Cara Menyambungkan WiFi Hotspot HP ke Laptop dan PC

Cara Menyambungkan WiFi Hotspot HP ke Laptop dan PC

3 Cara Menyambungkan WiFi Hotspot HP ke Laptop dan Komputer PC – Untuk bisa berselancar di dunia maya tentunya perangkat kita harus terhubung ke jaringan internet. Kalau untuk HP android dan iPhone biasanya menggunakan data seluler ataupun hotspot tethering dari ponsel lain untuk menerima jaringan internet. Sedangkan untuk komputer atau laptop bisa memakai modem dan wifi hotspot dari HP.

Setiap perangkat apapun saat ini telah dilengkapi dengan fitur WiFi hotspot yang bisa menyambungkan atau membagi internet ke perangkat lain. Seperti halnya menyambungkan WiFi HP ke laptop.

Para pengguna device laptop atau komputer saat ini tidak perlu bingung lagi apabila kehabisan kuota internet pada modem, pasalnya HP yang Anda gunakan bisa dihubungkan internetnya ke laptop ataupun komputer.

Untuk caranya sendiri bisa dibilang sangat mudah karena tidak dibutuhkan perangkat khusus seperti modem ataupun router untuk bisa menghubungkan internet HP ke laptop. Bagi Anda yang ingin mengetahui caranya, bisa disimak pembahasannya di bawah ini.

Cara Menyambungkan Hotspot HP Ke Laptop atau Komputer

Setidaknya tersedia 3 metode yang bisa digunakan untuk menyambungkan WiFi HP ke laptop atau komputer, diantaranya via tethering, bluetooth, serta kabel USB. Ketiga cara tersebut akan dijelaskan secara lengkap disini. Cara menghubungKan internet HP ke Laptop dan PC diatas bisa jadi alternatif pengganti Modem dan WiFi.

Namun sebelum itu, pastikan handphone yang ingin dihubungkan internetnya ke laptop memiliki kuota internet yang cukup. Pasalnya, laptop tergolong menyedot kuota yang cukup besar dikarenakan banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Selain itu, pastikan sisa baterai pada HP masih banyak karena mengaktifkan fitur hotspot akan lumayan menguras baterai. Kalaupun sisa baterai handphone tinggal sedikit, Anda bisa sambil mengecasnya.

Cara yang akan dijelaskan bisa diterapkan di berbagai jenis laptop, baik itu windows 7, 8, 10, dan lain sebagainya. HP dengan merek apapun juga bisa menggunakan metode ini, seperti Xiaomi, Oppo, Samsung, dan lain sebagainya.

Langsung saja, berikut ini adalah beberapa cara menyambungkan hotspot HP ke laptop/komputer.

1. Menyambungkan Internet HP ke Laptop Melalui Hotspot Tethering

Metode pertama adalah yang paling umum digunakan serta sudah banyak diketahui orang yaitu melalui hotspot HP atau biasa dikenal dengan sebutan tethering. Cara ini bisa dibilang paling praktis, kecepatan internet maksimal, dan aman.

Pasalnya, dengan menggunakan hotspot tethering, Anda bisa mengatur password hotspot supaya orang lain tidak bisa menggunakan jaringan internet Anda. Berikut ini adalah tahapannya:

Masuk ke menu Setelan pada ponsel kemudian Pilih menu Koneksi.

Pilih menu Koneksi

Kemudian pilih menu Hotspot Seluler dan Penambatan.

Hotspot Seluler dan Penambatan

Kemudian aktifkan hotspot HP dengan Pilih Hotspot Seleuler.

Menghubungkan Internet HP ke Laptop

Lalu Anda bisa atur nama beserta password Hotspot Anda, selain itu Anda juga bisa membatasi jumlah pengguna yang bisa terhubung dengan jaringan internet Anda. Jika sudah nyalakan Hotspot pribadi.

Menghubungkan Internet HP ke PC

Sekarang berpindah ke laptop atau komputer kemudian klik ikon internet pada laptop.

Anda bisa melihat nama hotspot HP yang baru saja Anda nyalakan, klik hotspot tersebut lalu masukkan password yang telah Anda buat.

Menghubungkan Hotspot HP dengan Laptop

Setelah itu, laptop atau komputer akan terhubung dengan internet HP dan Anda sudah bisa menikmati fasilitas internet di laptop.

Panduan menyambungkan internet hp ke laptop di atas menggunakan HP Samsung, untuk HP Oppo, Asus, Realme, Vivo, Xiaomi dan lain-lain mungkin akan sedikit berbeda penempatan menu Hotspot-nya. Akan tetapi, Anda bisa sesuaikan karena tidak akan terlalu berbeda jauh.

2. Menghubungkan Internet HP ke Komputer / Laptop Dengan Kabel Data

Kabel USB atau biasa kita kenal dengan kabel data adalah sebuah alat yang dimiliki semua smartphone untuk keperluan pengecasan, transfer file, ataupun menyambungkan internet. Untuk menyambungkan internet HP ke laptop ataupun komputer menggunakan kabel data tahapannya sebagai berikut.

Siapkan kabel USB yang hendak digunakan. Lalu Hubungkan kabel USB dengan laptop / pc dan HP Anda.

Masuk ke menu Setelan pada ponsel, lalu pilih opsi Koneksi lalu pilih menu Hotspot Seluler dan Penambatan.

