Cara Memperbaiki Segitiga Drum Patah Pada Mesin Cuci Front Loading

Memperbaiki Segitiga Drum Mesin Cuci Patah

Cara Memperbaiki Segitiga Drum Mesin Cuci Front Loading Patah Mesin cuci front loading menggunakan tabung inner berbahan stainless yang pada bagian belakangnya disangga oleh segitiga dengan bahan metal cor.

Seiring usia penggunaan pada bagian segitiga drum atau sering disebut juga spider mesin cuci ini bisa mengalami kerusakan.

Kerusakan yang terjadi adalah pengapuran yang menyebabkan kreopos. Sehingga ketika digunakan apa lagi pada mode spin segitiga akan rawan patah.

Penyebab pengapuran atau keropos pada segitiga penyangga drum mesin cuci ini juga dipengaruhi oleh lingkungan yang menyebabkan pengeroposan terjadi lebih cepat.

Memperbaiki Segitiga Drum Patah Mesin Cuci Front Loading

Kondisi patah pada segitiga drum bisa diketahui dengan memperhatikan drum atau tabung mesin cuci, Anda bisa mengetahuinya saat membuka pintu,terlihat tabungnya tidak senter dan cenderung jatuh kebawah.

Begitu juga saat mesin cuci digunakan maka akan timbul suara yang sangat berisik dan ketika dibiarkan akan menimbulkan kerusakan yang lebih parah.

1. Bongkar mesin cuci

Kita tidak bisa langsung menyimpulkan kerusakan terjadi pada sigitiga drumnya, bisa saja mungkin yang rusak adalah bagian bearing.

Untuk itu kita harus melakukan pembongkaran pada mesin cuci front loading ini.

  • Lepas kawat seal pintu

kawat seal pintu mesin cuci front loading

Langkah pertama lepaskan kawat pengunci seal pintu menggunakan obeng dan tang cucut dengan hati – hati agar tidak merusak sealnya.

  • Lepas Body bagian Atas

Setelah terlepas maka buka bodi bagian atasnya. Biasanya terdapat baut pada tempat sabun dan pada bagian belakang hati – hati juga dengan modulnya.

  • Lepas selang

Setelah bodi bagian atas berhasil dibuka maka Lepaskan selang – selang yang menuju tempat deterjen seperti selang water inlet dan selang dari tempaat detergen ke tabung.

  • Lepas modul

Berikutnya lepas modul bersama covernya, kebudian lepas juga konektor jalur yang menuju modul mensin cuci ini dan simpan modul ditempat yang aman.

  • Lepas bodi depan

Sebelum melepas bodi terlebih dahulu lepaskan baut pada door lock dan juga dinamo filter pembuangan agar tidak mengganggu saat memlepas tabung.

Jika modul sudah dilepas maka akan terlihat baut – baut pada bodi depan mesin cuci. Pastikan semua terlepas. Lepas juga baut pada dinamo filter yang terletak pada bagian bawah.

Setelah semua terlepas maka tarik bodi depannya kemudian lepas juga karet sealnya. Setelah terlepas kita pindah ke bagian belakang.

  • Lepas puli dan vanbelt

Lepaskan cover bodi bagian belakang mesin cuci ini, Anda akan melihat puli dan vanbelt yang menghubungkan dengan dinamo mesin cuci.

Lepas puli beserta vanbeltnya untuk melepas tabung inner.

  • Lepas cover drum

Kembali kebagian depan, ketika Anda ingin menarik inner tabung stainlessnya akan terkedala dengan penutup tabung yang berbahan plastik melingkar maka kita harus melepasnya terlebih dahulu.

Lepaskan semua baut pada penutup tabung ini kemudian lepaskan dan taring inner tabungnya. Disini kita akan melihat seberapa besar kerusakan pada segitiga tabung.

2. Pemeriksaan dan Pembersihan

Setelah melihat kerusakan pada segitiga tabung maka bersihkan dulu pada bagian tempat segitiganya dari kerak dan dan kotoran lainnya.

