bagi para gamer dan editor.
Urutan Performa VGA AMD dari Tipe Terendah sampai Tertinggi

Urutan Performa VGA AMD dari Tipe Terendah sampai Tertinggi 2021 – Agar performa PC atau laptop saat digunakan gaming maupun editing dapat bekerja dengan baik, dibutuhkan kartu VGA. Saat ini, AMD menjadi salah satu VGA yang menguasai pasar. Sebab teknologinya yang lebih canggih dan lebih unggul dibandingkan merek lainnya.

Urutan Performa VGA AMD dari Tipe Terendah sampai Tertinggi

Terdapat beberapa tipe VGA AMD yang memiliki tingkatan performa. Kamu harus mengetahui urutan VGA AMD berdasarkan performanya. Jadi kamu bisa menemukan VGA yang tepat sesuai kebutuhan PC atau laptop yang digunakan.

Berikut ini urutan dari beberapa tipe VGA AMD berdasarkan performanya.

1. Urutan VGA AMD Radeon R-Series

Urutan VGA AMD Radeon R-Series

Untuk kebutuhan gaming, AMD menghadirkan R-series yang memiliki performa yang disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk seri VGA gaming AMD membawa 3 tipe sekaligus yang diberikan kode penomoran berbeda. Kode nomor di belakang R ini untuk mempermudah konsumen mengetahui tingkat performanya.

Adapun urutan tipe VGA AMD dari yang terendah sampai tertinggi untuk seri ini yaitu sebagai berikut.

AMD Radeon R5 Series

Urutan AMD Radeon R5 menjadi yang paling rendah diantara R-series lainnya. Sebab, memiliki performa paling rendah dan merupakan seri pertama yang dikeluarkan untuk R-series. Bagi kamu yang membutuhkan GPU untuk aktivitas gaming biasa, Radeon R5 sudah cukup bagus.

Oleh karena itu, biasanya kartu grafis ini digunakan pada laptop murah dengan spek entry level. Radeon R5 sangat cocok untuk bermain game biasa yang tidak memerlukan laptop dengan RAM tinggi.

AMD Radeon R7 Series

AMD Radeon R7 memiliki performa yang lebih baik dibandingkan pendahulunya. VGA ini sangat seimbang antara performa dengan harganya. Sebab, kartu grafis ini biasa digunakan untuk laptop kelas menengah.

Pada dasarnya, laptop yang sudah menggunakan Radeon R7 dapat digunakan untuk bermain berbagai jenis game. Hanya saja terbatas pada pengaturan dari low hingga medium. Jadi, Radeon R7 belum bisa digunakan untuk aktivitas gaming yang terlalu berat.

AMD Radeon R9 Series

Pada R-series, Radeon R9 menjadi level tertinggi dengan performa yang paling baik dibandingkan R5 dan R7. Kamu bisa menggunakan laptop dengan pilihan VGA Radeon R9 untuk aktivitas gaming yang berat.

Radeon R9 ini biasanya digunakan pada laptop khusus gaming yang memang membutuhkan spek tinggi. Jadi, untuk bermain game e-sport maupun game yang memerlukan pengaturan high akan berjalan dengan mulus.

2. Urutan Performa VGA AMD Radeon RX 500 Series

Urutan Performa VGA AMD Radeon RX 500 Series

Dibaut khusus untuk Gamer, VGA AMD Radeon RX 500 Series datang dengan banyak fitur Unggulan. Mendukung DirectX 12 dan Vulkan, sudah mendukung Teknologi AMD FreeSync, dan peningkatan Polaris Evolved.

Jika Anda penasaran dnegan performa dari kartu grafis gaming terbaik dari AMD ini, berikut kita ulas urutan performa VGA AMD Radeon RX 500 Series dari yang terendah hingga yang tertinggi.

VGA AMD Radeon RX 550

VGA Card gaming harga terjangkau unutk semua kalangan yang hemat daya dengan update pada kinerja gaming dan produktivitas. Pasalnya VGA AMD Radeon RX 550 sudah mendukung game di resolusi Full HD seperti Overwatch pada performa grafis High, Rocket League, DoTA 2 dan Counter Strike: Global Offensive pada settingan grafis Ultra.

VGA AMD Radeon RX 560

Untuk para pecinta game eSports yang membutuhkan pengalaman memainkan game online dengan mulus tanpa halangan dan ingin bermain game 3D terkini hingga resolusi 1080p, maka VGA Radeon RX 560 merpakan opsi yang direkomendasikan.

VGA gaming pc terbaik ini sanggup memberikan kinerja memainkan game di atas 60 FPS pada permainan populer terkini seperti Civilization VI, DOOM, Battlefield 1, dan Overwatch.

VGA AMD Radeon RX 570

Bagi gamer dengan layar resolusi Full HD 1080p, ada rekomendasi vga gaming terbaru dengan harga lebih murah di banding dengan VGA diatasnya, yaitu VGA AMD Radeon RX 570.

Karena VGA Radeon RX 570 sangat bagus untuk gamer yang ingin merasakan pengalaman memainkan game 3D populer terkini seperti Battlefield 1, DOOM, Sniper Elite 4 dan Resident Evil Biohazard di atas 60 FPS pada performa grafis ultra di resolusi 1080p.

VGA AMD Radeon RX 580

Untuk tipe Radeon RX 580 yang merupakan seri tertinggi kedua yang dibekali 36 compute unit dengan memori max 8GB GDDR5 dan base clocknya 1.257Mhz serta dapat di boost mencapai 1.340 Mhz.

