Pengertian VGA Card, Jenis Slot VGA dan Fungsi VGA Card

VGA Card adalah hal yang wajib diketahui oleh para gamers yang mau menjajal PC sebagai perangkat bermainnya. Berikut hal seputar VGA yang perlu diketahui.
Macam jenis slot VGA Card

Pengertian VGA Card, Fungsi VGA Card dan Jenis Slot VGA – Kamu suka main game dan ingin menjajal berbagai permainan di PC? Jika demikian adanya, Kamu perlu tahu lebih dalam tentang seluk beluk pengertian VGA Card dan yang lainnya.

Perangkat yang satu ini merupakan salah satu elemen penting yang bisa meningkatkan user experience para gamers ketika bermain game. Sehingga kepuasan dan kenyamanan bisa berada dalam tahap yang lebih maksimal.

Pengertian VGA Card

Pengertian VGA Card adalah singkatan dari Video Graphic Accelerator. Ia merupakan perangkat yang ada dalam komputer dan memiliki fungsi pengolahan data grafis untuk dapat menampilkan layar pada monitor. Orang-orang juga sering menyebutnya sebagai kartu grafis.

Fungsi VGA Card

Sebagaimana alat-alat teknologi lainnya, jelas bahwa VGA Card memiliki berbagai macam fungsi. Fungsi VGA Card jika Kita jabarkan satu persatu, maka ada beberapa. Uraian tentang fungsinya ini adalah sebagai berikut:

  • Memproses seluruh grafis yang ditampilkan di layar komputer
  • Menerjemahkan output dari komputer ke dalam monitor
  • Dalam konteks gaming, berguna untuk mendesain atau menggambar suatu grafis
  • Mengubah sinyal digital di sebuah komputer menjadi tampilan grafis
  • Menghubungkan PC atau laptop ke layar televisi dengan bantuan kabel HDMI

Dari berbagai fungsinya tersebut, semua yang terdapat dalam kartu VGA Crad ini sangat berhubungan dengan kualitas gambar dalam sebuah layar. Ia akan sangat bermanfaat jika Kamu termasuk orang yang kurang puas dengan layar yang kurang jernih dan bersih.

Jenis Slot VGA Card

Berdasarkan slotnya, VGA Card yang berkembang di pasaran sangatlah beragam. Meski karena perkembangan teknologi yang sedemikian cepat, ada juga macam jenis slot VGA card yang sudah sulit ditemukan atau bahkan tak lagi beredar lagi di pasaran.

Adapun jenis-jenis slot VGA card adalah sebagai berikut:

VGA ISA

Perangkat VGA jenis ini merupakan VGA yang dimasukkan ke slot ISA. ISA sendiri adalah singkatan dari Industry Standard Architecture yang memiliki bus sistem I/O 16 bit serta I/O 8 bit.

VGA Card ini termasuk yang paling tua karena sudah diperkenalkan sejak tahun 1981 (versi 8 bit) dan tahun 1984 (versi 16 bit).

Dengan standar terdahulu, mungkin VGA card in bisa menghasilkan dengan grafis dengan kategori baik. Namun untuk ukuran sekarang jelas berbeda. Oleh karena itu, VGA ini sudah tidak lagi diproduksi dan beredar di pasaran.

VGA EISA

Seiring perkembangan, muncul VGA yang lebih canggih, yakni VGA yang dimasukkan ke dalam slot EISA. EISA adalah singkatan dari Extended Industry Standard Architecture.

VGA EISA sedikit lebih bagus dari VGA ISA karena memiliki bus sistem I/O dengan kualitas 32 bit.

Namun, sama seperti pendahulunya, karena kemajuan teknologi yang cepat, VGA ini juga sudah tak mungkin lagi Kamu temukan di pasaran lagi.

VGA PCI

Memasuki tahun 1993, hadir sebuah teknologi baru dalam VGA card dengan ditemukanya VGA yang dimasukkan ke slot PCI, atau singkatan dari Peripheral Component Interconnect.

Saat itu, VGA ini diluncurkan dengan bus I/O 32 bit serta bus I/O 64 bit. Jelas saat itu ini menjadi yang tercanggih.

Namun dalam perkembangannya, VGA PCI juga akhirnya tak terpakai karena beberapa kekurangan yang ada di dalamnya. Apalagi setelah kehadiran jenis lain yang lebih mutakhir.

VGA AGP

Kartu VGA setelahnya yang hadir jelas lebih canggih. Yakni kartu VGA yang ditancapkan di slot AGP atau singkat dari Accelerated Graphics Port.

Kehadirannya dilatari keinginan untuk mempercepat transfer data terhadap memori sehingga meningkat secara drastis dari CPU ke perangkat display atau tampilan.

Bentuknya yang mirip dengan formasi sarang lebah ini membawa sistem I/O yang lebih tinggi, yakni 128 bit dan juga 256 bit. Hingga kini, VGA AGP masih bisa Kamu temukan dan tertancap di berbagai PC.

VGA PCIe

Pada tahun 2004, muncul lagi jenis kartu VGA yang baru dan diberi nama VGA PCI Ekspress. PCI sendiri merupakan singkatan dari Peripheral Component Interconnect. Itu artinya, VGA ini merupakan suatu pengembangan dari VGA PCI yang lahir sekitar 9 tahun sebelumnya.

Sesuai namanya yang dilabeli ekspres, VGA ini mengusung teknologi transfer data dengan kecepatan yang sangat cepat. Daya transfernya bisa mencapai 32 GByte/s sehingga menghasilkan kualitas yang jauh lebih bagus pada grafis.

VGA jenis yang terakhir ini sangat mudah untuk Kamu temukan di pasaran dan terus dikembangkan dengan menghadirkan versi-versi yang semakin mutakhir dan tentunya berimbas juga pada peningkatan kualitasnya.

Dari kelima jenis VGA yang diciptakan di atas, jelas bahwa hanya ada dua yang masih beredar di pasaran. Yakni VGA AGP dan VGA PCIe.

Nah, demikianlah pembahasan mengenai pengertian VGA serta fungsi dan macam jenis slot vga pada motherbaord komputer dan laptop serta fungsinya yang mudah-mudahan menambah wawasan Kamu. Semoga bermanfaat.

Deni Saputro
Seorang Blogger, Penulis Artikel dan Digital Marketer yang ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi wawasan lewat tulisan.