Segitiga yang sudah mengalami kerusakan atau keropos tidak memungkinkan untuk diperbaiki atau dilakukan pengelasan mengingat material bahannya.

3. Perbaikan

Ada dua cara dalam memperbaiki mesin cuci ini yaitu dengan mengakali atau membuat sendiri segitiga tabung dengan bekas segitiga yang sudah rusak atau dengan menggantinya dengan yang baru.

Perbaikan dengan segitiga tabung bekas

Perbaikan ini bisa diakukan dengan cara pengelasan menggunakan as segitiga bekas. Jika Anda menggunakan metode ini Anda beberapa hal yang harus diperhatikan.

Pertama alat las dan bahan, jika Anda memiliki peralatan las, skil mengelas dan juga bahan maka cara ini bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran.

Bahan yang digunakan untuk penyambungan adalah besi holo, namun jika menggunakan bahan besi maka dalam jangga waktu 1 tahun biasanya akan timbul karat.

Karat ini bisa saja terbawa air dan berpengaruh pada kualitas cucian. Akan lebih baik jika menggunakan holo stainless.

Kurang lebih potongan besi yang digunakan tidak sampai 1 meter, namun jika kita membeli holo stainless minimal kita harus membeli satu batang holo stainless dengan panjang 3 meter/batang.

Sedang satu batang holo stainless harganya bisa 200 ribuan. maka dari itu disarankan membeli potongan holo  dibengkel las.

Untuk pembuatanya, pertama lepaskan as segitiga dari sisa keropos menggunakan gerinda obeng dan tang. Kemudian letakkan as segitiga ditengah seperti tempatnya semula.

Potong holo menjadi tiga bagian dan sesuaikan ukuran dengan tabung cucinya. kemudian pasang pada tempat segita tabung.

Kemudian gunakan batang holo atau kayu yang lurus dan datar letakkan disamping as setelah itu ambil siku dan letakan disamping as.

Ini dilakukan untuk mendapatkan as yang tegak lurus, dengan as yang tegak lurus atau senter maka saat diaplikasikan nanti pada mesin cuci tidak akan oleng.

Setelah as siku maka lakukan titik pengelasan pada sambungan as dan holo agar senter as tidak bergeser.

Setelah penitikan ambil as yang sudah tertitik batang holo kemudian lakukan pengelasan menyeluruh.

Tutup juga lubang holo dengan cara pengelasan menggunakan potongan plat.

Tutup holo ini nanti dibor sesuai dengan lubang baut segitiga yang berada ditepi tabung dan digunakan untuk mengunci segitiga tabung.

Setelah pengelasan selesai pasang kebali pada tabung dan baut pada ketiga ujungnya. Kemudian tabung siap dipasang kembali

Perbaikan dengan segitiga tabung baru

Menurut saya cara ini lebih direkomendasikan karena dengan membeli onderdil yang baru maka perbaikan yang dilakukan akan jauh lebih cepat.

Selain itu dengan penggunaan sparepart asli maka akan lebih presisi penempatannya sehingga ketika dijalankan nanti mesin cuci akan bekerja dengan stabil seperti mesin cuci baru.

Setelah segitiga baut terpasang kemudian pasang kembali puli dan vanbeltnya. Kemudian pasang slot kembali kabel slot yang menghubungkan modul.

Pengetesan

Setelah modul tersambung colokan listrik kemudian nyalakan mesin cuci pada settingan spin. maka kita akan melihat putaran tabungnya.

Untuk perbaikan dengan membuat segitiga sendiri jika dalam pembuatannya tidak benar-benar senter maka tabung akan oblak atau oleng dan efeknya akan membuat mesin cuci berisik dan bergetar tergantung seberapa parah olengnya.

Namun jika dilakukan seperti cara diatas maka kemungkinan oleng akan lebih kecil.

Itu tadi sedikit informasi mengenai cara perbaikan segitiga mesin cuci front loading yang bisa anda coba sendiri. Semoga artikel ini berguna untuk anda.

apa yang paling mahal didunia ini, FREEDOM