Cara Memperbaiki Tombol Pembuangan Air Mesin Cuci

Tombol Pembuangan Air Mesin Cuci

Cara Memperbaiki Tombol Drain Pembuangan Air Mesin Cuci – Mesin cuci 2 tabung memiliki banyak merk dengan karakteristik yang berbeda – beda. Walaupun secara umum memiliki sistem kerja yang sama namun untuk komponen atau onderdilnya berbeda antara merk lainnya.

Komponen penunjang seperti pulsator, gearbox, vanbelt, sampai karet seal pembuangan setiap mesin cuci 2 tabung memiliki ukuran yang berbeda.

Sehingga jika ada kerusakan pastikan untuk mengganti dengan yang satu ukuran. Perbedaan dari desain mesin cuci 2 tabung ini berpengaruh pada perbaikannya, ada yang memiliki desain simple yang membuat perbaikannya lebih mudah.

Namun ada juga yang menggunakan desain yang kokoh mulai dari komponen sampai body dengan material yang kuat dan ditambah banyak baut yang membuat mesin cuci semakin solid.

Untuk mesin cuci ini ketika dilalukan perbaikan akan membutuhkan waktu lebih lama karena karena terdapat banyak pengunci di dalamnya.

Cara memperbaiki kerusakan tombol drain pembuangan mesin cuci

Salah satu komponen yang rawan terjadi kerusakan adalah tombol pembuangan air tau tombol drain. Fungsi utama pada tombol putar ini adalah sebagai pengatur buka tutup air pembuangan.

Jenis kerusakan Tombol Pembuangan air Mesin Cuci

Namun pada beberapa merk mesin cuci seperti Sharp, Samsung, LG, Aqua, Polytron, tombol ini sudah ditambahkan dengan timer yang kemudian disambung dengan timer wash. Pada timer ini menggunakan 3 mode pengaturan.

Namun justru tambahan fitur ini kadang menjadi tidak terlalu berguna sehingga tungkang servis menonaktifkan kabel dari drain ini.

Tombol patah

Kerusakan pada selector drain akan terlihat pertama kali ketika kita memeriksa sistem pembuangan air dari mesin cuci 2 lubang. Hal ini biasanya terjadi karena tombol yang sudah lama digunakan atau bisa juga karena pemasangan tali seal pembuangan yang terlalu kencang.

Jika serpihan tombol drain ini masih ditemukan satukan kembali menggunakan lem alteco kemudian taburi sisi luar lubang pada tombol ini dengan kopi bubuk dan tetesin dengan lem alteko.

Biarkan sampai kopi terbakar kemudian ulangi lagi menaburkan kopi dan tetsi dengan alteko sampai celah – celah disekeliling luar lubang penuh. Setelah perbaikan ini tombol akan lebih kokoh dan bisa digunakan kembali.

Selain itu jika pemasangan tali seal pembuangan terlalu kencang, ubah menjadi agak longgar agar ketika tombol putar drain diputar untuk membuka air menjadi enteng.

Kekurangannya jika kita menegendurkan tali maka air yang keluar akan lebih sedikit namun hal ini akan membuat komponen dari tombol drain sampai pengait katup seal lebih awet.

Timer drain rusak

motor drain

Tidak semua tombol drain menggunakan timer, dan fungsi timer pada drain tidak berpengaruh pada kinerja mesin kulkas. Mesin cuci yang menggunakan timer drain tidak akan bisa digunakan mencuci dalam kondisi buang air.

Pada saat posisi air menutup baru mesin wash bisa digunakan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kesalahan dalam penggunaan mesin cuci.

Pertama – tama untuk melakukan perbaikan kita akan membuaka cover timer yang beberapa model mesin cuci memang agak susah.

rumah timer mesin cuci 2 lubang

 

Jika Anda menginginkan timer ini berfungsi kembali silahkan membeli suku cadang yang baru, namun jika dirasa tidak diperlukan maka cukup memotong kabel dari timer drain ini yang menuju timer wash dan disambung langsung agar arus listrik tetap masuk.

motor drain rusak dol

Namun apabila kerusakan terjadi pada mekanis motor drainnya maka yang memang harus dilakukan adalah dengan menggantinya dengan yang baru.

Tuas ke tali seal patah

Dibawah tombol putar drain terdapat tuas untuk menarik katup seal pembuangan sesuai putaran tombol drain. Karena termakan umur dan penggunaan yang kurang baik bisa menimbulkan tuas ini patah.

pembuangan air mesin cuciJika ini terjadi maka tali akan lepas dan membuat air tidak bisa keluar, dan apabila terjadi kerusakan ini maka mau tidak mau harus diganti dengan yang baru, beli lah sparepart yang sesuai agar bisa dipasang dengan pas.

Perbaikan pada komponen bekasnya tidak bisa dilakukan karena jika dilem pun kemungkinan tidak akan kuat dan akan patah kembali.

Sebaiknya ketika memutar tombol drain lakukan secara perlahan agar mengurangi resiko tuas patah.

Mungkin itu saja sedikit informasi untuk cara memperbaiki kerusakan pada tombol drain pembuangan air mesin cuci tidak berfungsi,  semoga bermanfaat.