Komponen Mesin Cuci 1 Tabung dan Fungsinya

fungsi bagian komponen mesin cuci 1 tabung

Komponen Mesin Cuci 1 Tabung dan Fungsinya Mesin cuci 1 tabung jika dibandingkan dengan tipe lainnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing yang bisa kita pilih sesuai budget dan kebutuhan kita.

Dari segi kepraktisan dan juga dimensi, mesin cuci 1 tabung lebih direkomendasikan karena semua sudah serba otomatis dalam pengoperasiannya.

Sehingga waktu kita juga tidak akan terlalu banyak tersita untuk standby di dekat mesin cuci. Dimensi yang compack juga sangat sesuai untuk rumah – rumah modern yang memiliki lahan terbatas karena tidak memakan banyak tempat.

Dengan desain yang ringkas maka dibutuhkan komponen – komponen tambahan sebagai penunjang beroperasinya mesin cuci 1 tabung.

Berikutnya mesin cuci jenis ini akan terus berkembang dengan munculnya inovasi – inovasi baru untuk menyempurnakan produk mesin cuci.

Salah satunya seperti teknologi inverter yang bisa menekan kapasitas daya listrik yang digunakan pada mesin cuci, Namun kali ini kita tidak membahas lebih dalam inovasi pada mesin cuci.

Komponen Mesin Cuci 1 Tabung dan Fungsinya

Sebelum itu alangkah baik jika kita tau terlebih dahulu komponen – komponen yang ada pada mesin cuci 1 tabung agar sedikit banyak kita paham bagian – bagian mesin cuci jenis ini.

Oleh karena itu kali ini kita akan membahas bagian – bagian dari mesin cuci 1 tabung dan cara kerjanya satu persatu.

1. Body Rangka

Rangka sekaligus body pada mesin cuci dibuat dengan kontruksi yang kuat dan presisi, selain sebagai pembungkus dan menambah estetika dari mesin cuci namun juga berguna untuk menopang tabung mesin cuci agar memiliki pegangan kuat saat mesin bekerja.

2. Pintu

Desain pintu pada mesin cuci 1 tabung bukaan atas memiliki banyak variasi namun memiliki sistem kerja yang sama. Pada pintu tersambung dengan sensor dimana ketika pintu terbuka maka mesin akan otomatis mati.

Ada juga yang menggunakan sensor magnet pada pintu mesin cuci dan ketika pintu ditutup mesin baru akan bekerja dan juga sebaliknya jika pintu dibuka magnet menjauh dan mesin berhenti bekerja.

Jadi fungsi pintu ini adalah sebagai sensor keamanan dan juga untuk menghindari cucian keluar dari mesin cuci.

3. LID Switch

LID Switch

Lid switch ini tersambung dengan pintu mesin cuci dan berfungsi sebagai saklar untuk memutus dan menyambung arus listrik pada mesin cuci.

Ketika pintu dibuka maka saklar akan memutus dan mesin akan mati.

4. Modul Mesin Cuci

Modul mesin cuci

Modul merupakan perangkat elektorik yang terdiri dari papan PCB sebagai tempat dari komponen – komponen kecil yang dirangkai untuk bisa digunakan melakukan perintah kerja pada mesin cuci.

Selain digunakan untuk pengopersian mesin cuci, modul juga berfungsi untuk menampilkan kode eror pada mesin cuci.

5. Water inlet / water supply valve

alat ini tersambung dengan kelistrikan mesin cuci dan tersambung juga dengan modul sehingga sitem kerjanya diatur oleh modul mesin cuci.

Fungsi dari water inlet adalah mensuplai air masuk kedalam tabung mesin cuci, didalam water inlet terdapa juga water filter sebagai penyaring air yang masuk ketabung mesin cuci.

6. Sensor Water level

Alat ini juga terhubung dengan modul. Jika water inlet berfungsi untuk masuknya air ke dalam tabung mesin cuci maka water level ini berfungsi untuk membaca kapasitas air yang masuk.

Jika air sudah memenuhi kapasitas sesuai dengan settingan pada modul maka sensor water level akan memberitahukan modul agar water inlet berhenti kemudian melakukan proses berikutnya.

7. Safety switch

Safety switch
alibaba.com

Alat ini juga merupakan sensor pada tabung mesin cuci, cara kerjanya ketika mesin cuci bekerja dan tabung menghasilkan getaran dibatas kewajaran maka sensor ini akan bekerja dan mebuat mesin cuci berhenti.

