Pengertian WPS dan Fungsi WPS pada Modem Internet

Pengertian WPS dan Fungsi WPS pada Modem Internet

Jika kamu pengguna perangkat MiFi (Mobile WiFi) mungkin kamu tidak asing lagi dengan fitur keamanan pada jaringan wifi, yaitu WPS. Fungsi Wi-Fi Protected Setup (WPS)  memungkinkan modem atau router terhubung perangkat yang akan menerima jaringan wifi seperti laptop atau smartphone dengan lebih cepat, mudah dan aman.

Apa sebenarnya itu WPS? Kami akan menjelaskan sistem keamanan yang hanya bisa digunakan untuk perangkat yang support sistem keamanan WPA2 dan WPA Personal ini. Jika kamu berminat untuk mengetahui fitur yang memberikan keamanan dan kemudahan ini, silahkan disimak penjelasan kami berikut ini.

Apa Itu WPS?

Apa Itu WPS
Tombol WPS pada Modem WiFi

WPS merupakan singkatan dari Wifi Protected Setup, fitur ini adalah suatu sistem keamanan pada jaringan Wifi yang memiliki fungsi dalam proses konektivitas perangkat seperti laptop atau smartphone ke jaringan Wifi.

Perangkat yang sudah mendukung WPS punya kelebihan dari segi kemudahan proses koneksi ke jaringan Wifi. Umumnya, jika ingin masuk ke jaringan wifi, baik di kantor, rumah, kampus atau kafe, tentu saja kamu harus memasukkan password terlebih dulu.

Nah sistem keamanan WPS memungkinkan pemilik jaringan Wifi untuk tekoneksi ke jaringan Wifi miliknya tanpa harus memasukkan password.  Hal yang perlu dilakukan ketika ingin terhubung ke jaringan WiFi yang menggunakan WPS adalah scanning jaringan WIfi yang ada di smartphone, kemudian menekan tombol WPS yang ada di modem atau router.

Biasanya, modem wifi  yang biasa dipakai untuk kebutuhan rumahan sudah mendukung  Fitur WPS. Namun yang perlu diperhatikan adalah WPS tidak dapat bekerja pada perangkat yang menggunakan sistem keamanan WEP, artinya sistem keamanan ini hanya mendukung keamanan WPA Personal dan WPA2.

Cara Menggunakan WPS

Sebelum bisa menggunakan WPS secara praktis untuk terkoneksi ke jaringan WiFI hanya dengan scan Wi-Fi di smartphone lalu tinggal menekan tombol WPS pada router, ternyata, ada langkah-langkah pengaturan lainnya yang perlu kamu lakukan.

Di sini kami akan mencontohkan langkah-langkah yang harus dilakukan tersebut di perangkat smartphone dengan OS Android versi Marshmallow. Jika smartphone milikmu menggunakan versi yang lebih tinggi atau lebih rendah, maka tinggal sesuaikan saja dengan interface yang ada di smartphone-mu tersebut.

Langsung saja, berikut adalah cara menggunakan WPS hingga smartphone bisa terkoneksi dengan mudah ke jaringan WiFi:

1. Nyalakan Wi-Fi di perangkat smartphone milikmu dengan cara seperti biasa.

2. Kemudian masuk ke menu “setting,” lalu pilih opsi  “koneksi & jaringan” dan masuk ke settingan Wifi dari sana. Setelah itu, tekan bagian “more option” (biasanya terletak di bagian kanan atas layar) untuk menampilkan pilihan menu drop down. Kemudian tap menu “Advanced.”

3. Setelah berada di menu Advanced, cari dan pilih opsi “WPS Push Button”

4. Perangkat milikmu pun akan mulai melakukan scanning pada jaringan Wi-Fi yang tersedia. Setelah berhasil mendeteksi, akan muncul jendela dialog yang menyuruhmu untuk menekan tombol WPS pada modem WiFi / MiFi yang kamu punya. Di sini, kamu harus menekan tombol WPS tersebut.

