Tips Memilih Mesin Cuci Yang Bagus Sesuai Kebutuhan

Memilih Mesin Cuci Yang Bagus

Tips Memilih Mesin Cuci Yang Bagus Sesuai Kebutuhan – Bagi sebagian orang pekerjaan rumah yang malas untuk dilakukan salah satunya adalah mencuci pakaian. Maka dari itu para produsen elektronik membuat peralatan untuk membantu memudahkan dalam melakukan pekerjaan ini.

Mesin cuci mulai diproduksi dengan tipe top loading dan front loading yang bisa Anda beli ditoko elektronik terdekat. Namun sebelum membeli mesin cuci ada baiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal penting agar tidak kecewa nantinya.

Karena mesin cuci akan sering kita gunakan apa lagi untuk kebutuhan rumah tangga atau juga mereka yang mau usaha laundry yang penggunaanya akan semakin sering.

Tips Cara Memilih Mesin Cuci Terbaik Sesuai Kebutuhan

Kadang kita masih bingung bagaimana memilih mesin cuci yang baik dan benar?, maka dari itu kami akan memberikan tips agar Anda bisa memilih mesin cuci yang sesuai sehingga awet dan bisa digunakan tahan lama.

1. Daya listrik

Daya listrik PLN
bukalapak.com

Untuk penggunaan mesin cuci rumah tangga daya paling besar sekitar 130 wat sampai 300 watt jadi daya listrik yang direkomendasikan adalah 900 watt.

Namun jika listrik dirumah anda hanya sekitar 450 watt penggunan mesin cuci masih bisa dilakukan namun tentunya harus bergantian dengan alat elektronik lainnya.

2. Pasokan Air

pasokan air
liputan6.com

Jika dirumah Anda mudah untuk mendapatkan air maka tentunya tidak perlu khawatir untuk memilih mesin cuci. Namun bagi Anda yang perlu untuk menghemat air Anda perlu memilih jenis mesin cuci yang benar – benar sesuai.

Ada 3 jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci top loaading 1 tabung, top loading 2 tabung dan juga mesin cuci front loading. Dari ketiga jenis ini mesin cuci top loading 1 tabung yang paling boros dalam kebutuhan airnya.

Untuk mesin cuci 2 tabung kita bisa mengatur kapasitas airnya karena pengisiannya dilakukan secara manual. Dan jika Anda membutuhkan mesin cuci yang hemat air Anda bisa menggunakan mesin cuci front loading atau pintu depan.

Jika Anda memilih untuk menggunakan mesin cuci top loading 1 tabung dan juga front loading maka sebaiknya Anda harus sudah memiliki penyimpanan air atau tandon air karena air yang masuk pada mesin cuci ini sudah otomatis.

Jika air yang masuk tidak lancar akan mempengaruhi kinerja mesin cuci dan bisa juga beresiko membuat mesin cuci mengalami kerusakan.

3. Body rangka mesin cuci

body mesin cuci
bukalapak.com

Faktor lingkungan juga bisa mempengaruhi keawetan dari mesin cuci. Jika suhu lokasi tempat mesin cuci panas dan lembab maka akan mengurangi daya tahan mesin cuci.

Body material plastik akan lebih awet dan tidak akan terjadi pengereposan di tempat yang lembab, namun jika suhu ruang stabil dan tidak lembab body besi akan lebih kokoh dan tidak getas.

4. Kepraktisan

Mesin cuci 2 tabung menggunakan sistem semi otomatis dimana kita masih harus memindahkan cucian secara manual dari bilas ke tabung pengering.

Bagi Anda yang benar benar sibuk atau membutuhkan waktu istirahat yang lebih lama tentunya ini akan cukup menggangu shingga mungkin akan lebih cocok jika menggunakan mesin cuci otomatis seperti tipe top loading dan front loading.

5. Kapasitas

Salah satu yang penting juga adalah memperhitungkan adalah kapasitas mesin cuci, Untuk kebutuhan rumah tangga mesin cuci dengan kapasitas minimal 6 – 8 kg sudah mencukupi untuk kebutuhan mencuci dirumah.

Namun untuk kebutuhan usaha laundry kami menyarankan menggunakan mesin cuci dengan kapasitas besar seperti mesin cuci front loading dan top loading 1 pintu.

Sebagai perbandingan berikut kami berikan contoh banyak cucian/kapasitas mesin:

  • Mesin cuci berkapasitas 5 kg menampung 25 kaos / kemeja katun
  • Mesin cuci berkapasitas 6 kg menampung 30 kaus / kemeja katun
  • Mesin cuci berkapasitas 7 kg menampung 35 kaus / kemeja katun
  • Mesin cuci berkapasitas 8 kg menampung 40 kaus / kemeja katun
  • Mesin cuci berkapasitas 9 kg menampung 45 kaus / kemeja katun
  • Mesin cuci berkapasitas 10 kg menampung 50 kaus / kemeja katun
  • Mesin cuci berkapasitas 14 kg menampung 70 kaus / kemeja katun

6. Kebutuhan

Untuk memilih mesin cuci juga harus diperhatikan kebutuhan kita, untuk kebutuhan rumah tangga paling gampang dan murah mesin cuci 2 tabung sudah cuckup mumpuni dan juga tidak terlalu boros air atau penggunakan mesin cuci top loading 1 tabung jika ingin lebih praktis.

Jika untuk kebutuhan usaha laundry maka yang paling baik adalah mesin cuci front loading, bukan berarti tipe lain jelek tapi mesin cuci front loading membutuhkan sedikit air dan dan daya listrik yang sama dengan tipe lainya.

Hal tersebut tentunya akan bisa menekan biaya untuk kebutuhan air.

7. Garansi servis

garansi mesin cuci
kaskus.co.id

Memilih mesin cuci dengan garansi yang panjang tentunya akan lebih baik untuk mengantisipasi kerusakan yang terjadi pada mesin cuci.

Mesin cuci dengan garansi panjang biasanya juga memiliki kekuatan mesin yang lebih baik. Biasanya produsen mesin cuci memberi garansi resmi untuk servis dan sparepart selama 1 tahun dan garansi dinamo mesin antara 3 sampai 7 tahun.

Belilah mesin cuci yang mereknya umum dijumpai dipasaran karena tentunya akan lebih mudah untuk servisnya.

8. Bugdet

bugdet uang mesin cuci
kaskus.co.id

Setelah kita melakukan banyak pertimbangan maka sebelum membeli mesin cuci pastinya kita harus menyiapkan uang untuk membeli mesin cuci tersebut.

Maka pertimbangkan untuk menyiapkan minimal dan dan maksimal bugdet yang akan Anda keluarkan sesuai dengan mesin cuci yang Anda butuhkan.

9. Toko terpercaya

toko elektronik
denpasarkota.go.id

Setelah Anda menyiapkan bugdet dan mempertimbangkan mesin cuci  sesuai kebutuhan dari penjelasan diatas maka kemudian belilah mesin cuci ditoko yang memiliki reputasi bagus sehingga jika ada keluhan bisa ditangani dengan baik.

Mungkin itu saja informasi yang bisa kami berikan untuk Anda cara memilih mesin cuci yang bagus dan awet sesuai dengan kebutuhan Anda, semoga artikel ini membantu.