Bagus Manas? VGA AMD Radeon vs NVIDIA GeForce

Bagus Manas? VGA AMD Radeon vs NVIDIA GeForce

Ketika membeli laptop atau komputer, kamu pasti akan dihadapkan pada dilema memilih berdasarkan spesifikasinya. Selain melihat Prosesor salah satu yang paling umum dijadikan bahan pertimbangan adalah kualitas VGA.

VGA (Video Graphic Accelerator) adalah komponen yang berperan dalam mengolah gambar untuk ditampilkan di layar monitor komputer atau laptopmu. Ada prosessor tersendiri yang tersemat pada VGA Card yang sudah embed secara langsung dari produsennya, prosesor tersebut biasa disebut dengan GPU (Graphic Processing Unit).

Nah untuk hardware pengolah grafis ini, seringkali dipertanyakan bagus mana Nvidia GeForce vs AMD Radeon?  Pertanyaan ini memang lumrah dilontarkan karena kedua seri VGA ini sama-sama populer namun masih cukup banyak yang belum tahu bagaimana performa keduanya.  

Nvidia Geforce adalah salah satu seri VGA yang dihasilkan oleh produsen kartu grafis ternama, NVIDIA Corporation. Seri ini merupakan produk yang paling populer saat ini yang selalu disandingkan dengan AMD Seri Radeon sebagai saingan terberatnya.

Nah AMD Radeon sendiri adalah produk yang dikeluarkan oleh perusahan semi konduktor, AMD. Perusahaan ini memang dikenal memproduksi berbagai hardware komputer, seperti prosesor kualitas tinggi, AMD Ryzen dan seri lainnya. Seri Radeon sendiri merupakan produk VGA dari AMD yang paling populer saat ini dan menjadi lawan berat dari Nvidia Geforce.

Nah sebenarnya bagaimana perbandingan antara VGA Nvidia vs Radeon ini, siapa yang lebih baik? Untuk menjawab ini kami akan menjelaskan masing-masing perangkat ini dari berbagai sisi. Silakan berikut penjelasan perbandingan VGA NVIDIA Geforce VS AMD Radeon.

Nvidia Geforce VS AMD Radeon

Nvidia Geforce VS AMD Radeon

Seperti yang kami sampaikan tadi, kami akan membandingkan kedua perangkat ini dari beberapa aspek kondisi. Berikut penjelasannya:

1. Keperluan Gaming

Pengguna komputer atau laptop yang cukup concern pada kualitas VGA adalah para gamer. Karena unsur grafis cukup dibutuhkan untuk mendukung pengalaman bermain game menjadi lebih baik. Oleh sebab itu, dalam membandingkan Nvidia Geforce VS AMD Radeon juga perlu melihat bagaimana performa masing-masing saat digunakan untuk bermain game.

Nah jika dilihat dari performanya saat digunakan untuk kebutuhan gaming, Nvidia lebih unggul daripada Amd Radeon. Nvidia adalah VGA yang dibekali dengan fitur PhysX yang membantu untuk membuat detail dan efek visual pada game ditampilkan dengan lebih optimal. Jadi jika kamu mencari VGA karena mengejar kualitasnya saat melakukan aktivitas gaming, maka perangkat yang terintegrasi komponen VGA Nvidia di dalamnya bisa menjadi pilihanmu.

2. Keperluan Editing dan Rendering

Banyak yang berpendapat bahwa VGA Nvidia lebih unggul dari Amd dalam urusan editing, namun ternyata sebaliknya, AMD Radeon mengungguli Nvidia di masalah ini. Apalagi ketika kita membahas tentang Rendering, VGA AMD menang jika digunakan untuk menghandel proses rendering.

Kondisi ini bisa terjadi karena AMD membekali VGA-nya dengan berbagai Fitur dan Ekstensi pendukung yang dapat memaksimalkan kinerjanya dalam proses rendering. Salah satu fiturnya adalah Strema Prosesor yang memungkinkan GPU untuk memantau kerja CPU dalam mengkalkulasi pemrosesan data sehingga bisa menghasilkan video beresolusi tinggi yang berjalan mulus dan lancar.

selain itu, ada juga fitur UVD yang mampu  memaksimalkan proses pengolahan gambar, video, rendering, dan lain sebagainya. Di mana fitur ini belum dimiliki oleh Nvidia. Alhasil jika kamu sangat membutuhkan fungsi VGA dalam hal editing video dan rendering, maka AMD Radeon bisa jadi pilihanmu.

3. Daya Tahan

Selanjutnya masalah daya tahan, walaupun untuk hal ini dipengaruhi oleh cara pemakaian dan juga perawatan. Namun setidaknya kita bisa mengukurnya dari penawaran garansi dari kedua jenis ini. Nvidia Geforce menawarkan garansi di atas AMD Radeon, maka bisa dikatakan Nvidia lebih percaya diri dengan ketahanan produknya.

Secara umum memang produsen yang yakin dengan kualitas produknya cenderung lebih berani untuk memberikan garansi dengan jangka waktu yang lebih lama. Jadi apabila kamu cukup mementingkan aspek ketahanan ketika membeli barang maka Nvidia Geforce mungkin bisa jadi pilihan terbaik. Namun balik lagi ke tadi, semuanya tergantung dari cara pemakaian dan perawatannya.

4. Harga

Hal lain yang bisa menjadi bahan pertimbangan saat memilih VGA adalah perbandingan harganya. Walaupun tidak secara langsung mencerminkan bagaimana kualitasnya, namun tetap masalah harga menjadi faktor penting yang menentukan kecenderungan seseorang dalam menjatuhkan pilihannya.

Nah untuk urusan ini, AMD Radeon masih dibandrol dengan harga lebih murah dibandingkan Nvidia Geforce. Jadi jika kamu sangat memperhatikan budget ketika membali VGA, AMD Radeon adalah pilihan yang bisa lebih sedikit menghemat uang yang harus kamu keluarkan.

5. Directx

Directx atau disebut juga dengan Direct3D adalah kumpulan API yang berfungsi untuk menangani berbagai tugas terkait pemrograman multimedia, khususnya untuk perangkat dengan sistem operasi Microsoft Windows. Saat ini, Directx 12 masih menjadi versi tertingi dari Directx.

Nah jika dilihat dari tingkat support terhadap DirectX, AMD bisa dibilang menang. Tidak semua VGA Nvidia t mendukung directx 11 ke atas, sedangkan pada AMD, semua serinya sudah mendukung Directx 11.  Jadi jika kamu adalah seseorang yang mendalami bidang pemrograman dan membutuhkan support DirextX yang lebih baik maka kamu bisa memilih AMD Radeon.

Nah kira-kira itulah perbandingan Nvidia Geforce VS AMD Radeon, jika harus ditarik kesimpulan tak bisa ditentukan siapa pemenangnya. Tiap VGA mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing tergantung dari jenis kebutuhannya.

Jadi dikembalikan lagi padamu apakah akan memilih VGA Nvidia Geforce atau AMD Radeon, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan juga budget yang kamu miliki. Jadi jika kamu punya pilihan dua brand ini dengan level yang sama, hal yang perlu kamu lakukan adalah mencari yang paling cocok dengan kebutuhanmu.