Jenis Kerusakan Kulkas 2 Pintu dan Solusinya

kulas 2 pintu rusak

Kerusakan Kulkas 2 Pintu dan Cara Memperbaiki – Kulkas dua pintu merupakan pengembangan dari kulkas satu pintu. Kulkas dua pintu sendiri merupakan tipe kulkas yang dimana menggunakan dua ruangan. satu ruang untuk frezeer beku dan yang satu lagi untuk ruang chiller sayur buah dan lainnya.

Sederhananya sistem kerja kulkas adalah memindahkan suhu panas yang ada didalam ruangan kulkas ke tempat lain. Saat kulkas bekerja dengan baik maka Anda bisa merasakan dibodi samping kiri dan kanan kulkas akan terasa hangat.

Untuk kulkas dua pintu model lawas, sistem pendinginnya masih menggunakan pendinginan langsung sama seperti kulkas 1 pintu sehingga masalah yang timbul seperti tumpukan bunga – bunga es masih saja muncul.

Kemudian untuk model sekarang kulkas dua pintunya sudah menggunakan fan cooller untuk mengalirkan suhu dingin dari evap dengan fitur defrost sehingga bunga es tidak muncul.

Kulkas dua pintu memiliki beberapa kelebihan dibanding kulkas 1 pintu. Salah satunya dari segi kapasitas frezeer yang lebih besar.

Untuk tipe yang lebih tinggi pada kulkas 2 pintu sudah menggunakan inverter sehingga menghasilkan efisiensi dalam kebutuhan daya dan kinerja yang lebih baik.

Kerusakan Kulkas 2 Pintu dan Cara Mengatasinya

Namun perlu dipikirkan juga ketika Anda menggunakan kulkas 2 pintu dengan beragam fiturnya, ketika terjadi error pada kulkas akan membutuhkan penanganan atau pengecekan yang lebih jika dibandingkan dengan kulkas 1 pintu.

Hal ini mengingat dari komponen penunjang kulkas 2 pintu yang lebih banyak dan rumit. Jadi apa sajakah kerusakan yang sering terjadi pada kulkas 2 pintu.

1. Kulkas mengalami grounding/nyetrum

Kulkas nyetrum tentunya sangat mengkhawatirkan dan ini juga pertanda bahwa kulkas sedang bermasalah atau bahkan bisa membahayakan.

Untuk itu kita perlu tau apa saja penyebab kulkas bisa bisa nyetrum dan cara menanganinya.

  • Balik colokan steker

Jika hal ini terjadi ada beberapa cara untuk memperbaikinya, hal pertama adalah cara yang paling sederhana yaitu dengan membalikan colokan kulkas pada stopkontak. persiapkan tespen dan avometer untuk mengecek arus yang bocor.

  • Pasang Kabel Grounding

Jika Anda sudah membalikan steaker/colokan kulkas namun masih nyetrum, Maka Anda bisa melakukan grounding dengan cara menyambungkan kabel dari bodi kulkas ke tembok atau lantai.

Anda bisa mencoba melihat dibelakang bodi kulkas biasanya ada baut, kendurkan baut kemudian lilitkan kabel pada baut tersebut. Ujung kabel satunya bisa Anda lilitkan pada paku yang kemudian Anda tanam dilantai.

  • Cek Kabel Kelistrikan

Berikutnya coba periksa perkabelan, apakah ada kabel yang mengalami pengelupasan. pastikan ketika Anda melakukan pemeriksaan tidak dalam kondisi listrik tersambung.

Kulkas nyetrum bisa disebabkan juga kabel grounding ke bodi lecet dan menempel pada salah satu kabel arus sehingga listrik bocor ke body kulkas.

  • Kumparan Kompresor Ngeshort

Terakhir periksa kompresor, kumparan yang berada dalam kompresor bisa saja terjadi pengelupasan pada isolatornya atau lapisan kumparan. hal ini yang menyebabkan arus menyebar sampai bodi kulkas atau short bodi.

2. Kulkas kurang dingin / tidak bisa membuat es

Setelah kita melakukan pengecekan pada kulkas, kulkas mampu bekerja sebagaimana mestinya. Namun ketika Anda mencoba membuat batu es, sedah seharian namun air masih juga belum menjadi batu es.

  • Cek Pintu Kulkas

Hal ini terjadi bisa karena karet  kulkas yang mulai getas sehingga tidak elastis dan robek atau rusak. Atau bisa juga karena pintu yang rusak kropos.

