Mengenal 10 Jenis RAM Laptop dan Komputer PC

Jenis RAM Laptop dan Komputer PC

Macam Jenis Tipe RAM Laptop dan PC – Random access memory atau RAM adalah perangkat komputer yang berfungsi sebagai memori atau penyimpanan data. Hanya saja, RAM berfungsi sebagai memori atau penyimpan data yang bersifat sementara.

Dengan demikian, RAM hanya berfungsi ketika perangkat, baik komputer maupun laptop, menyala. Kinerja perangkat ini memang sangat mempengaruhi kinerja dari sebuah komputer atau laptop. Semakin besar kapasitas RAM, semakin cepat pula kinerja laptop atau komputermu.

Namun, tahukah kamu kalau RAM sebenarnya memiliki banyak jenis? Nah, dalam artikel kali ini, kami akan menjelaskan beberapa jenis RAM yang sebenarnya bisa dipasang di laptop atau komputer kamu.

Jenis RAM Laptop dan PC

DRAM

DRAM
enterprisestorageforum.com

Dynamic random access memory atau yang sering disingkat dengan DRAM adalah jenis RAM yang paling sering digunakan dalam komputer atau laptop. Jenis ini merupakan memori semikonduktor yang berfungsi untuk menyimpan data dan kode program yang ada pada prosesor komputer.

Memori semikonduktor maksudnya jenis ini memerlukan kapasitor untuk melakukan refresh data yang ada di dalam komputer. Keunggulan dari DRAM sendiri adalah memiliki desain yang sederhana, tetapi kecepatannya cukup tinggi. Kecepatan rata-rata yang dimiliki oleh DRAM adalah sekitar 4,7MHz sampai dengan 40MHz.

SDRAM

SDRAM
thumbs.static-thomann.de

Synchronous dynamic random access memory atau SDRAM merupakan bentuk pengembangan dari DRAM. Namun, masa kejayaan SDRAM hanya terjadi pada akhir 1995 hingga 2003. Meski demikian, SDRAM bisa dibilang memiliki kecepatan yang mumpuni.

Tercatat, SDRAM memiliki kecepatan antara 100MHz sampai dengan 133 MHz. Selain itu, kapasitas dari SDRAM sendiri mencapai 16MB sampai dengan 1GB.

RDRAM

RDRAM
newegg.com

Rambus dynamic random access memory atau RDRAM masih termasuk dalam pengembangan jenis DRAM. RDRAM memiliki kecepatan yang super cepat dibandingkan RAM pada masanya. Dikeluarkan pada medio 1995 hingga 1996, kecepatan RDRAM sudah mencapai 1GHz.

Tingkat kecepatan sebesar itu membuat RDRAM tidak bisa dipasang disemua jenis motherboard. RDRAM hanya cocok dipasang untuk komputer kelas server atau komputer yang digunakan untuk video grafis akselerator.

SRAM

SRAM Memory
ebay.co.uk

SRAM merupakan singkatan dari static random access memory. Sesuai dengan namanya, memori jenis ini bersifat statis atau tidak perlu di-refresh secara berkala. SRAM bersifat semikonduktor, tetapi tidak memerlukan kapasitor layaknya DRAM.

Susunan seperti ini membuat SRAM memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan DRAM. Hanya saja, kapasitas memori yang disediakan oleh SRAM sangat terbatas. Namun, dengan kecepatan dan komposisi yang dimiliki, SRAM biasanya memiliki harga lebih mahal dibandingkan DRAM.

EDORAM

Memori EDORAM
wikimedia.org

Extended data output random access memory atau EDORAM merupakan jenis RAM yang dikeluarkan pada 1994 silam. Jenis ini memiliki kecepatan yang lebih cepat dibandingkan RAM pada umumnya saat itu. Namun, itu hanya terjadi apabila EDORAM menggunakan L2 Chace. EDORAM akan berubah menjadi sangat lambat apabila tidak menggunakan L2 Chace.

Selain itu, EDORAM memang dirancang untuk menjadi memori temporer bagi prosesor Pentium keluaran Intel. RAM jenis ini memiliki slot memori 72 pin.

FPM DRAM

Memori FPM DRAM
oempcworld.com

FPM DRAM merupakan bentuk awal sebelum pengembangan DRAM versi terbaru. Memori yang memiliki kepanjangan first page mode DRAM ini memiliki kecepatan yang cukup tinggi jika menggunakan L2 Chace. Kecepatan transfer maksimum dari FPM DRAM jika menggunakan L2 Chace bisa mencapai 176MBps.

FPM DRAM merupakan jenis memori yang paling banyak dan umum digunakan dalam komputer sebelum versi terbaru dari DRAM rilis.

Flash RAM

Memori Flash RAM
uidesign.gbtcdn.com

Flash RAM sebenarnya memiliki nama lain, yakni non-volatile RAM. Jenis ini memiliki keunikan dibandingkan dengan jenis RAM yang disebutkan sebelumnya. Flash RAM mampu digunakan untuk menulis dan menghapus data.

Selain itu, Flash RAM juga bisa tetap menyimpan data yang masuk, meskipun tidak ada daya terhubung padanya. Memori jenis ini biasanya ditemukan pada perangkat USB flashdrive, mainan anak-anak, printer, dan televisi.

SDR SDRAM

Memori SDR SDRAM
blackmoreit.com

SDR SDRAM sebenarnya sering dikenal dengan sebutan SDRAM saja. SDR sendiri merupakan singkatan dari single data rate. Itu artinya RAM jenis ini hanya mampu mengirimkan satu instruksi kepada prosesor yang ada dalam CPU dalam satu siklus clock.

Selain digunakan pada komputer, SDRAM juga digunakan pada perangkat lain, seperti konsol video game yang sering kamu mainkan.

DDR SDRAM

Memori DDR SDRAM
connection.com

Seiring berjalannya waktu, SDR SDRAM mengalami perkembangan dengan muncul DDR SDRAM. DDR sendiri memiliki singkatan double data rate. Artinya, DDR SDRAM ini memiliki kinerja dua kali lebih apik dibandingkan dengan jenis SDR.

DDR bisa mengirimkan dua instruksi dalam satu situs clock kepada CPU komputer milikmu. Selain itu, DDR juga mengalami perkembangan, mulai dari DDR1, DDR2, DDR3 dan DDR4. Namun, sampai saat ini, DDR SDRAM yang paling diminati adalah DDR3 karena harganya yang terjangkau dan kecepatannya sudah cukup tinggi.

GDDR SDRAM

Memori GDDR SDRAM
www.akshatblog.com

GDDR SDRAM bisa dibilang masih bersaudara dengan DDR SDRAM. Hanya saja, GDDR digunakan pada video card yang berfungsi untuk melakukan proses grafis dan video. Dengan demikian, GDDR ini biasanya digunakan dalam proses rendering para videografer.

GDDR memiliki sedikit perbedaan dalam hal kemampuan jika dibandingkan dengan DDR biasa. Jenis ini mampu meminta dan menerima data sekaligus hanya dalam satu situs clock. Hal tersebut membuat GDDR ini mampu menggunakan lebih sedikit daya dibandingkan DDR.

Akhir Kata

Nah, itu tadi berbagai jenis RAM yang harus kamu ketahui dan bisa kamu gunakan dalam komputer atau laptopmu. Sebisa mungkin sesuaikan dengan kebutuhan komputer dan laptopmu ya. Semoga bermanfaat!

Deni Saputro
Seorang Blogger, Penulis Artikel dan Digital Marketer yang ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi wawasan lewat tulisan.