Fungsi, Jenis dan Cara Kerja Timer Kulkas 2 Pintu

timer kulkas 2 pintu

Fungsi, Jenis dan Cara Kerja Timer Kulkas 2 Pintu – Kulkas akan bekerja dengan baik apabila seluruh komponen penunjang pada kulkas tidak mengalami error atau kerusakan.

Salah satu alat yang penting khususnya untuk kulkas 2 pintu adalah timer atau defrost timer.

Pada kulkas 2 pintu tidak menggunakan sistem  pendinginan langsung melainkan menggunakan fan cooler untuk menyuplai suhu ke ruang freezer.

Dengan sistem ini tentunya letak evaporator berada di belakang kipas. dengan posisi seperti ini dibutuhkan serangkaian alat untuk melakukan defrost secara otomatis.

Fungsi, Tipe dan Cara Kerja Timer Kulkas

Tidak seperti kulkas satu pintu yang menggunakan defrost manual, kulkas 2 pintu sudah menggunakan timer untuk mengatur kerja kompresor dan defros atau pencairan bunga es.

Fungsi Timer Kulkas

Dilihat dari fungsinya tentunya timer kulkas ini berperan penting dalam kinerja kulkas. Timer berfungsi untuk mengatur waktu hidup mati bekerjanya compresor dan defrost pada kulkas 2 pintu.

Jika diurutkan, salah satu arus listrik dari stop kontak akan mengalir menuju saklar lampu kemudian thermostat baru menuju defros timer.

timer kulkas

Fungsi termostat ini mengatur suhu dingin yang kita inginkan kemudian kemudian diterjemahkan oleh timer yang mana pada timer terdapat sambungan untuk arus listrik, heater, kompresor, juga thermostat.

Dalam keadaan normal ketika dinyalakan timer kulkas akan bekerja maksimal kurang lebih sekitar 8 jam tergantung dari suhu yang diatur pada termostat.

Ketika sudah mencapai suhu yang diinginkan maka kulkas akan melakukan defrost .  dimana timer akan memindah jalur tegangan menuju heater.

Defrost atau proses pencairan bunga es  pada kulkas 2 pintu sangat penting. karena jika komponen defrost mengalami kerusakan maka terjadi tumpukan bunga es yang akan membuat kinerja kulkas terganggu.

Tipe Timer Kulkas

Timer sendiri ada dua jenis yaitu timer 1-3 dan 1-4. Perbedaan timer 1-3 dan 1-4 adalah pada colokan penghubung kabel arus listriknya.

Pada timer 1-3 arus listriknya disambungkan pada nomor 1 dan 3 sedangkan timer 1-4 untuk listriknya menggunakan nomor 1 dan 4.

Cara cek tipe timer pada Kulkas

Cara untuk mengetahui timer defrost mengunakan tipe 1-3 atau 1-4 cukup mudah.

Pertama – tama siapkan avometer kemudian putar pada selektor ohm. Salah satu kabel avo ditempatkan pada nomor 1, bisa dibolak balik min (-) atau plus (+) tidak masalah.

Kabel satunya pasangkan pada nomor 3, kemudian putar lubang pada timer secara perlahan sambil memperhatikan monitor avometer. Putarlah sampai mentok dan putar kearah sebaliknya.

Jika sudah diputar searah jarum jam dan sebaliknya masih ada hambatan yang terlihat pada monitor avometer maka bisa dipastikan bahwa timer ini merupaka tipe 1-3.

Namun jika saat kabel disambungkan pada nomor 3 dan diputar sampai mentok muncul hambatan 0 ohm, Kita harus memindahkan kabel pada nomor 3 ke nomor 4.

Apabila diputar mentok namun hambatan masih ada ini juga berarti timer bertipe 1-4.

Cara kerja Timer 1-3

diagram timer 1-3

Dalam keadaan running timer akan bekerja dimana arus dari timer akan menuju kompresor sehingga kompresor bekerja maksimal 8 jam atau bisa kurang sampai pada suhu dingin yang diharapkan.

Ketika sudah mencapai suhu dingin maka bimetal akan menyala, hal ini membuat motor pada timer juga bekerja dan memindah arus nomor 4 yang menuju kompresor berpindah ke nomor 2 menuju ke heater.

Karena arus listrik menuju kompresor terputus maka kompresor akan mati sementara dan heater menyala. Disinilah proses defrost berlangsung dan akan berulang dalam interval waktu 6 jam, 8 jam, 10 jam, atau 12 jam.

Cara kerja timer 1-4

timer 1-4

Untuk sistem kerja timer 1-4 bisa dibilang kebalikan dari timer kulkas 2 pintu 1-3. Disaat mesin kompresor sedang bekerja timer berada pada posisi standbay.

Bisa disimpulkan dsini bimetal berfungsi sbgai switch dimana pada saat suhu 0°C bimetal akan tersambung. pada posisi ini timer akan bergerak dan akan terasa getarannya jika kita pegang.

Timer akan berputar menuju angka 0, setelah timer pada posisi 0 maka kompresor akan mati begitu juga dengan fan cooler. Disini proses defrost berjalan, dimana heater menyala dan mencairkan bunga es pada evaporator.

Proses ini tentunya juga mencairkan suhu pada bimetal, setelah bunga es evaporator cair maka bimetal akan terputus dan heater pun ikut terputus.

Pada momen ini jika Anda pegang timer maka bisa dirasakan getarannya menandakan timer ini masih bekerja. biasanya ada jeda waktu sekitar 45 menit sampai timer merubah arus untuk menyalakan kembali kompresornya.

Itu tadi sedikit penjelasan tentang pengertian, fungsi, jenis, dan cara kerja dari timer kulkas 2 pintu. Semoga informasi dari kami bisa membantu Anda dalam memahami sistem kerja kulkas.