Pilih opsi Penambatan USB, dan aktifkan Penambatan USB.

menyambungkan wifi hp ke laptop dengan kabel usb

Setelah itu pilih opsi penggunaan USB lainnya di menu bar sistem Android hp Anda.

tethering usb

Kemudian di menu pengaturan USB, pilih Penambatan USB.

menyambungkan wifi hp ke pc dengan kabel usb

Secara otomatis laptop / pc akan tersambung dengan internet ponsel menggunakan kabel data.

3. Menyambungkan WiFi Hotspot HP ke Komputer/Laptop Via Bluetooth

Bluetooth bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin menghubungkan internet HP ke laptop tanpa kabel. Metode ini bisa digunakan jika laptop dan HP Anda telah dilengkapi fasilitasi bluetooth. Sebab, ada perangkat pc atau komputer yang belum memiliki fitur ini. Berikut adalah tata caranya:

Masuk ke menu Setelan pada handphone, kemudian pilih opsi Konkeksi lalu pilih menu Hotspot Seluler dan Penambatan.

Hidupkan penambatan bluetooth. Setelah bluetooth HP hidup, aktifkan juga bluetooth pada laptop atau komputer.

Menyambungkan Hotspot HP ke PC dengan Bluetooth

Beralih ke PC atau Laptop. Kemudian pada Taksbar PC atau Laptop, klik Show Hiden Icons, Klik kanan icon Bluetooth dan klik Join A Personal Area Netwrok.

Menyambungkan Internet HP ke Laptop dengan Bluetooth

Kemudian Anda akan diarahkan ke menu bar Bluetooth Personal Area Netwrok Setting.

Pada menu bar Bluetooth Personal Area Netwrok Setting, Klik Kanan perangkat dengan Nama HP / Bluetooth Anda, lalu pilih Connection Using -> Access Point.

Menyambungkan WiFi HP ke Komputer dengan Bluetooth

Kemudian Pada Ponsel Anda akan ada Pop-up notifikasi perizinan, Pilih Izinkan.

Dan tunggu hingga proses penyambungkan koneksi internet dari HP ke Laptop / PC selesai. Jika berhasil akan ada notifikasi “Connection successful” di layar komputer.

Menghubungkan Internet HP ke Laptop dengan Bluetooth

Test koneksi pada komputer atau Laptop yang sudah tersambung dengan internet HP dengan cara broswing pada broswer.

Cara Mengatasi Hotspot Android Tidak Bisa Connect ke Laptop / PC

Terkadang, ada saja masalah yang dialami pengguna saat menyambungkan internet HP ke laptop ataupun komputer. Permasalahan yang paling sering dialami adalah tidak bisa connect atau gagal terhubung ke laptop. Bagaimana hal ini bisa terjadi dan apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya? Semua itu akan dijawab melalui pembahasan di bawah.

1. Hotspot HP Tidak Terdeteksi di WiFi Laptop

Penyebab hotspot HP android tidak muncul di laptop terjadi karena beberapa alasan, diantaranya WiFi laptop tidak aktif. Untuk mengaktifkan WiFi pada laptop bisa dengan menakan tombol Fn+F3 atau mengklik tombol yang ada ikon WiFinya. Selain itu, hotspot tidak terdeteksi bisa juga disebabkan karena HP berada terlalu jauh dari laptop atau komputer Anda.

Pengaturan yang salah pada hotspot portable di HP, driver atau instalasi WiFi laptop error (untuk kasus ini cara mengatasinya Anda bisa instal ulang driver pada laptop). Terakhir, penyebab hotspot HP tidak terdeteksi adalah WiFi laptop mengalami kerusakan, Anda bisa segera membawanya ke tempat service laptop.

2. Hotspot Gagal Terkoneksi Setelah Memasukkan Password

Apabila Anda telah memasukkan password hotspot namun tidak bisa terhubung ke jaringan internet, maka ada dua kemungkinan penyebabnya yaitu Anda salah memasukkan password atau sudah mencapai batas maksimum penambatan hotspot.

Untuk kasus salah memasukkan kata sandi, Anda bisa memasukkan ulang kata sandi dengan benar. Sementara untuk perangkat yang terhubung sudah mencapai batas maksimal, maka Anda bisa mengaturnya pada ponsel sesuai keinginan.

3. WiFi Sudah Terhubung Namun Muncul Tanda Seru Kuning Pada Ikon Sinyal Laptop

Jika Anda melihat ikon sinyal pada laptop disertai dengan tanda seru berwarna kuning, maka itu artinya HP tidak memiliki koneksi internet ataupun jaringan sedang terganggu. Selain itu, bisa juga disebabkan karena kesalahan input IP address manual di laptop atau komputer.

4. Ikon WiFi Laptop Disertai Tanda Loading

Untuk kasus ini ada dua penyebabnya, yakni ada 2 hotspot yang sedang aktif di 2 HP berbeda dengan nama yang sama dan password berbeda. Cara mengatasinya yaitu pastikan Anda menyambungkan WiFi hotspot yang tepat atau Anda bisa mengubah nama hotspot di HP.

Selain itu, bisa juga karena password hotspot sudah diubah tetapi laptop masih membaca password yang lama. Cara mengatasinya sangat mudah, Anda hanya perlu klik kanan pada nama hotspot di laptop lalu klik forget. Setelah itu, hubungkan kembali hotspot dan masukkan password yang baru.

Demikian artikel kali ini yang membahas 3 cara menyambungkan WiFi hotspot ke komputer/laptop, semoga dapat dipahami dengan baik serta dapat membantu pembaca semua.

Deni Saputro
Seorang Blogger, Penulis Artikel dan Digital Marketer yang ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi wawasan lewat tulisan.