Cara Mengganti Pulsator Mesin Cuci Top Loading

Cara mengganti gear pulsator mesin cuci top loading

Cara Mengganti Pulsator Mesin Cuci Top Loading – Mesin cuci top loading 2 tabung dan 1 tabung memiliki sitem pencucian yang sama dengan menggunakan alat bernama pulsator pada tabung cucinya.

Hanya saja pada mesin cuci 2 tabung masih menggunakan timer sedangkan pada mesin cuci top loading 1 tabung sudah otomatis menggunakan modul.

Jika kita melepas pulsator maka kita akan melihat pada bagian tengah terdapa lubang untuk as gear. Lubang ini berbahan besi yang memiliki gerigi sisi dalamnya.

Gerigi ini berfungsi untuk mencengkram as dari gearbox yang dimana pada as gearbox sendiri juga bergerigi, sehingga ketika dipasangkan pulsator akan kuat dan tidak goyang apalagi ditambah dengan baut sebagai pengunci agar mengantisipasi pulsator lepas.

Cara mengganti gear pulsator mesin cuci top loading

Ciri – ciri gear pulsator rusak

Ciri pulsator rusak adalah ketika mesin cuci bekerja pada proses pencucian pulsator ini tidak berputar atau hanya berputar lamban sementara mesin dan gearboxnya menyala.

Penyebab pulsator rusak

Dengan lamanya pemakaian membuat pulsator akhirnya mengalami kerusakan. Beban Cucian yang berlebihan bisa juga menyebabkan pulsator lebih cepat mengalami kerusakan.

Maka kami sarankan ketika menggunakan mesin cuci sebaiknya kapasitasnya dibawah dari kapasitas yang tertulis pada mesin cuci, misal kapasitas cucinya 14 Kg maka isi beban cucian maxsimal 13 Kg jika ingin mesin cuci lebih awet.

Karena jika pulsator mengalami kerusakan biaya yang dikeluarkan cukup mahal. Untuk pulsator mesin cuci top loading otomatis biasanya dijual sekitar harga 100 ribu sampai 300 ribu tergantung dari tipe mesin cucinya.

Harga itu belum termasuk jasa pasang jika Anda menngunakan jasa teknisi.

Namun jangan khawatir karena disini kami akan membantu Anda menangani masalah ini dengan cara memberi tutorial perbaikan pulsator murah hanya bermodal lima ribu rupiah saja dan bisa Anda kerjakan sendiri dirumah.

Secara umum kerusakan yang sering terjadi pada pulsatornya adalah pada gearnya yang mengalami aus sehingga daya cengkram terhadap as gearbox.

Dengan putaran mesin cuci yang selalu bekerja dengan arah bolak balik membuat gerigi yang sudah koyak semakin cepas aus, dan ketika pulsator aus maka pulsator tidak akan lagi bisa berputar mengikuti gearbox.

Dan hal ini juga berakibat cucian tidak bergerak dan proses pencucian tidak maksimal.

Tutorial perbaikan pulsator murah hanya modal lima ribu

Seperti penjelasan diatas mengganti pulsator cukup mahal jadi kita gunakan cara mengakali pulsator lama dengan mengganti gear atau geriginya saja.

Namun sebelumnya anda persiapkan dulu untuk alat – alat yang dalam memperbaiki pulsator ini.

las portable

Alat

  • Tang
  • Palu
  • Obeng
  • Gas/las portabel

Langkah Langkah

Pertama buka pintu mesin cuci kemudian gunakan obeng untuk mencongkel pelindung sekrup pada pulsator. Setelah terbuka maka buka sekrupnya dengan obeng.

Jika agak susah atau berkarat maka paskan obeng pada drat sekrupnya dan pukul obeng dengan palu 3 sampai 4 kali, kemudian tekan obeng dengan kencang sambil diputar untuk mengendorkan sekrup.

Setelah baut dilepas maka ambil pulsatornya, dalam pengambilan pulsator ini akan mudah karena giginya sudah aus, berbeda dengan pulsator normal ketika diambil pasti agak sulit.

perbersihan pulsator

Jika pulsator dan tabung terlihat kotor makan bersihkan sekalian agar tidak mengganggu pembuangan air.

Setelah pulsator dilepas maka akan terlihat jelas as gearboxnya, kemudian hitung cekungan gigi pada as tersebut atau langsung pada gear bekasnya, hitungan ini anda gunakan untuk membeli gigi pulsator.

Jadi belilah gigi pulsator mesin cuci ini ke toko sparepart elektronik rumah tangga, belilah sesuai jumlah gigi pada as gearbox.

Biasanya untuk gearbox ada gigi 12 atau 14, sedang harga gear pulsator ini cukup murah sekitar 5 ribu rupiah saja.

Setelah gigi pulsator yang baru tersedia maka kita kembali lagi pada pulsatornya. siapkan las portable atau jika anda memiliki las asetilin gunakan las tersebut.

melepas gear pulsator

Letakan pulsator ditempat atas kemudian nyalakan las dan panasi bagian bawahnya tepat pada besi geriginya. Perhatikan, lakukan pemanasan hanya pada geriginya saja dan jangan mengenai plastik atau bodi mesin cuci disekitarnya.

Sembur dengan api stabil maka ketika gear ini panas maka akan turun sendiri, jika sudah mulai turun matikan lasnya dan tarik gear mengunakan tang.

memasang gigi pulsator

Segera balik pulsatornya dan pasang dengan gear yang baru, lakukan dengan cepat namun presisi sebelum plastik body mengeras. Atur lubang Gear dengan obeng jika dirasa kurang presisi kemudian diamkan sejenak.

Berikutnya Anda bisa pasangkan kembali pulsator ini pada tabung pencucian, tepatnya pada as gearbox. Paskan dengan geriginya kemudian pukul – pukul ringan dengan palu.

Jika pulsator sudah terpasang sempurna kemudian pasang skrupnya dan pasang kembali cover baut pulsator.

Tes mesin cuci

Setelah terpasang maka nyalakan mesin cuci dan isi dengan cucian maka dipastikan cucian akan berputar.

Mungkin itu saja informasi yang bisa kami sampaikan dalam perbaikan gigi pulsator dan bisa Anda coba sendiri dirumah sehingga anda tidak perlu untuk mengeluarkan biaya yang mahal.

apa yang paling mahal didunia ini, FREEDOM