Komponen Mesin Cuci 2 Tabung dan Fungsinya

Bagian Komponen Mesin Cuci 2 Tabung

Komponen Mesin Cuci 2 Tabung, Fungsi dan Cara Kerja – Mesin cuci sekarang ini sudah menjadi bagian dari kebutuhan rumah tangga, dengan adanya mesin cuci pekerjaan rumah yang kadang kita malas untuk mengerjakannya, dalam hal ini adalah mencuci bisa dikerjakan tanpa membutuhakn banyak tenaga.

Mesin cuci memiliki beberapa jenis seperti mesin cuci 2 lubang atas, 1 lubang atas atau juga biasa disebut top loading, dan ada juga mesin cuci lubang samping atau juga disebut mesin cuci front loading.

Dan ada beberapa merk mesin cuci terbaik yang di jual dipasasaran seperti mesin cuci dari Polytron, Samsung, Sharp, Sanken, LG, Denpoo, Panasonic, Aqua, Sanyo dan masih banyak lagi.

Dari ketiga jenis mesin cuci diatas yang menurut saya paling mudah dipahami oleh banyak orang dan paling murah harganya adalah jenis mensin cuci 2 tabung.

Selain itu biaya servis dari mesin cuci ini juga paling murah diantara jenis mesin cuci yang lainnya untuk berbagai kerusakan didalamnya.

Komponen Mesin Cuci 2 Tabung dan Fungsinya

Jika ditempat Anda masih menggunakan jenis mesin cuci 2 lubang tidak ada salahnya untuk mengetahui komponen apa saja yang ada pada mesin cuci ini sehingga kita bisa lebih memahami tentang mesin cuci ini.

Untuk itu kali ini kami akan memberikan informasi mengenai komponen apa saja yang ada pada mesin cuci 2 tabung beserta dengan funsinya.

Body/Rangka

Ukuran body mesin cuci 2 lubang merupakan yang paling besar jika dibanding dengan mesin cuci top loading maupun front loading, ini dikarenakan jenis ini memiliki 2 lubang terpisah untuk tabung cuci dan tabung pengeringnya.

Body mesin cuci menjaga mesin wash dan spinnya bekerja dengan stabil selain itu juga berguna untuk melindungi kelistrikan dari mesin cuci ini agar tidak terkena percikan air dan hal lain yang menimbulkan kerusakan pada mesin cuci.

Untuk jenis body mesin cuci lawas banyak yang menggunakan bahan plat besi, namun kekurangan dari jenis ini adalah timbulnya karat yang menyebabkan body mengalami kerusakan dan membuat mesin cuci tidak kokoh.

Maka dari itu body mesin cuci 2 tabung sekarang ini lebih banyak mengunakan material plastik premium

Rumah timer / Display Selector

mesin cuci sharp 2 tabungDitempat inilah terletak komponen – komponen dan tombol untuk melakukan pengaturan dari jalannya mesin cuci 2 tabung yang diantaranya adalah.

  • Lubang Air

Disinilah tempat untuk menyambungkan selang air keran kedalam bak mesin cuci. Water selector, berupa tombol geser yang berfungsi untuk mengatur masuknyanya air ke mesin cuci antara tabung cuci dan tabung pengering.

  • Tombol putar Wash Timer

Digunakan untuk menyalakan mesin wash/pencucian dan pembilasan serta mengatur berapa lama waktu pencucian.

  • Tombol putar Drain Selector

Digunakan untuk melakukan pembuangan air dari dalam tabung wash. beberapa mesin cuci 2 tabung juga adanya menambahkan motor drain pada tombol ini.

  • Tombol putar Spin Timer

Digunakan untuk menyalakan mesin pengering serta mengatur lamanya waktu pengeringan. Waktu maksimal dari timer spin adalh 5 menit.

  • Water selector

berupa tombol geser yang berfungsi untuk mengatur masuknyanya air ke mesin cuci antara tabung cuci dan tabung pengering. Untuk tombol ini hanya tersedia pada beberapa tipe mesin cuci.

Pintu mesin cuci

Mesin cuci 2 tabung memiliki 2 pintu/tutup untuk bagian pencucian dan pengering. Dan pada bagian pengering terdapat penutup tambahan dibawahnya untuk menambah keamanan ketika proses pengeringan berlangsung.

Tabung cuci/wash tube

Tabung cuci ini sebagai media untuk melakukan pencucian, kapasitas dari tabung mesin cuci 2 lubang ini antara 7 kg sampai 14 kg.

tabung wash mesin cuci

Pada dinding tabung cuci terdapat lubang masuknya air ke tabung dan di lubang tersebut terdapat filter untuk menyaring kotoran. Filter bisa dilepas pasang sehingga mudah untuk dibersihkan.

