Peralatan Wajib Teknisi Servis AC dan Fungsinya

alat servis ac split

Peralatan Teknisi AC lengkap dan Fungsinya – Bagi mereka yang bekerja didunia jasa servis elektronik tentunya menguasai dalam perbaikan Alat – alat elektronik menjadi sebuah keharusan, entah itu TV, kulkas mesin cuci, AC dan lainnya.

Jika ingin menjadi teknisi biasanya ada kursus yang bisa kita ikuti, namun ada juga yang ikut mereka yang sudah terjun menjadi teknisi yang akan lebih banyak praktek secara langsung.

Semua itu tergantung cara mereka belajar yang pasti semakin banyak belajar dan praktek akan memperkaya ilmu dan pengalaman.

Peralatan Teknisi AC lengkap dan Fungsinya

Salah satu peralatan yang harus dipelajari untuk bisa melakukan perbaikan adalah AC. Untuk menjadi teknisi AC tentunya kita harus mempelajari dan mengetahui komponen – komponen dari AC dan cara kerjanya.

Dan setelah menguasai komponen dan sitem kerja AC, baru kemudian kita mempelajari cara perbaikan AC. Salah satu penunjang teknisi AC bisa bekerja dengan baik adalah dari peralatannya yang memadai untuk melakukan servis AC.

Pekerjaan servis AC lebih sering dilakukan ditempat, sehingga harus dipastikan peralatan yang dibawa benar – benar lengkap. Untuk artikel kali ini kita akan membagikan informasi, alat apa saja yang digunakan para teknisi AC dalam melalukan perbaikan dan fungsi dari alat tersebut.

1. Thermometer

thermometer industri

Untuk alat ini saya yakin kita semua pasti tau thermometer yang merupakan alat pengukur suhu yang memiliki satuan farenheith dan celcius.

Untuk kebutuhan servis AC, thermometer digunakan untuk mengukur suhu yang ada di dalam refrigerator.

Thermometer manual menggunakan air raksa dan ada juga yang menggunakan sensor termal dengan layar digital. Para teknisi disarankan menggunakan memakai thermometer digital dan mempunyai bulb yang pipa kapilernya panjang.

Peralatan Cuci AC

Alat ini menjadi yang rutin digunakan karena perawatan rutin biasa dilakukan untuk menjaga AC tetap awet dan berfungsi maksimal.

Peralatan cuci AC ini menggunakan beberapa alat yang diantaranya sebagai berikut.

2. Steam

steam ac
shopee.co.id

Alat steam atau pompa air yang digunakan untuk menyemprot bagian – bagian dan celah pada unit AC yang sulit dijangkau, seperti pada evaporator blower dan bagian lainnya.

3. Plastik penampung air

plastik steam AC
shopee.co.id

Plastik ini berupa kantong besar yang bisa kalian beli maupun dibuat sendiri. plastik ini dipasangkan pada unit AC indoor. Fungsinya sebagai penampung air ketika AC disemprot atau dibersihkan dengan air bertekanan, sisa airnya tidak membasahi lantai.

Dibagian ujung dari kantong air ini terdapat lubang yang bisa disambung dengan selang untuk mengalirkan air keluar.

Peralatan pembersihan

Alat-alat lainnya adalah yang digunakan untuk membersihkan komponen AC split seperti filter dan lainya. Biasanya menggunakan alat seperti sikat, sabun, busa cuci dan kanebo.

4. Dental Mirror

dental mirror

Alat ini bentuknya seperti yang digunakan oleh dokter gigi. bentuknya seperti pengangan sikat gigi dengan bahan metal dan ujungnya berupa cermin bulat.

Alat ini juga sudah dilengkapi dengan lampu dan berfungsi untuk melihat bagian – bagian instalasi AC yang sulit dilihat.

5. Gauge Manifold

Gauge Manifold AC
shopee.co.id

Alat ini terdiri dari kepala manifol yang berfungsi untuk mengukur tekanan freon pengisian, dan tekanan yang masuk dan keluar dari kompresor.

Jenis manidol ini ada banyak namun intinya manifol memiliki dua bagian untuk tekanan rendah dan tekanan tinggi yang bisa dibedakan dengan warnanya.

Untuk tekanan rendah memiliki warna biru sedangkan tekanan tinggi menggunakan warna merah. Kemudian bagian lainnya ada selang dan juga niple untuk menyambungkan dengan pipa AC saat pengisian freon maupun proses vaccum.

