Bisakah RAM DDR3 Dipasang Di Slot DDR4 dan Sebaliknya

Bisakah RAM DDR3 Dipasang Di Slot DDR4

Bisakah RAM DDR3 Dipasang Di Slot DDR4 dan Sebaliknya – Kompatibilitas RAM DDR3 dan DDR4 harus Anda pahami, khususnya ketika akan merakit PC karena ada perbedaan mendasar di antara keduanya. Berikut penjelasannya.

Kira-kira, bisakah RAM DDR3 dipasang di DDR4? Tentu saja, untuk mengetahuinya, Anda harus memahami kompatibilitas RAM DDR3 dan DDR4 terlebih dahulu.

Karena, secara teknis, keduanya memiliki fungsi yang sama. Yakni sebagai ruang tambah pada memori RAM di dalam sebuah laptop maupun PC sekaligus juga berperan menjadi RAM External.

Yang mana, keduanya akan sangat mempengaruhi proses kecepatan arus sistem multitasking ketika membuka beberapa program dalam satu waktu.

Hanya saja, ada beberapa perbedaan mendasar yang perlu untuk diketahui dan dipahami. Mengingat kedua jenis RAM tersebut serupa tapi tak sama.

Lalu, apa sih yang membuat keduanya berbeda? Dan, apakah keduanya kompatibel?

Bisakah RAM DDR3 Dipasang di DDR4?

Ketika Anda ingin ganti RAM DDR3 ke DDR4, tentu saja diperlukan beberapa pertimbangan, salah satunya soal kompatibilitasnya. Seperti soal perbandingan antara RAM DDR3 dan DDR4.

Sebagai informasi bahwa DDR4 sendiri merupakan generasi terbaru. Atau, dengan kata lain merupakan penerus dari versi RAM DDR3.

Dimana, ada beberapa perbaikan dan peningkatan spesifikasi dibandingkan pada generasi DDR3.

Seperti yang berkenaan dengan soal konsumsi daya yang lebih efisien, ukurannya ideal, dan soal kecepatannya yang meningkat.

Perbedaan mencolok keduanya terlihat dari bentuk desain dan daya tampung atau kemampuan ruang kapasitasnya.

Dari perbedaan itu, sudah cukup terlihat jelas. Dipastikan bahwa DDR4 tidak kompatibel dengan DDR3. Dengan kata lain, RAM DDR3 tidak bisa dipasang pada RAM DDR4.

Sebab, jika dilihat dari segi bentuk atau fisiknya, maka mustahil untuk memasukkan RAM DDR3 dalam slot DDR4 maupun sebaliknya.

Bukan tanpa alasan, umumnya slot yang ada pada tipe RAM DDR4 memiliki ukuran lebih lebar dibandingkan DDR3.

Tentu saja untuk meningkatkan performa multitasking PC tak hanya sekedar mengupgrade memori RAM yang bagus semata.

Ada aspek lain yang perlu dipertimbangkan mengingat keduanya memiliki perbedaan yang cukup mendasar.

Pertama, untuk tipe DDR3 membutuhkan 1,5 V guna menjalankan sistem operasi normal. Lalu, dalam mode hemat daya, tipe ini butuh tenaga 1,35 V.

Ini sangat berbeda dengan spesifikasi RAM DDR4. Mengingat tipe ini hanya membutuhkan daya lebih sedikit, yakni 1,2 V.

Dari hal itu saja sudah sangat jelas. Walaupun Anda bisa memasukkan RAM DDR3 pada slot DDR4, tetap saja tidak akan berfungsi normal sebagaimana mestinya.

Bukan tanpa alasan mengingat meskipun bisa dipasang pun, slot yang ditawarkan tak akan mempengaruhi kecepatan motherboard dan akan gagal menyediakan tegangan yang dibutuhkan. Begitupun sebaliknya.

Ketidaksesuaian antara RAM DDR3 dan RAM DDR4 tersebut tentu juga dipengaruhi oleh perbedaan spesifikasi di antara keduanya.

RAM DDR3

RAM DDR3 sendiri adalah tipe generasi yang diluncurkan pada tahun 2007 sebagai penerus dari DDR1 dan DDR2.

Model ini sudah banyak digunakan oleh banyak laptop keluaran sekarang. Konsumsi dayanya cukup efisien dibandingkan versi sebelumnya, karena hanya butuh 1.5V.

Di sisi lain, kapasitas maksimal RAM DDR3 yang bisa diraih bisa mencapai 8 GB dan tersedia pada beberapa frekuensi, mulai 800, 1066 1333, 1600, 1866, 2133, MhZ.

RAM DDR4

Untuk versi DDR4 sendiri baru diluncurkan pada 2014 yang mana hadir sebagai penerus DDR3, bahkan kemungkinan besar akan hadir sebagai penggantinya.

Beberapa perbedaan cukup mencolok tentu terlihat pada sisi kelebihan di sektor spesifikasinya.

Di antaranya seperti batas kapasitasnya yang lebih besar hingga 16 GB. Bahkan, konsumsi tenaganya lebih hemat karena hanya butuh 1.2V.

Frekuensinya juga lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya. Kemudian, slot maupun desainnya pun juga berbeda dengan RAM DDR3.

Perbedaan RAM DDR3 dan RAM DDR4

  1. Kapasitas DDR4 lebih besar hingga 16GB dibandingkan DDR3 yang memiliki memori kepadatan 8GB.
  2. Dari segi frekuensi, RAM DDR4 lebih cepat dari frekuensi yang dimiliki DDR3. Ini perbedaan yang paling mencolok mengingat kecepatan transfer data pada versi terbaru (DDR4) jauh lebih agresif.
  3. DDR4 lebih hemat karena hanya butuh 1.2V. Sedangkan, DDR3 butuh 1.5 V.
  4. Selain itu, dari sisi modulnya sendiri, versi DDR3 hanya 240 pin. Berbeda sekali dengan modul pada DDR4 yang memiliki pin lebih tinggi yakni hingga mencapai 288.
  5. DDR4 dipastikan tidak kompatibel dengan DDR3 karena perbedaan ukuran slot di antara keduanya.
  6. Untuk kapasitas memori, DDR3 dilengkapi 8 memori internal. Lebih kecil dibandingkan versi DDR4 yang mendapat dukungan hingga 16 memori.

RAM DDR3 vs RAM DDR4

Dilihat dari segi spesifikasi, sudah barang tentu RAM DDR4 jauh lebih unggul dibandingkan tipe RAM DDR3.

Wajar saja, karena dua tipe tersebut berbeda generasi. Yang mana, DDR4 menjadi generasi terbaru dengan bekalan peningkatan pada beberapa aspek.

Nah, memahami perbedaan mendasar di antara keduanya, tentu saja sudah jelas dan pasti jika keduanya tidak kompatibel.

Dengan kata lain, jika Anda akan upgrade RAM dari DDR3 ke generasi DDR4, tak akan mungkin bisa karena perbedaan slot maupun ukuran pada motherboard.

Dari sini, jelas bahwa kompatibilitas RAM DDR3 dan DDR4 jelas-jelas tidak akan saling mendukung dikarenakan perbedaan mendasar dan mencolok di antara keduanya.

Deni Saputro
Seorang Blogger, Penulis Artikel dan Digital Marketer yang ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi wawasan lewat tulisan.