Arti Kode Error Mesin Cuci Polytron dan Cara Reset

Reset Kode Error Mesin Cuci Polytron

Arti Kode Error Mesin Cuci Polytron, Penjelasan dan Cara Reset – Polytron merupakan salah satu perusahan eletronik kebanggaan indonesia, perusahaan asli dalam negeri ini dalam perjalanannya cukup memiliki reputasi yang baik.

Produk – produknya juga laris dipasaran mulai dari TV, Audio speaker, home teater sampai peralatan rumah tangga seperti kulkas dan mesin cuci berbagai tipe.

Kelebihan Mesin Cuci Polytron

Bagi Anda pengguna Produk polytron khususnya untuk mesin cuci, tentu sudah merasakan kualitasnya yang baik dan cuckup bisa bersaing. beberapa kelebihan mesin cuci polytron adalah.

  • Bahan material

Dari mulai tipe mesin cuci 2 tabung, kualitas material bahannya kokoh dan awet, untuk bahan plastik menggunakan material premium yang elastis tidak mudah pecah dan getas.

Bahan metalnya juga cukup tebal dengan finising cat yang bagus sehingga tidak mudah berkarat

  • Suku Cadang

Karena produk asli dalam negeri dan dibuat di Indonesia maka tidak perlu khawatir untuk servisnya karena suku cadang mudah dan berlimpah.

  • Desain

Mesin cuci polytron memiliki desain beragam yang stynlish dan tidak terkesan jadul sehingga tentunya menjadi nilai tambah sebuah produk.

  • Kapasitas

Mesin cuci polytron dibuat dengan kapasitas kecil sampai besar sehingga Anda bisa memilih sesuai kebutuhan.

  • Silent Wash

Produk Polytron memiliki mesin yang halus saat bekerja terutama untu jenis mesin cuci 1 tabung sehingga tidak mengganggu kegiatan kita dirumah.

Kode Error Mesin Cuci Polytron dan Penjelasannya

Namun seperti produk elektronik lainnya tidak akan selamanya bekerja dengan baik, ada kalanya mesin cuci mengalami kendala.

Bagusnya mesin cuci polytron sudah dibekali dengan modul yang memiliki sensor yang menampilkan kode indikasi ketika terjadi error pada mesin cuci.

Mungkin sebagian dari Anda pengguna mesin cuci Polytron pernah mengalami munculnya kode error pada mesin cuci Anda, namun tidak mengetahui arti dari kode tersebut.

Maka disini kami akan membantu Anda untuk memberikan informasi mengenai apa saja kode error pada mesin cuci polytron beserta dengan penyebab dan penjelasan cara memperbaikinya.

1. DOOR

Kode error DOOR ini akan muncul ketika kita menjalankan mesin dalam keadaan tidak menutup pintu. Atau bisa juga pintu mesin cuci tidak menutup dengan sempurna.

Cara menghilangkan kode error ini adalah periksa disetiap sudut pintu apakah ada yang mengganjal dan bersihkan kemudian tutp kembali dengan rapat dan jalan kan mesin.

2. FInI

Kode error FInI (Finish/Selesai) tiba – tiba muncul saat mesin cuci Polytron ini sedang bekerja, hal ini menandakan ada error pada software modul mesin cuci ini.

Untuk perbaikannya kita bisa melakukan reset yang bisa kita seting melalui modul mesin cucinya. Untuk cara Reset Mesin Cuci Polytron Anda bisa mencoba kode dibawah ini.

Kode reset mesin cuci Polytron 1 Tabung

  • Tekan tombol Start/Pause + On/Off bersamaan sampai muncul kode min “–” dan lepaskan.
  • Selanjutnya tekan setiap tombol mesin cuci ini dimulai dari tombol paling kiri, dan terakhir tekan tombol On/Off.
  • Cabut kabel power mesin cuci dari stop kontak kemudian colokan kembali.
  • Dan terakhir tekan tombol Power untuk menyalakan mesin cuci untuk digunakan kembali.

3. EFIL

Kode error EFIL muncul ketika ada masalah dengan pengisian air, dimana tidak ada air yang masuk pada tabung mesin cuci.

Untuk mengatasinya kita bisa memeriksa kran air menuju mesin cuci, karena kadang kita lupa untuk membuka krannya.

Kemungkinan kedua ada masalah pada water inlet. Didalam water inlet terdapat saringan, tarik saringan dengan tang karna ada kemungkinan ada penyumbatan disana.

4. BLNC

Kode error BLNC ini berkaitan dengan Balance/Keseimbangan, letak atau dudukan mesin cuci yang tidak rata akan membuat tabung tidak senter dan jika dipaksakan berputar maka mesin cuci akan bergerak dengan tidak stabil.

Selain itu pennepatan cucian yang tidak rata juga memicu munculnya kode ini karena bisa menimbulkan dampak yang sama, sehingga dibuat tanda peringatan ini untuk mencegah kondisi tersebut.

Maka, mesin cuci tidak akan dan akan memunculkan kode BLNC pada panel display.

Selain disebabkan karena penempatan yang tidak rata, kode ini juga bisa muncul karena cucian tidak tersebar merata di dalam tabung, sehingga menyebabkan tabung jadi berat sebelah.

Untuk mengatasi munculnya kode ini pertama tekan tombol pause kemudian tekan tombol on/off untuk mematikan mesin dan cabut kabel listriknya.

Kemudian atur mesin cuci pada posisi yang rata, dan atur juga cucian pada tabung cuci.

Setelah selesai colokan kembali mesin cuci dan tekan tombol on/off dilanjutkan tombol start untuk menjalankan mesin.

5. EDRN

Kode error EDRN ini muncul ketika ada masalah pada pembuangan/drain, kemungkinan terjadi penyumbatan pada saluran pembuangan yang menyebabkan air terjebak dan tidak terbuang sehingga proses cuci terhenti.

Periksa jalur pembuangan Anda bisa membuka penutup di bagian depan bawah dengan cara memutarnya, jika ada kotoran maupun benda-benda seperti koin akan keluar dari sana.

Periksa juga selang pembuangan apakah posisi ujungnya berada diatas atau tertekuk.

6. E1

Kode error E1 ini sebagai indikasi masalah pada water inlet dimana kemungkinan terjadi masalah pada katup water inlet atau bisa saja Anda lupa membuka kran airnya.

Jika perbaikan inlet dilakukan namun inlet masih buntu maka harus diganti dengan water inlet yang baru.

7. E2

Kode error E2 berkaitan dengan water level, komponen ini berada didalam mesin cuci menempel pada tabung cuci.

8. E3

Kode error E3 ini muncul karena masalah pintu yang terbuka atau tidak tertutup rapat.

9. E4

KOde ini muncul karena mesin cuci tidak balance dimana letak mesin cuci tidak rata dan kemungkinan cucian yang menggumpal di satu sisi.

10. E5

Kode error E5 ini berhubungan dengan masalah pembuangan air atau drain

11. E6

Kode error E6 berkaitan dengan sensor water level atau ketinggian air. Dengan kerusakan pada sensor water level maka air akan terus masuk kemesin cuci dan mesin cuci tidak bisa berjalan.

Itu tadi informasi yang bisa kami berikan kepada tentang arti kode error, penyebab dan cara reset mesin cuci Polytron.

Untuk bebarapa kerusakan yang sekiranya tidak bisa kita kerjakan maka saran kami sebaiknya memanggil bantuan teknisi.

Wahid Santoso
apa yang paling mahal didunia ini, FREEDOM