10 Cara Menghilangkan Bau pada Kulkas

Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap pada Kulkas

10 Tips Menghilangkan Bau pada Kulkas – Penggunaan mesin pendingin seperti kulkas sudah menjadi hal lazim dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Dari mereka yang menggunakan kulkas untuk usaha maupun skala rumah tangga.

Banyak makanan yang tadinya hanya layak konsumsi dalam satu sampai dua hari menjadi awet dan segar lebih lama. bahan makanan atau minuman yang disimpan didalam kulkas bermacam – macam dan setiap makanan pastinya memiliki bau khas yang berbeda – beda.

Beberapa makanan yang disimpan didalam kulkas kadang memiliki bau tajam yang ketika dimasukan kedalam kulkas baunya akan menyebar keseluruh ruang kulkas.

Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap pada Kulkas

Hal ini sering dialami pada kulkas 1 pintu yang memang rata – rata belum memiliki fitur anti bacteria yang mampu menghilangkan bakteri dan bau tidak enak.

Pada kulkas 2 pintu yang sudah memiliki fitur anti bakteri juga kadang bau tidak sedap masih muncul dan untuk mengatasi hal ini kami akan mencoba memberikan tips – tips untuk menghilangkan bau yang tidak sedap pada kulkas Anda.

1. Pengaturan Suhu Kulkas

Yang pertama adalah mengatur suhu pada kulkas. Banyak yang kurang tahu jika suhu didalam kulkas bisa mempengaruhi penyebaran bau. Semakin dingin suhu kulkas maka bau yang timbul akan semakin cepat menyebar.

Jadi Naikan suhu yang cukup dingin ketika ingin membekukan air atau bahan makanan, namun ketika pembekuan sudah terjadi mulai kembalikan pada suhu standart di angka 3.

2. Perawatan rutin Kulkas

Rawatlah kulkas dengan melakukan pembersihan secara rutin agar tidak timbul bakteri dan bau yang tidak sedaap. Meskipun beberapa kulkas sudah memiliki fitur anti bakteri namun pembersihan masih harus dilakukan.

Sebaiknya keluarkan semua isi kulkas dan bersihkan secara menyeluruh, lakukan setiap 2 minggu sekali.

3. Kopi bubuk

kopi bubuk
shopee.co.id

Selain yang kita ketahui bahwa kopi adalah minuman yang memiliki citarasa khas yang banyak disukai masyarakat kita, ternyata kopi memiliki manfaat lainnya.

Aroma wangi bubuk kopi mampu menetralisir bau yang tidak sedap, bahkan seperti telur yang jatuh kelantai yang pasyinya akan menimbulkan bau amis namun jika kita taburkna kopi maka bau amis akan hilang.

Begitu juga jika diterapkan pada ruangan kulkas. Anda tinggal menaruh bubuk kopi pada wadah kering seperti piring kemudian menaruhnya didalam rak kulkas maka bau – bau yang menggangu akan hilang dengan sendirinya.

4. Baking Soda

baking sodaSeperti yang kita ketahui baking soda merupakan bahan pengembang dalam pembuatan roti, namun manfaat lainnya dari baking soda ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau didalam kulkas.

Cara cukup mudah, Anda tinggal menaruh baking soda pada sebuah wadah dan menaruhnya pada rak kulkas tutup kulkas dan biarkan maka bau akan berangsur hilang.

5. Vanili

vanilla
https://www.femina.co.id/

Satu lagi bahan pembuat kue yang bisa dijadikan sebagai penangkal bau tidak sedap pada kulkas adalah vanili. Cara penggunaannya juga cukup mudah.

Larutkan vanili dengan sedikit air kemudian siapkan kapas dan celukan pada larutan vanili. Kemudian letakan lembaran – lembaran kapas tadi didalam kulkas.

setelah itu tutup kulkas dan biarkan selama seharian maka bau – bau tidak sedap didalam ruang kulakas akan hilang.

6. Lemon

https://kantongsayur.com/

Buah lemon mempunyai aroma segar sehingga dan juga kesat sehingga sering juga digunakan pada cucian piring pada acara hajatan untuk menghilangkan bau dan minyak.

Jika Anda menyimpan ikan laut atau makanan lain di freezer kemungkinan besar akan timbul bau yang kurang sedap maka lemon ini bisa menjadi solusi.

Caranya cukup mudah, peras beberapa lemon dan letakan air perasannya pada mangkok. Kemudian taruh perasaan lemon tadi pada freezer maka aroma lemon akan menyebar dan menhilangkan bau pada kulkas.

7. Cuka/Vinegar

cuka vinegarCuka adaalah bahan pendamping makanan eperti baso dan soto, rasanya yang asam akan menambah citra rasa sedap pada masakan. Namun ternyata cuka juga memiliki manfaat lain sebagai penghilang bau kulkas Anda.

Caranya penggunaannya adalah dengan menyiapkan air hangat pada sebuah wadah ember kecil atau baskom kemudian campurkan cuka didalamnya.

Kemudian siapkan kain lap dan masukan kedalam air hangat yang sudah dicampur cuka tadi. Setelah itu gunakaan untuk mengelap dan mengosok dinding dalam kulkas secara menyeluruh.

8. Garam

Satu lagi bumbu masakan yang sangat mudah didapatkan dan mampu untuk menghilangkan bau dan bakteri didalam kulkas Anda yaitu garam.

Caranya cukup mudah, ambil segenggam garam kemudian masukan kedalam air hangat sebanyak kurang lebih 4 liter. Kemudian gunakan spon pencuci piring untuk membersihan ruangan pada kulkas yang sebelumnya suddah dicelupkan pada larutan garam tadi.

9. Jeruk

Jeruk hampir sama dengaa lemon yang bisa digunakan untuk menghilangkan baru yang tidak sedap pada kulkas Anda. Caranya cukup dengan memotong jeruk menjadi beberapa bagian tanpa membuang kulitnya kemudian letakkan semalaman didalam kulkas.

10. Arang

arang
alibaba.com

Kita mungkin biasa menggunakan arang untuk memanggang saat membuat sate namun ternyata arang juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau kulakas yang tidak enak.

Jika Anda mungkin membeli kulkas bekas mungkina ketika baru digunakan akan ada bau yang tidak sedap dari dalam kulkas. Untuk solusinya Anda bisa menggunakan arang dengan menaruhnya pada mangkok dan taruh didalam kulkas.

Kemudian setting suhu pada angka 1 dan tutup kulkas tersebut setelah itu biarkan selama kurang lebih 3x 24jam maka bau – bau yang mengganggu dari kulkas ini akan teratasi.

Itu tadi 10 tips dan cara mudah untuk menghilangkan bau yang tidak sedap pada kulkas yang bisa Anda praktekkan dirumah. Semoga informasi ini membantu.