Komponen dan Cara Kerja Rem Pengering Mesin Cuci 2 Tabung

Rem Pengering Mesin Cuci

Komponen dan Cara Kerja Rem Pengering Mesin Cuci 2 Tabung – Mesin cuci 2 tabung memiliki bagian terpisah untuk tempat mencuci dan mengeringkan. hal ini juga membuat mesin cuci2 tabung memiliki 2 mesin untuk wash dan spin.

Pada bagian pengering kita akan mendapati tabung pengering yang terpisah dengan tabung body mesin cuci ini, tabung ini dapat dilepas apabila dibutuhkan untuk melakukan perbaikan.

Pada tabung pengering terdapat as dibawahnya yang dimana as ini dipasang pada mesin spin agar tabung pengering berputar sesuai dari putaran dari mesin spin karena pada tabung pengering ini tidak menggunakan gear box.

Karena putaran mesin spin begitu cepat tentunya membuat tabung pengeringnya juga berputar cepat dan ini merfungsi agar air bisa dikeluarkan dari cucian dengan lebih maksimal.

Komponen dan Cara Kerja Rem Pengering Mesin Cuci 2 Tabung

Saat kita mengoperasikan mesin pengering setelah melakukan pencucian kadang ada cucian yang tertinggal dan untuk menambahkan pada tabung pengering akan beresiko karena mesin sedang berputar kencang.

Karena itu akhirnya dipasanglah rem pada dinamo mesin pengering/spin. Dengan adanya rem ini kita bisa memasukan cucian yang tertinggal kedalam tabung pengering dengan aman.

Dengan adanya Rem maka ketika kita membuka pintu pengering saat pengering bekerja maka tabung akan berhenti dan ketika kita menutup pintunya mesin akan kembali bekerja.

Karena beberapa faktor seperti usia dari mesin cuci dan juga cara penggunaan yang kurang hati – hati menyebabkan rem pada mesin cuci mengalami kendala.

Sistem kerja Rem

Sistem pengereman pada mesin cuci 2 tabung hampir sama dengan rem tromol pada sepeda ontel, dimana kampas rem terletak pada mesin spin dan pada as dinamo terdapat puli untuk pengereman.

Puli ini sekaligus sebagai tempat dari as tabung pengering. Kemudian pada tempat kampas terdapat per yang menarikkampas menempel pada puli as.

Kemudian rumah kampas ini terdapat juga pengait untuk kabel/tali rem yang dihubungkan pada pintu pengering. Tali rem yang terhubung pada pintu pengering tidak akan terlihat dari luar karena tertutup oleh rumah tombol selector.

Jadi ketika pintu ditutup tali rem akan tertarik dan kampas rem akan terangkat sehingga tidak terjadi pengereman dan mesin berputar normal.

Sedangkan saat pintu dibuka/diangkat tali akan mengendur, sedaangkan per pada rumah kampas akan menarik kampas agar menempel pada puli dan melakukan pengereman.

Pengait pada pintu pengering juga terdapat saklar yang berfungsi untuk memutus arus ketika pintu dibuka atau saat pengereman dilakukan dan saat pintu ditutup saklar akan kembali tersambung dan mesin kembali berputar.

Komponen dan Kerusakan Rem Kulkas 2 Tabung

Sistem pengering memiliki beberapa komponen yang tentunya bisa mengalami kerusakan seletah digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Pintu pengering

Pada pengait pintu terdapat per pegas, dengan adanya pegas ini yang menahan pintu bisa tetap berdiri/ terbuka.

Karena terlalu sering mebuka tutup pintu pengering maka pengait bisa patah karena hanya terbuat dari plastik. dan apabila terjadi patah maka rem akan mengunci.

Untuk kerusakan ini perbaikan yang bisa dilakukan adalah melakukan modifikasi, atau bisa juga dengan membeli yang baru.

Atau bisa juga kita mengambil kanibalan dari pintu mesin cuci yang sejenis.

Saklar pengering

Saklar rem/pengering ini berfungsi untuk menyambung dan memutus arus dinamo motor pengering. Saklar ini berdapingan dengan pengait tali rem.

kerusakan pada pengait ini juga berpengaruh pada saklarnya, selain itu saklar yang berkarat juga menyebabkan komponen ini tidak bekerja normal.

saklar ini terdiri dari 2 lempeng kecil kuningan atau besi yang apabila mendapat tekanan akan saling menpel dan menyambungkan arus.

Anda bisa memodifikasinya dengan mengganti lempengan menggunakan kawat pada stop kontak, bisa juga mencari kanibala untuk mesin yang sama, atau paling mudah adalah menyambung langsung sehingga saklar tidak digunakan.

Jika tidak menggunakan saklar tabung pengering akan tetap bisa berhenti jika rem masih berfungsi. Namun saran kami jika tidak menggunakan saklar maka ketika membuka pengering sebaiknya jangan terlalu lama karena walaupun posisi direm namun mesin masih menyala.

Tali rem

Untuk penghubung rem dengan pintu terdapat tali seperti pada seal pengering kemudian disambung dengan tali kawat rem. Jika usia kawat sudah lama maka akan menyebabkan karat dan putus.

Untuk perbaikannya kita bisa membelinya satu paket dengan rumah rem.

Per rem

Per atau pegas ini terbuat dari besi yang berfungsi untuk menekan rem pada as, jika per ini sudah rapuh maka pengereman tidak akan maksimal.

Rumah Rem

Disini kampas rem dan juga per dipasang jika rumah rem megalami karat maka akan lapuk dan pengait per bisa terlepas sehingga pengereman jua tidak maksimal bahkan tidak berfungsi.

Kampas Rem

Lamanya penggunakan membuat kampas rem bisa aus sehingga dengan ausnya kampas rem akan membuat pengereman kurang maksimal. Agar rem kembali normal harus dilakukan penggantian dengan yang baru.

Mungkin itu sedikit informasi mengenai sistem kerja rem pada mesin cuci 2 tabung serta komponen dan kerusakan yang biasa terjadi. Semoga artikel ini bisa membantu dalam memahami mesin cuci 2 tabung.

Wahid Santoso
apa yang paling mahal didunia ini, FREEDOM