6. Pompa Vakum

Pompa Vakum

Pompa vaccum ini sama dengan alat yang digunakan pada mesin kulkas. penggunaannya untuk melakukan vaccum pada sirkulasi jalur freon.

Proses vaccum ini dimaksudkan untuk menghilangkan semua kotoan dan dan air yang tertinggal didalam pipa. proses vakum ini dilakukan selama kurang lebih 30 menit.

Dan saaat proses ini dilakukan perhatikan tekanan di gauge manifold, setelah jarum manifol menunjukan pada skala – 30 inci atau -760 mmHg/0 mb (milibar) maka vaccum dihentikan.

7. Tang Amperemeter

amper meter tang ampere
shopee.co.id

Seperti namanya, tang meter ini digunakan untuk mengukur nilai ampere pada kelistrikan AC. Tekanan freon berpengaruh pada tinggi ampere pada AC.

Selain itu alat ini juga bisa menghitung hambatan dan tegangan pada AC dan alat elektronik lainnya.

8. Las

Pengelasan pada instelasi AC dilakukan untuk mengatasi kebocoran atau melakukan penyambungan pipa menggunakan kwat perak atau tembaga.

Pengelasan ini bisa menggunakan alat las portabel maupun menggunakan las acetylin.

9. Leak detector

Leak detector alat dekteksi kebocoran AC
shopee.co.id

alat ini digunakan untuk mendeteksi adanya kebocoran freon pada instalasi AC. Namun banyak juga para teknisi menggunakan cara yang murah yaitu dengan menggunakan sabun cuci piring.

Sabun ini ditaruh pada busa cuci kemudian diremas sampai penuh dengan busa dan dioles pada bagian yang kira – kira mengalami kebocoran. Jika ada bagian yang bocor maka akan muncul gelembung karena adanya tekanan dari dalam sirkulasi AC.

10. Pemotong Pipa

Pemotong pipa tembaga ini sama juga dengan yang digunakan pada kulkas, hanya saja pada AC pipa yang digunakan memiliki ukuran yang jauh lebih besar.

Pipa ini terdiri dari roller dan piringan pemotong, pipa yang akan dipotong tinggal dimasukkan atau diletakkan diantara roller kemudian dikencangkan.

Setelaah kencang alat ini diputar, lakukan berulang sampai pipa terpotong. Yang harus diperhatikan setelah pemotongan adalah bersihkan bekas potongan dan jangan sampai serpihannya masuk kejalur freon.

11. Refrigerant / Freon

Freon merupakan cairan pendingin yang sangat penting dala proses kerja AC dan alat pendingin lainnya. Ada banyak jenis freon dan yang sering digunakan pada AC ada jenis freon R134a dan R32.

Pastikan saat pengisian sesuai dengan freon yang tercantum dalam spesifikasi AC yang akan diperbaiki.

12. Flaring tool

Flaring tool AC
shopee.co.id

Pembesar Pipa / Swaging tool / flaring tool digunakan untuk memperlebar diameter pipa khususnya pada ujung pipa. hal ni dilakukan saat akan melakukan penyambungan pipa.

Karena jika pipa hanya ditempel lalu disambung maka kawat las akan mudah masuk kedalam pipa dan akan susah membuat sambungan yang rapat.

13. Bending tool

Bending tool AC
shopee.co.id

Pipa tembaga apabila dibengkokan manual justru akan menjadi pipih sehingga perputaran freon akan terganggu nantinya, bahkan jika sedang apes malah bisa patah.

maka alat ini bisa digunakan untuk menanggulangi masalah tersebut karena Bending tool digunakan untuk membengkok pipa dengan dimeter kecil dengan rapi.

14. Pinch Off Plier

tang jepit pipa

Alat ini biasa disebut tang penjepit digunakan untuk menjepit pipa agar buntu dan gas freon tidak keluar. Tang penjepit ini memiliki pengunci sehingga ketika pipa disepit erat maka saat dilepas tang akan tetap mencepit.

Untuk pengaturan penjepitnya bisa diatur pada salah satu ujung pegangan.

15. Mesin 3R

Dan terakhir ada satu mesin yang digunakan untuk, Recycle, Recharging dan Recovery. mesin ini akan mendaur ulang gas freon, memisahkannya dengan kotoran padat dan oli atau minyak lainnya.

Freon yang disaring ini akan ditampung oleh meisn sehingga tidak ada freon yang terbuang ke udara.

Mungkin itu saja informasi yang bisa kami berikan tentang alat – alat yang digunakan oleh teknisi untuk perbaikan AC.

apa yang paling mahal didunia ini, FREEDOM