Pulsator

Pulsator bentuknya berupa piringan yang terletak didasar tabung cuci, ketika bekerja pulsator akan berputar menggiling cucian searah jarum jam dan sebaliknya.

Hal ini akan memberi efek seperti tangan mencuci pakaian yang membuat kotoran pada mesin cuci larut bersama air ditergen.

Gearbox

gearbox mesin cuci 2 tabung

Rangkaian komponen gearbox dibaut dengan kuat dibawah tabung cuci yang asnya tersambung dengan pulsator. Pada gearbox ini juga terdapat seal nyang menjaga kebocoran air dari tabung cuci.

Vanbelt wash

Vanbelt inilah yang menghubungkan antara gearbox dengan mesin wash sehingga ketika mesin wash dinyalakan maka pulsator yang tersambung dengan gearbox akan berputar mencuci pakaian.

Dinamo wash

dinamo wash mesin cuci sharp 2 tabung
bukalapak.com

Disini awal sumber dari proses pencucian dilakukan. Mesin wash adalah rangkaian kumparan dinamo yang berfungsi untuk menggerakan pulsator sebagai Alat untuk pencuci dan bilas.

Mesin wash memiliki kecepatan yang rendah namun memiliki kekuatan torsi yang lebih tinggi. sehingga berbanding terbalik jika dibanding dengan mesin spin.

Kecepatan yang rendah pada mesin wash membuat efek mesin tidak cepat panas sehingga mesin aman bekerja dalam waktu yang lebih lama.

Tabung pengering / spin tube

 tabung mesin cuci

Tabung pengering terpisah dengan body mesin cuci, tabung pengering ini tersambung dengan as ke mesin pengering jadi ketika bekerja tabung ini akan berputar kencang sehingga mengeluarkan air dari cucian.

Pada tabung mesin cuci juga disediakan penutup untuk memampatkan cucian dan menjaga cucian yang dikeringkan agar tidak terlempar keluar dari tabung pengering.

Seal Pengering

seal pengering mesin cuci 2 tabung
shopee.co.id

Seal pengering terletak di bawah tabung pengering, fungsinya adalah sebagai penahan air agar tidak jatuh ke mesin spin karena jika ini terjadi maka mesin akan mengalami kerusakan.

Dinamo Mesin Spin

dinamo pengering mesin cuci 2 tabung

Mesin spin pada mesin cuci 2 lubang berada terpisah , tidak seperti mesin cuci top loading dan front loading yang menggunakan satu mesin untuk cuci dan pengeringnya.

mesin dinamo pengering memiliki putaran cepat untuk mencapai kinerja pengeringan yang maksimal sehingga mesin spin lebih cepat panas.

Oleh sebab itulah timer spin memiliki pengaturan waktu maksimal 5 menit untuk mengurangi efek panas yang menyebabkan kerusakan mesin.

Rem mesin spin

Rem ini tersambung dengan pintu tabung pengering, jadi ketika pintu dibuka maka rem akan berfungsi. Begitu juga ketika mesin sedang bekerja kemudian Anda membuka pintu maka tabung pengering akan berhenti karena ditekan oleh rem.

Rem ini akan berfungsi dengan baik karena torsi dari mesin pengering rendah meskipun kecepatannya tinggi.

Kapasitor

kapasitor mesin cuci 2 lubang

Kapasitor berfungsi untuk membantu angkatan mesin saat awal mesin dinyalakan karena tanpa menggunakan kapasitor mesin ini tidak bisa langsung menyala.

Pada satu mesin cuci 2 tabung terdapat 2 kapasitor yang dibagi masing – masing 1 kapasitor pada mesin wash dan mesin spin.

Saluran Pembuangan

Sistem pembuangan air ini berguna untuk mengeluarkan air bekas cucian dari dalam tabung cuci dan tabung pengering.

Komponen sistem pembuangan mesin cuci

  • Tombol drain
  • Motor drain
  • Tali drain/seal
  • Pengait seal pembuangan
  • seal pembuangan
  • Per seal pembuangan
  • Fliter air
  • selang pembuangan

Tombol drain ini tersambung dengan tali pembuangan menuju rumah seal pembuangan. Ketika tombol drain diputar maka tali akan ditarik dan seal pembuangan akan terangkat sehingga air akan keluar melewati rumah seal menuju selang pembuangan.

Itulah tadi informasi mengenai komponen – komponen bagian dari mesin cuci 2 tabung beserta dengan fungsi dan cara kerjanya. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam mesin cuci 2 lubang.