Fungsi Overload pada AC, Ciri Kerusakan dan Perbaikan

Fungsi Overload pada AC, Ciri Kerusakan dan Perbaikan

Fungsi Overload pada AC Ciri Kerusakan dan Perbaikan – Mungkin Anda pernah merasakan AC dirumah anda tidak terasa dingin namun AC menyala, kemungkin bisa saja karena kerusakan terjadi overload AC tersebut.

Overload yang rusak akan memutus arus menuju kompresor sehingga kompresor tidak bekerja. Ketika kompresor tidak bekerja maka sirkulasi freon tidak akan berjalan sehingga proses pendinginan tidak terjadi.

Fungsi Overload pada AC, Ciri Kerusakan dan Perbaikannya

Overload pada AC split wall terletak pada unit outdoornya, dan biasanya untuk ukuran AC dengan PK 1/2 sampai 1 pk overloadnya terletak diatas mesin dinamo kompresor.

Sedangkan untuk AC dengan kekuatan diatas 2 PK biasanya overload yang digunakan sudah internal atau berada didalam kompresor. Untuk setiap PK nya overload juga memiliki ukuran tersendiri.

overload ac

Misal AC 1/2 pk menggunakan 0,5 hp atau 1 pk menggunakan overload 1,0 hp namun ini juga tergantung dari pabrikan AC tersebut karena bisanya terdapat kode yang tertulis di overload tersebut.

Jika kita kurang mengerti dan ingin mengganti overload yang mengalami kerusakan maka kita bisa membeli di toko spare part AC dengan patokan PK AC yang digunakan.

Misal AC dirumah Anda 1 pk maka Anda bisa bilang ke penjual jika ingin membeli over load untuk AC split 1 pk, maka penjual pastinya sudah mengerti ukuran overload ang digunakan

Ketika AC sedang bekerja dan ada lonjakan listrik yang berlebih maka overload ini akan mendekteksi kemudian akan memutus arus listrik agar tidak masuk ke mesin kompresor supaya tidak terjadi kerusakan pada dinamo atau kumparannya.

Fungsi Overload pada AC

Jadi Overload ini sendiri berfungsi sebagai pengaman dari lonjakan arus listrik tinggi sehingga bisa melindungi dinamo kompresor dari kerusakan.

maka bisa dikatakan overload ini seperti fuse atau sekering juga fungsinya, tapi untuk overload selain listrik alat ini ini juga mendeteksi panas berlebih pada pada kompresor.

jika panas berlebih maka overload akan memutus arus dan ketika kompresor sudah berada pada kondisi normal maka akan menyala kembali.

Oleh karena itu walapun bentuknya kecil namun adanya overload ini akan sangat penting untuk keamanan AC split yang Anda gunakan.

Ciri – ciri overload AC Rusak

Setiap komponen pasti bisa saja mengalami kerussakan, begitu juga pada overload sebagai salah satu komponen AC.

Secara fisik kerusakan pada overload bisa diketahui dengan melakukan pengetesan fisik.

Untuk mengetahuinya lepaskan overload dari kompresor kemudian kocok atau goyangkan overload dengan tangan sambil dengarkan.

Jika ada suara benda didalam overload berarti bisa dipastikan overload tersebut mengalami kerusakan.

Selain itu bisa juga dilihat dari plat pada overload ini, jika plat berwarna gosong bisa dipastikan overload ini rusak.

Ciri lainya adalah ketika kita menyalakan AC kemudian kita periksa pada unit outdoornya.

Jika kipas outdoor menyala sedangkan kompresornya mati maka ini bisa juga disebabkan karena overloadnya rusak sehingga memutus arus ke kompresor.

cek overload ac

Dan yang terakhir bisa dilakukan pengecekan dengan avometer, overload ini memiliki hambatan jadi kita bisa melakukan pengecekan pada kedua kaki overload tersebut.

Jika terhubung maka overload ini kemungkinan masih bisa digunakan namun untuk overload yang sudah lama sebaiknya diganti saja dengan yang baru.

Cara Memperbaiki Overload AC

Sebelum memvonis kerusakan terjadi pada overload sebaiknya lakukan dulu pengecekan pada AC untuk ampere meter apakah tinggi, jika tidak maka baru kita periksa pada overloadnya.

Kita buka penutup bodi bagian depan pada AC outdoornya, setelah itu kita perhatikan pada kompresornya tepatnya diatas kompresor yang terdapat overload.

perbaikan overload ac

Lepaskan kabel pada overload kemudian cek dengan dengan avometer. Meski terhubung untuk memastikan lepaskan overload tersebut dan goyangkan jika suara seperti benda kecil didala overload maka lakukan penngantian.

Untuk penggantian sesuaikan dengan overload bekasnya. Anda bisa membawa overload rusak ini saat ingin membeli yang baru ke toko sparepart AC sebagai contoh.

Jika sudah mendapatkan overload baru maka langsung saja pasang dan lakukan pengetesan dengan menyalakan mesin AC. Jika kompresor menyala maka perbaikan berhasil.

Setelah perbaikan berhasil maka tutup kembali atau pasang kembali body depan AC outdoornya dan perbaikan selesai.

Mungkin itu saja yang bisa kami bagikan untuk mengetahui fungsi dan ciri – ciri kerusakan overloaad ac serta cara perbaikannya.

apa yang paling mahal didunia ini, FREEDOM