5. Smartphone milikmu pun akan langsung terhubung tak lama setelah kamu menekan tombol WPS. Silakan Klik OK atau Done jika smartphone-mu sudah terkoneksi.

Kelebihan dan Kekurangan WPS

WPS adalah salah satu sistem keamanan jaringan WIFI modern, sehingga tentu saja teknologi ini memiliki beragam keunggulan. Namun nyatanya, WPS juga tak luput dari kekurangan. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan WPS:

Kelebihan WPS

Berikut adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh sistem keamanan WPS:

  • Keunggulan pertama dari WPS tentu saja adalah kemudahan dalam menyambungkan perangkat ke Router atau modem Wifi.
  • Umumnya, sistem keamanan WPS yang ada di beberapa router rumahan mendukung perangkat komputer dengan sistem operasi lama hingga yang terbaru, dari mulai windows vista, windows xp, windows 7, windows 10 hingga Windows 11.
  • Sementara itu, untuk perangkat android fitur WPS bisa digunakan mulai dari perangkat android ICS 4.0 hingga versi android terbaru.

Kekurangan WPS

Sementara itu, berikut adalah beberapa kelemahan dari sistem keamanan WPS:

  • Jaringan Wifi dengan sistem keamanan WPS dikenal lebih rentan dibobol informasi password-nya, sehingga para hacker juga lebih mudah untuk melakukan peretasan.
  • Rentan dibobol memang isu utama dari sistem keamanan satu ini, bahkan banyak ditemukan aplikasi pembobol jaringan wifi yang menggunakan WPS di mana aplikasi-aplikasi tersebut bisa didapatkan dengan mudah dan gratis.
  • Jaringan WiFi yang menggunakan WPS memerlukan settingan keamanan tambahan untuk meminimalisasi risiko pembobolan. Sayangnya Settingan tambahan tersebut cukup ribet untuk dilakukan.

Fungsi WPS

Selanjutnya kita akan fokus pada pembahasan mengenai apa saja manfaat menggunakan WPS pada jaringan wifi. Manfaat-manfaat ini bisa jadi alasan utama yang bisa menjadi acuanmu untuk menentukan perlu atau tidaknya sistem keamanan WPS. Nah berikut adalah beberapa manfaat dari penggunaan sistem keamanan WPS pada WiFi:

  1. Manfaat utama dari WPS adalah kecepatan dan kemudahan yang ditawarkannya ketika kamu hendak menghubungkan perangkat smartphone ke modem wifi. Di mana kamu bisa terhubung hanya dengan scanning dan menekan tombol WPS di modem WiFi dan melewatkan tahap memasukkan password.
  2. Walau dikenal mudah terkena hack, namun untuk beberapa kondisi, sistem keamanan WPS ini cukup efektif digunakan. Misalnya, ketika kamu tidak ingin password WiFi didengar atau dilihat orang di sekitarmu, maka menghubungkan perangkat ke WiFi menggunakan WPS menjadi langkah yang lebih aman.
  3. Simple digunakan, seperti yang sudah kami jabarkan pada cara menggunakan WPS, tahap-tahapnya cukup sederhana bahkan hanya  dengan waktu 10 detik saja perangkatmu sudah bisa terhubung ke jaringan Wifi.
  4. Penggunaan WPS juga bisa sangat membantu ketika kamu kebetulan melupakan password Wifi yang digunakan. Hal ini bisa saja terjadi entah karena komposisi password yang dibuat begitu susah diingat atau kamu memang secara rutin mengganti kata sandi untuk menghindari teman yang “mencuri” wifi darimu.

Demikianlah penjelasan kami tentang apa itu WPS, cara menggunakan serta manfaat dan kekurangannya. Intinya Wifi Protected Setup alias WPS adalah sistem keamanan pada modem WiFi yang memudahkan pemilik wifi untuk menghubungkan perangkatnya ke jaringan, bahkan tanpa perlu memasukkan password terlebih dahulu.