Hal ini menyebabkan pintu tidak tertutup rapat sehingga udara dari kulkas bocor keluar dan mengakibatkan pembekuan semakin lama.

  • Cek Evaporator

Untuk mengetahuinya yang  kita lakukan adalah mengecek pipa evaporatornya. Buka pintu ruang frezeer setelah itu buka atau congkel penutup evaporator.

Kondisi evaporator yang tidak normal biasanya ada pembekuan namun tidak merata atau juga evaporator ngblog tertutup oleh bunga es.

  • Evaporator tidak beku merata

Kondisi evaporator yang tidak dingin merata bisa disebabkan oleh oli dari kompresor yang naik sampai evaporator. Hal ini yang menyebabkan terganggunya aliran gas freon sehingga pendinginan tidak maksimal.

Umumnya tukang servis akan memotong ujung pipa pada kompresor untuk mengeluarkan gas freon dan kemudian mengisi dengan cairan metil untuk membersihkan oli pada evaporator.

Dengan bantuan kompresor metil akan disemburkan melewati pipa filter, kondensor, evaporator dan keluar melalui pipa yang telah dipotong.

Setelah metil habis dan oli sudah hilang maka freon akan diisi kembali. Dan sebelum dinyalakan atur timer pada posisi nol.

  • Evaporator ngeblok

kulkas ngeblok
https://bengkelmania.blogspot.com/

Pada kulkas 2 pintu Jika evaporator ngeblok maka akan menyebabkan kulkas kurang dingin. Untuk mengetahuinya pertama – tama bukalah penutup evaporator.

Maka akan terlihat seluruh evaporator dan lubang udara tertutup bunga es. Karena saluran menuju ruang evaporator dan chiller tersumbat oleh bunga es maka suhu udara dingin terjebak.

Hal ini yang juga menyebabkan ruang frezeer tidak bisa dingin maksimal. Jika ini terjadi maka yang pertama dilakukan adalah mencairkan gumpalan es yang menumpuk.

Anda bisa menggunakan hairdryer atau langsung diguyur dengan air panas. Biarkan kulkas dalam kondisi pintu terbuka dan diamkan selama seharian untuk memastikan semua bunga es mencair.

Terjadinya bunga es yang menumpuk pada kulkas 2 pintu seperti ini biasanya terjadi karena defros yang mengatur heater mengalami kerusakan.

Atau kemungkinan bisa juga heater sendiri yang mengalami kerusakan sehingga tidak bisa menyala untuk mencairkan bunga es.

  • Tes Heater

Untuk mengecek heater Anda tinggal melepasnya dan cek ujung – ujung kabel heater dengan avometer. Jika masih tersambung berarti heater dalam keadaaan baik begitu pula sebaliknya.

  • Tes thermo fuse dan Defrost

Langkah mudah untuk mengetahui defrost dan thermofuse masih berfungsi atau tidak adalah dengan memperhatikan plastik yang melapisi thermo fuse dan defrost. jika didalamnya sudah terdapat tetesan air maka sudah seharusnya untuk diganti.

  • Tes Timer kulkas

timer kulkas

Untuk mengetahui timer kulkas berfungsi atau tidak maka pertama – tama colokan kabel kulkas ke stop kontak.

Kemudian putar lubang timer ditempat seperti pada gambar diatas menggunakan obeng min berlawanan arah jarum sampai bunyi “klik”, dalam keadaan ini kompresor dan kipas blower keadaan mati.

timer kulkas

Kemudian pegang timer dengan tangan, jika tersa getarannya berarti ini menandakan timer bekerja.

Kemudian tunggu sekitar setengah jam, maka seharusnya timer berpindah secara otomatis ke proses pendinginan dan mesin kompresor serta kipas akan hidup.

Ini menandakan timer kulkas tidak bermasalah dan berkerja dengan baik.

Jika kulkas Anda sudah menggunakan sistem inverter maka kerusakan bisa juga terjadi pada elektronik inverternya. Dan perbaikan padan mesin inverternya terhitung mahal.

Namun jika ingin mengakalinya bisa saja dengan tidak menggunakan mesin inverternya sehingga kulkas Anda bekerja normal seperti kulkas standar tanpa inverter.

Mungkin itu sedikit gambaran tentang kerusakan yang sering terjadi pada kulkas 2 pintu. semoga artikel ini bisa membantu, terimakasih.