Cara Pasang dan Setting Set Top Box

Cara Memasang Set Top Box

Cara Memasang Set Top Box DVB T2 Untuk TV Analog dan Led – Alat ini digunakan sebagai receiver gelombang sinyal Digital yang dalam hal ini untuk menerima siaran Televisi Digital.

Alat ini tentunya sangat penting, utamanya bagi Anda yang ingin menikmati Siaran Digital, namun Televisi Anda belum memiliki fitur DVB T2.

Set Top Box sendiri sekarang sudah banyak dijual dengan berbagai merek dipasaran. Biasa STB dijual di kisaran harga 200 sampai 300 ribuan.

Dan akan lebih mudah untuk Anda yang memilih berbelanja secara online karena kita bisa melihat barang dengan merk yang beragam.

Anda bisa membelinya dengan mempertimbangkan spek harga dan lokasi dimana Anda tinggal. Sehingga mendapatkan kualitas yang maksimal.

Kelengkapan Set Top Box

Setelah Anda  membeli Set Top Box sesusai pilihan cobalah cek kelengkapannya. Biasanya dalam satu paket terdapat

  • Unit Set Top Box.
  • Kabel antenna.
  • Charger Atau adaptor.
  • Kabel RCA atau kabel Audio Video.
  • Kabel LAN , WLAN.
  • Kabel HDMI namun tidak semua include jadi kadang Anda harus membelinya secara terpisah.
  • Remote beserta baterai, dan biasanya disertakan buku petunjuk.
Cara Memasang Set Top Box DVB T2 Untuk TV Analog
https://cnszjn.en.made-in-china.com/

Silahkan baca buku petunjuk agar lebih memahami Set Top Box yang Anda beli. Jika buku petunjuk menggunakan Bahasa Asing yang kurang Anda pahami, silahkan menggunakan bantuan Google translate dismartphone.

Buka google translate kemudian klik kamera, dan foto buku petunjuk tersebut. Google translate akan menerjemahkan secara otomatis sesuai Bahasa yang Anda pilih.

Pada Set Top Box secara umum terdapat slot :

  • Port ANT IN dan ANT OUT
  • Port Adaptor
  • Port RCA
  • Port HDMI
  • Port USB
  • Port LAN
  • Kadang ada juga slot microsd.

Cara Memasang Set Top Box

Sekarang kita mulai langkah – langkah proses installasi untuk pemasangan Set Top Box pada tv analog dan tv led.

  • TV tabung atau Analog

Cara Memasang Set Top Box DVB T2 Untuk TV Analog
lazzada.co.id

Siapkan kabel Antena, sambungkan pada antena dan ujung satunya pasangkan pada Port ANT IN pada STB. kemudian colokan kabel antenna dari TV ke lubang ANT OUT pada Set Top Box.

Siapkan kabel RCA pada unit Set Top Box. Kabel RCA biasanya mempunyai tiga soket dengan warna yang berbeda yaitu merah putih dan kuning. Pasangkan pada lubang RCA dibelakang STB ( Set Top Box ) sesuai warna.

Kemudian silahkan cek lubang AV pada TV Analog Anda, colokan sesuai warna dari kabel RCA tadi. Beberapa TV mempunyai lubang jack yang banyak, ini berarti mode AV nya lebih dari satu.

Pasangkan jack kabel adaptor pada STB, biasanya ada keterangan pada lubangnya. Kemudian colokan adaptor ke stop kontak.

Setelah Adaptor terpasang nyalakan tombol power pada Set Top Box. Pastikan semuanya menyala, kaera kadang Set Top Box mempunyai dua tombol power.

Langkah berikutnya nyalakan televisi Anda, setelah menyala pindah programnya ke mode AV seperti Anda menggunakan DVD player.

Jika pemasangan kabel RCA Anda benar maka Akan muncul menu atau gambar tampilan dari Set Top Box yang Anda pakai.

Jika belum berarti ada pemasangan kabel yang salah atau tertukar dari pemasangan kabel RCA sebelumnya. Anda tinggal merubah nya sampai muncul gambar dan suaranya.

  • TV LED, LCD

Untuk pemasangan Set Top Box pada TV LCD, LED caranya hampir sama namun akan lebih mudah karena menggunakan kabel HDMI. Jadi untuk pengaplikasian kabel RCA diganti dengan kabel HDMI.

Dengan kabel HDMI kesalahan pemasangan kemungkina kecil terjadi. Selain itu kabel HDMI akan meghasilkan gambar HD yang pastinya jernih dan nyaman.

Untuk TV LED setelah semuanya terpasang dan TV dinyalakan, kemudian pindahkan program ke mode HDMI.

Cara Setting Set Top Box

Setelah semuanya masuk ke tampilan Set Top Box langkah berikutnya adalah melakukan setting untuk mendapat chanel yang tersedia.

Pada tampilan Set Top Box akan ada petunjuk panduan ( Instalasi Guide ). Pilih Bahasa yang digunakan, kemudian pilih negara ( Indonesia ).

Kemudian pilih opsi chanel – ok maka Set Top Box akan melakukan pencarian otomatis. Tunggu sampai selesai.

Setelah selesai maka akan muncul stasiun Televisi dan Radio yang terjangkau di wilayah Anda. Berikutnya Anda keluar atau back. Anda sudah bisa bisa menikmati tayangan TV dan Radio Digital.