Cara Membuat Kompresor Angin dari Kompresor Kulkas Bekas

Modif Kompresor Kulkas Bekas jadi Kompresor Angin

Cara Modif Kompresor Kulkas Bekas jadi Kompresor Angin – Kulkas merupakan peralatan elektronik yang berfungsi untuk menjaga makanan dan minuman dalam suhu yang stabil sehingga membuatnya tetap fresh dan tidak mudah basi.

Namun seperti mesin buatan manusia pada umumnya kulkas bisa mengalami kerusakan yang mungkin disebabkan oleh usia kulkas yang sudah lama atau cacat pabrik dan mungkin juga karena kesalahan penggunaan dari pemakai kulkas tersebut.

Bagi mereka yang memiliki cukup uang, ketika kulkas mengalami kerusakan mereka lebih memilih untuk membeli kulkas yang baru karena mereka berfikir ketika melakukan servis mungkin kulkas bisa kembali rusak atau tidak bekerja sebagai mana mestinya.

Keadaan ini menjadi peluang bagi mereka yang memiliki usaha jual beli, servis maupun tukar tambah alat elektornik seperti mesin cuci, kulkas dan lainnya.

Karena tidak semua kulkasyang rusak mengalami kerusakan parah, sehingga bagi mereka yang mengetahui ilmunya bisa memperbaiki dan menjualnya dengan murah namun masih mendapatkan banyak keuntungan.

Sebagian lain dari limbah kulkas juga bisa dimanfaatkan untuk kanibalan atau suku cadang bekas untuk kulkas lainnya.

Salah satu komponen yang penting pada kulkas adalah mesin kompresor, bagi orang awam kumpulan kompresor kulkas bekas ini hanya tumpukan besi tua yang bisa dijual kiloan dan lilitan tembaganya juga akan dipotong dan dipisahkan untuk dijual dengan harga yang lebih mahal dari besi.

Cara Membuat Kompresor angin dari mesin kulkas

Namun bagi orang yang kreatif kompresor bekas kulkas ini bisa digunakan sebagai alat lain yang berguna untuk kebutuhan keseharian kita.

Dengan beberapa modifikasi kompersor kulkas bisa di ubah menjadi mesin gergaji, mesin kompresor untuk cat grafiti, menjadi pompa angin, cat semprot dan lainnya.

Dan untuk kali ini kami akan memberikan informasi tentang cara membuat kompresor bekas kulkas menjadi pompa angin sederhana sehingga kita tidak perlu repot menggunakan pompa manual.

Alat yang dibutuhkan

  • Kompresor kulkas bekas
  • Kabel stop kontak + klem
  • Pentil kompresor
  • Tang
  • Alat las + kawat tembaga
  • Selang manifol
  • Manifol pompa ban/ infator pompa ban

Pengerjaan

Pertama kita akan atur kelistrikannya, pastikan PCT dan Relay atau overload berfungsi normal kemudian siapkan kabel kontak yang ujungnya sudah dipasang dengan klem kemudian sambungkan pada kompresor.

sambungkan kabel listrik ke kompresor

Sambungkan pada listrik untuk mengetahui apakah pemasangan sudah benar dan kompresor berfungsi. Setelah berhasil kita lanjutkan untuk pengaturan pipa kompresornya.

Pada kompresor terdapat tiga pipa, 1 pipa hisap, pipa pengisian dan pipa hembus. Untuk pipa pengisian kita pasang pentil dan disambung dengan cara pengelasan.

Pipa pengisian dan hembus atau bekas pipa kondensor ini sama – meniupkan angin, jadi agar tekanan lebih kuat kita harus menutup salah satunya yaitu pipa hembus.

Jepit pipa hembus ini dengan tang kemudian kemudian potong agar lebih rapi setelah itu lakukan pengelasan pada ujungnya agar pipa ini tertutup rapat.

Kemudian siapkan selang manifol dan lebih baik menggunakaan selang yang lebih panjang. Sambungkan selang manifol dengan pentil kompresor sambung dengat erat agar tidak ada kebocoran.

inflator pompa ban kliniktekno

Kemudian ujung selang manifol satunya dipotong dengan tang atau pisau agar nanti bisa kita sambungkan dengan inflator pompa ban.

untuk inflator ban sendiri ada pilihannya, yang menggunakan manifol agar kita bisa mengetahui tekanan ban atau juga yang tanpa menggunakan manifol dengan harga yang lebih murah tentunya.

Setelah pemasangan selesai Anda bisa coba menggunakannya untuk memompa sepeda, motor, atau bahkan mobil Anda. Kekurangan pompa ini mungkin adalah Anda harus terus menghubungkannya dengan listrik ketika digunakan.

Beberapa orang memodifikasi kompresor kulkas ini dengan menyambungkan pada tabung freon sebagai stok udara, biasanya modifikasi ini digunakan untuk airbursh atau pengecatan agar angin tidak telat.

Namun modifikasi ini harus diperhatikan dengan benar khususnya pada las-lasan agar tidak terjadi kebocoran yang akan membahayakan.

modifikasi kompresor bekas kulkas
youtube.com

Ya mungkin itu tadi sedikit informasi dari kami untuk cara modifikasi kompresor kulkas bekas menjadi pompa ban.

Sebagai tambahan kompresor ini juga bisa digunakan sebagai vakum dengan menambahkan pentil pada pipa hisapnya.