Penyebab Pipa AC Split muncul Bunga Es dan Perbaikannya

Pipa AC Split ada Bunga Es

Penyebab Pipa AC Split muncul Bunga Es dan Cara Mengatasi –Pengunaan AC dalam jangka waktu yang sudah mencapai 10 tahunan biasanya akan ulai timbul kendala akan tetapi ini juga tergantung dari perawatan penggunannya.

Kendala itu bisa juga terjadi karena perbaikan yang kurang sempurna jika sebelumnya AC tersebut pernah mengalami kerusakan.

Semetara pada waktu – waktu ini juga biasanya masa garansi dari AC sudah habis.

Salah satu masalah yang terjadi pada AC split wall adalah munculnya bunga es atau salju yang menyelimuti pipa pada unit AC outdoornya.

Pipa AC Split muncul Bunga Es dan Perbaikannya

Jika kita memperhatikan, pada unit AC outdoor ini kita akan melihat dua pipa yang jalurnya masuk menuju AC indoornya.

Dan pipa ini terdiri dari dua buah pipa dengan ukuran yang berbeda.

Salah satu pipa berukuran kecil sedangkan pipa yang kedua berukuran lebih besar dan berada diatas pipa kecil ini.

Pipa yang berukuran kecil sebagai jalur freon yang dipompa dari kompresor menuju evaporator yang berada pada AC inddor.

Sedangkan pipa besar diatasnya yang akan menyedot kembali freon menuju ke kompresor dan proses ini akan berjalan berulang – ulang ketika AC bekerja.

Dan untuk masalah yang terjadi pada pipa ini adalah munculnya salju atau bunga es dan sering juga disebut dengan istilah ngeblok.

Pada beberapa kasus bunga es ini muncul hanya pada pipa kecil saja, namun ada juga yang mengalami munculnya bunga es pada pipa besar saja atau ada juga yang muncul bunga es di kedua pipanya.

Dan bunga es ini mulai muncul di saat mesin AC bekerja dan ketika AC dimatikan maka bunga es ini akan mencair.

Jadi bisa dikatakan kondisi ini muncul saat kompresor bekerja yang artinya ketika srikulasi freon berjalan.

Penyebab Pipa AC muncul Bunga Es

Ada beberapa penyebab yang membuat pipa AC Outdoor mengalami ngeblok atau muncul bunga es yang diantaranya adalah

  • Freon kurang

Salah satu penyebab dari munculnya bunga es adalah karena freon dalam sirkulasi AC berkurang karena adanya kebocoran.

Kebocoran ini bisa terjadi karena setelah pengisian freon kurang kencang dalam mengencangkan bautnya atau mungkn lupa karena baut ini terletak didalam sekrup.

  • Instalasi AC

Pemasangan instalasi AC yang kurang benar bisa juga menyebabkan kendala pada AC seperti munculnya bunga es pada pipa AC.

  • Blower AC rusak

Blower atau kipas pada AC indoor memiliki fungsi utnuk menyemburkan suhu dingin dari evaporator agar udara tersebar ke seluruh ruangan.

Apabila blower ini tidak berfungsi maka pemindahan suhu dingin ini tidak akan berfungsi maksimal sehingga bisa menyebabkan evaporator sampai pipa menjadi beku atau muncul bunga es.

  • Unit AC indoor dan outdoor kotor

Kondisi AC yang jarang dirawat menyebabkan AC ini kotor, dan hal ini jugalah yang akhirnya bisa menjadi penyebab munculnya bunga es pada pipa AC.

AC yang kotor akan menghambat sirkulasi udara pada AC terutama pada bagian filter AC nya sehingga suhu pada evaporator tidak dibagikan dengan lancar.

Hal ini yang kemudian menyebabkan udara dingi terjebak dan evaporator timbul bunga es sampai pada pipa AC.

Pemeriksaan dan perbaikan

Setelah kita mengetahui penyebab munculnya bunga es yang menjadi tanda juga bahwa kondisi AC sedang bermasalah maka selanjutnya kita akan melakukan pemeriksaan.

Pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui penyebab pasti dari munculnya bunga es agar kemudian bisa melakukan perbaikan.

Sebelumnya persiapkan dahulu alat – alat yang akan digunakan seperti ampere meter, obeng kunci dan lainnya.

  • Bersihkan AC

Pertama cek pada instalasinya seperti pemasangan pipa dan lainnya. lakukan instalasi ulang jika ada instalasi bermasalah.

Jika AC dalam keadaan kotor maka lakukan perawatan dengan cara membersihkan bagian – bagian AC indoor maupun outdoornya.

Pada AC indoor, bongkar bodinya kemudian bersihkan filter dan semprot pada evaporatornya.

Dan yang paling penting saat membersihkan adalah jangan sampai mengenai kelistrikan atau modul pada AC indoor tersebut.

Setelah pembersihan AC indoor lakukan juga pembersihan pada unit outdoornya, semprot dan bersihkan kondensor, kipas, dan kisi – kisinya.

Setelah semua selesai dibersihkan maka tes dengan menyalakan AC kemudian tunggu dan lihat apakah bunga es masih muncul, jika iya maka kita akan coba periksa bagian lainnya.

  • Ganti blower

blower ac indoor

Dalam kondisi AC menyala pasang ampere meter untuk mengetahui ampere normal atau tidak.

Misal normal ampere AC 2,5 ampere dan pada layar amperemeter menunjukan angka yang sama maka freon kondisinya normal.

Dan masalahnya adalah ketika amperenya normal namun masih timbul bunga es maka kita bisa lakukan pengecekan pada kipas indoornya apakah mati atau menyala.

Jika diperiksa swing bergerak namun tidak ada hembusan angin yang muncul maka bisa adipastikan bahwa ada kerusakan yang terjadi pada kipas indoor tersebut.

maka lakukan penggantian dengan kipas indoor yang baru. Setelah kipas yang baru dipasang biasanya bunga es pada pipa akan hilang dengan sendirinya.

  • Pengecekan dengan ampere meter

cek ac dengan ampere meter

Namun apabila ampere normal 2,5 ampere dan saat pengecekan hasilnya 2.0 ampere maka bisa dipastikan kulkas ini mengalami kebocoran dan akhirnya kurang freon yang menyebabkan munculnya bunga es.

Persiapkan alat untuk pengisian freon pada AC. Pengisian freon pada AC lebih mudah dibandingkan pengisian freon pada kulkas karena untuk kulkas harus melakukan pengelasan.

Apalagi saat ini juga sudah praktis karena untuk freon sendiri sudah ada dalam kemasan kalengan yang mudah dibawa dibanding membawa tabung gas.

  • Penambahan Freon

Penambahan freon akan menyebabkan tekanan pada sirkulasi AC bertambah dan ini juga yang otomatis membuat ampere naik.

pengisian freon ac

Sebagai patokan saat pengisian, perhatikan layar pada ampere meter isi sampai ampere meter naik sesuai dengan ukuran standart pada AC.

Jika sudah maka jangan lupa untuk mengencangkan baut di niple sambungan pipa AC tersebut agar freon tidak bocor.

Setelah pengecekan dan perbaikan pada ac sampai langkah terakhir ini seharusnya AC sudah kembali normal dan tidak ada lagi kemunculan bunga es pada pipa AC.

Dan mungkin itu saja informasi yang bisa kami bagikan mengenai penyebab pipa ac ngeblok dan cara pemeriksaan serta perbaikannya.

Semoga artikel ini bisa membantu bagi Anda yang mengalami permasalah pada AC split.

apa yang paling mahal didunia ini, FREEDOM