VGA AMD Radeon RX 580 mampu bermain game untuk game AAA 3D populer di monitor resolusi 1440p dengan mulus di atas 60 FPS pada kualitas grafis tinggi. Radeon RX 580 juga sudah dibekali Premium VR Ready yang mampu menjalankan bermacam game Virtual Reality terbaru dengan tingkat framerate tinggi di atas 100 FPS.

VGA AMD Radeon RX 590

Bagi kalian yang mendambakan vga card yang dapat meningkatkan kinerja komputer PC dalam bermain game dengan settingan kualitas tinggi, vga gaming terbaik AMD Radeon RX 590 siap memenuhi keinginan Anda.

Performa bermain game AAA sangat mulus bisa diatas 60 FPS untuk berbagai game terbaru dengan settingan all max di resolusi Full HD 1080p.

3. Urutan Performa VGA AMD Radeon RX Vega Series

Urutan Performa VGA AMD Radeon RX Vega Series

VGA AMD Radeon RX Vega Series diperuntukan untuk para gamer yang ingin bermain game pada resolusi ekstrem, ketajaman gambar yang tinggi, dan fitur mutakhir yang terbaru. kartu grafis yang satu ini deibekali memori dengan kapasitas 8 kali lipat dari GDDR5.

Penasaran dengan kelebihan dan kekurangan dari Performa VGA AMD Radeon RX Vega Series ini? berikut kami berikan ulasan mengenai urutan performa VGA AMD Radeon RX Vega Series.

Radeon RX Vega 56

Radeon RX Vega 56 adalah salah satu kartu grafis gaming terbaru dari AMD yang mempunyai kemapuan tinggi untuk menunjang Anda dalam menjalankan game dengan pengalaman gaming yang maksimal.

Vga card gaming terbaik ini mempunyai nCU yang telah diupgrade jauh lebih baik lagi (1 nCU = 64 stream processors) untuk dapat berjalan pada kecepatan clock yang tinggi sehingga dapat memberikan pengalaman gaming yang ekstrim dengan menggunakan monitor yang didukung refresh rate dan resolusi tinggi.

Radeon RX Vega 64

VGA Card Radeon RX Vega 64 memungkinkan penggunanya merasakan pengalaman virtual reality penuh saat bermain game. Tidak hanya untuk game, Radeon RX Vega 64 delngkapi API seperti OpenCL dan OpenGL.

API ini bisa menggunakan prosesor 4096 GPU untuk memperlancar kinerja komputasi secara bersamaan yang memfaatkan sebagian dari beban pemrosesan dari prosesor. Vega 64 juga dilengkapi antarmuka memori 2048-bit dan bandwidth memori 484 GB/s.

4. Urutan VGA AMD Radeon RX 5000 Series

Urutan VGA Gaming AMD Terbaik RX 5000 Series

Biasanya, untuk mendapatkan kartu grafis gaming dengan performa tinggi harus merogoh kocek dalam. Namun, tidak dengan Radeon RX 5000 series yang dikeluarkan AMD ini.

Pasalnya, harga kartu grafis ini dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan kompetitornya. Bukan hanya menawarkan harga murah tapi juga beberapa keunggulan lainnya. Salah satu andalannya yaitu tidak memakan banyak daya.

Radeon RX 5000 series juga membantu kamu untuk bisa bermain game tanpa lag. Jadi, meskipun digunakan untuk game berat, kinerja laptop dapat berjalan dengan smooth. Apalagi series ini memberikan berbagai banyak fitur terbaru yang lebih canggih.

Beberapa fitur tersebut diantaranya anti lag, booster, image sharpening, dan lainnya. Berikut ini urutan VGA AMD 2021 untuk Radeon RX 5000 series dari tipe terendah sampai tertinggi.

Radeon RX 5500 XT

Tipe terendah pada RX 5000 series adalah RX 5500 XT. Namun, bukan berarti performanya kurang. Sebab, kamu bisa memainkan game dengan resolusi 1080p tanpa hambatan.

Radeon RX 5600 XT

Jika mencari VGA untuk PC kelas menengah maupun laptop khususnya untuk gaming, maka RX 5600 XT menjadi pilihan tepat. Pasalnya, kamu bisa memainkan banyak game dengan resolusi tinggi tanpa menghabiskan banyak daya.

Radeon RX 5700

Level VGA tertinggi untuk seri RX 5000 ini adalah RX5700 dan RX 5700 XT. Bahkan RX 5700 dapat menandingi salah satu VGA Nvidia terbaik, yaitu Geforce RTX 2600. Kamu bisa menikmati game berat dengan pengaturan tinggi tanpa masalah.

Radeon RX 5700 XT

RX 5700 XT juga tidak kalah bagusnya. Sebab, kamu bisa mendapatkan performa 1.5 kali lebih baik dibandingkan salah satu tipe Radeon RX Vega series.

Baik Radeon R7 series maupun RX 5000 series dapat menjadi salah satu pilihan saat mencari VGA dengan performa tinggi. Apalagi harga yang ditawarkan VGA AMD ini lebih murah jika dibandingkan dengan kompetitornya.

Kamu hanya perlu mengetahui spesifikasi dari setiap kartu grafis tersebut secara keseluruhan. Hal ini sangat penting untuk menemukan kartu grafis yang tepat sesuai kebutuhan.

Selain itu, pemilihan kartu grafis ini pun harus disesuaikan dengan spesifikasi laptopnya. Apalagi jika kamu membutuhkan VGA baru untuk memperkuat kinerja laptop/PC yang digunakan.

Demikian urutan VGA AMD berdasarkan performanya mulai dari tipe terendah hingga tertinggi saat ini. Kamu bisa menyesuaikan pemilihan VGA terbaik dengan kebutuhan serta budget yang dimiliki.

Deni Saputro
Seorang Blogger, Penulis Artikel dan Digital Marketer yang ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi wawasan lewat tulisan.