Hal ini sebagai antisipasi agar tidak terjadi kerusakan pada tabung mesin cuci. Saran kami letakan mesin cuci pada posisi yang datar agar tabung bisa seimbang.

8. Tabung Mesin Cuci

tabung mesin cuci 1 tabung front loading dan top loading

Tabung mesin cuci ini sebenarnya Ada dua, yaitu tabung inner dan tabung outer. Tabung luar atau outer wash tube sebenarnya hanya digunakan sebagai wadah dari inner tube atau tabung dalam.

Ketika melakukan pengeringan cucian tabung bagian dalam ini akan berputar kencang kemudian sisa air akan turun ketabung outer selanjutnya kejalur pembuangan.

Maka dari itu inner tube sering juga disebut sebagai spin tube.

Fungsi dari tabung mesin cuci tentunya sebagai wadah cucian untuk melakukan cuci, bilas dan pengeringan.

9. Agitator dan Pulsator

Agitator dan Pulsator mesin cuci 1 tabung

Alat ini siasanya terbuat dari plastik kuat dan tebal sehingga awet digunakan dan sangat jarang ditemui kerusakan pada pulsator ini.

Pulsator berbentuk piringan yang memiliki lekukan sedang agigator lebih memanjang keatas dengan bentuk ulir.

Alat ini berfungsi untuk melakukan proses pencucian dimana alat ini akan berputar kekiri dan kekanan dengan jeda waktu.

10. Per gantung

Pada mesin cuci top loading otomatis terdapat 4 per penyangga untuk menjaga ketsabilan tabung mesin cuci. Jika per ini mengalami kerusakan maka maka saat proses pengeringan mesin akan bergoyang dan menimbulak suara berisik karena tabung berbenturan dengan body mesin cuci.

11. Gear Box

gearbox mesin cuci 1 tabung
lazada.co.id

Gearbox pada mesin cuci juga terbuat dari plastik hanya beberapa bagaian saja terbuat dari besi seperti as dan laker yang menggunakan bahan besi.

Gearbox ini berfungsi untuk merubah kecepatan putaran dari motor dinamo mesin cuci. Sehingga putaran pada pulsator tidak terlalu kencnag tapi memiliki power yang kuat.

Selain itu juga ada terdapat gigi untuk mekakukan proses pengeringan.

12. Vanbelt

Walaupun sederhana namun vanbelt sangat penting fungsinya karena sebagai penghubung antara mesin dinamo mesin cuci dan gearbox. jika vanbelt putus tentunya mesin tidak tersambung dan pulsator tidak akan berputar.

Dinamo mesin cuci 1 tabung bukaan

13. Dinamo Motor

Dinamo mesin cuci 1 tabung
tokopedia.com

atas ukurannya lebih besar dibandingkan dengan dinamo mesin cuci 2 tabung. Dinamo motor bisa dikatakan sebagai jantungnya mesin cuci karena sebagai sebber tenaga, jika rusak maka mesin cuci ini tidak bisa dipakai.

14. Kopling

sitem kopling pada mesin cuci hampir sama pada kendaraan bermotor. Pada dinamo listrik perpindahan kecepatan tinggi terjadi lebih cepat.

Klopling ini dibuat untuk mengantisipasi getaran akibat putaran tinggi dan juga memudahakan start up mesin dinamo.

15. Kapasitor

Kapasitor berbentuk tabung atau persegi yang memiliki 2 kaki dan 4 kaki. Untuk jenis kapasitor pada mesin cuci adalaah jenis kapasitor start.

Fungsi kapasitor sendiri adalah sebagai alat bantu saat angkatan mesin dan juga saat mesin bekerja. Jadi ketika kapasitor mengalami kerusakan maka dinamo mesin cuci tidak akan berputar karena dinamo butuh kapasitor untuk bekerja.

Semua komponen diatas seyogyanya ada pada mesin cuci 1 tabung top loading maupun front loading hanya saja penempatannya pada dua tipe mesin cuci ini berbeda mengingat bukaan kedua mesin cuci ini juga berbeda.

Kira – kira itu saja bagian – bagian penting pada mesin cuci otomatis satu lubang, semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan Anda tentang mesin cuci dan terimakasih sudah membaca.

apa yang paling mahal didunia ini, FREEDOM