Cara Mengatasi Mesin Cuci Goyang saat Pengeringan

Mengatasi Tabung Pengering Mesin Cuci Goyang

Mengatasi Tabung Mesin Cuci Pengeringan Goyang – Penggunaan mesin cuci otomatis top loading menjadi pilihan sebagian masyarakat sekarang ini karena dinilai simple penggunaannya bagi mereka yang memiliki fasilitas untuk mendukung penggunaan jenis mesin cuci ini.

Namun jenis mesin cuci ini juga bisa memiliki kendala, sama seperti jenis mesin cuci lainnya. Salah satu kendala yang ada adalah keadaan dimana mesin bekerja pada proses pengering dengan keadaan tidak stabil.

Keadaan ini bisa langsung dilihat dari keadaan mesin cuci ini, jika kita perhatikan mesin cuci saat bekerja terutama pada proses pengeringan.

Dimana mesin cuci terdengar berisik karena benturan dengan bodi mesin cuci. Hal ini jika dibiarkan bisa memuat mesin cuci mengalami kerusakan yang semakin parah.

Mengatasi Tabung Mesin Cuci Goyang saat Pengeringan

Tabung pada mesin cuci otomatis top loading sendiri disangga oleh 4 per yang digantung ke sudut – sudut body bagian atas. Keempat per inilah yang meminimalisir getaran saat proses pencucian dan pengeringan.

Penyebab mesin cuci bergoyang dan berisik

Sebelumnya perlu dijelaskan bahwa tabung mesin cuci terdiri dari dua rangkap dan tabung terluar sebagai wadah untu tabung bagian dalam.

Dan tabung bagian dalam ini yang akan berputar saat kencang terjadi proses pengeringan atau spin.

Ada beberapa hal yang menyebabkan mesin cuci bergetar dan bergoyang saat dioperasikan yang diantaranya adalah :

1. Tempat mesin cuci tidak datar

Peletakan mesin cuci yang tidak rata tentunya akan berpengaruh pada keseimbangan tabung saat dioperasikan,karena mesin cuci bisa menjadi bergoyang dan tidak stabil.

2. Segitiga tabung patah

segitiga mesin cuci top loading patah
segitiga mesin cuci top loading patah

Segitiga ini merupakan rangka sebagai penyangga bagian dalam dan terdapat pada bagian bawah tepatnya dibawah pulsator. Segitiga tabung ini terbuat dari cor alumunium sehingga bisa mengalami patah.

Ketika patah maka menyebabkan putaran tabung tidak seimbang, bergoyang dan berisik.

3. Kerusakan pada per gantung

per gantung

Seperti kami jelaskan diatas mesin cuci jenis top loading 1 tabung mengunakan 4 per gantu sebagai penyangga tabung. fungsi tabung ini sebagai penyeimbang dan meminimalisir getaran saat inner tabung berputar.

Namun seiring waktu ada beberapa masalah yang terjadi seperti kerusakan pada bodi yang menyebabkan pegangan per ini berkarat dan rusak.

Selain itu bisa juga karena per ini daya pegasnya berkurang sehingga tabung menjadi kurang terkontrol.

Pemeriksaan dan perbaikan

Saat melakukan pemeriksaan pastikan mesin cuci sudah tidak terhubung dengan listrik untuk mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan.

Pemeriksaan pertama lihat pada inner tubenya, tekan sisi tabung kedalam untuk mengetahui flesibilitas tabung. Jika saat ditekan mainnya hanya sedikit ini berarti kondisi tabung normal.

pemeriksaan tabung mesin cuci top loadingin

Namun jika saat ditekan terlalu mudah sampai menempel pada tabung luar maka buka bagian pulsatornya karena ada kemungkinan segitiganya patah.

segitiga mesin cuci top loading 1 tabung

Dan jika patah kita bisa menggantinya dengan yang baru karena bahan segitiga menggunakan alumunium cor sehinggan susah untuk dilakukan pengelasan.

Maka akan lebih baik jika kita mengantinya dengan yang baru karena pastinya akan lebih presisi dari pada mengakalinya. Untuk sparepart sendiri, segitiga mesin cuci biasanya dijual mulai harga 100 ribu sampai dengan 200 ribu.

Selanjutnya pemeriksaan pada bagian Per gantungnya, untuk memeriksa bagian ini maka kita harus membongkar bodi bagian atasnya. Setelah bodi atas dilepas maka perhatikan pada sudut – sudut atas bodi tempat pegangan per.

Untuk itu maka lepaskan satu persatu pernya, dan keluarkan tabung mesin cucinya kemudian letakkan tabung pada posisi terbaik.

Setelah per dilepas lihat kembali pada sudut atas body apakah ada kerusakan, jika sudah rusak bisa menggunakan tabahan plat yang dibetuk sesuai pegangan per.

Penyambungan bisa mengunakan bor baut atau bisa juga dengan las.

Kemudian periksa juga pada bagian pernya, per penyangga ini sejatinya berupa stik besi yang di kedua ujungnya terdapat bantalan. Disalah satu ujungnya terdapat per.

Pada bagian per ini dikaitkan pada tabung dan ujung satunya dikaitkan pada bodi. Setelah dilepaskan periksa pegas pada stik penyangga ini.

Jika tekanan pegas sudah tidak terlalu kuat berarti per ini sudah berkurang pegasnya. Hal ini bisa diakali menggunakan lem, dalam hal ini kita menggunakan lem gajah yang kita kenal sebagai lem tikus.

perbaikan per penyangga tabung mesin cuci

Pada stik per ini terdapat cover per yang bisa ditarik naik turun, kita tarik covernya kemudian kita aplikasikan lem gajah pada sticknya diatas per.

Setelah selesai dekatkan kembali covernya seperti semula. Penggunaan lem ini bertujuan untuk menghambat tekanan sehingga tekanan pegas sudah memlebah bisa dibantu oleh lem ini.

Setelah per yang tekanannya lemah diberi lem maka pasang kembali beserta tabungnya. Saat sudah terpasang perhatikan posisi tabung apakah sudah sejajar atau masih dalam kondisi miring.

Jika masih miring maka kita bisa memberi bantalan pada bodi penyangganya agar sama – sama sejajar.

Test Tabung Pengering

Untuk melakukan pengetesan nyalakan mesin cuci dan gunakan pada posisi spin, kemudian lihat putaran dari tabung mesin cuci.

Maka seharusnya mesin cuci akan minim getaran dan suaranya lebih halus. Jika masih terasa kurang halus kita bisa menambah bantalah pada bodi tempat pegangan per gantungnya.

Mungkin itu saja sedikit informasi mengenai penanganan pada mesin cuci yang berisik, bergetar dan goyang saat proses pengeringan, semoga artikel ini membantu dan terima kasih sudah membaca.

apa yang paling mahal didunia ini, FREEDOM