Cara Memperbaiki Kerusakan Pada Pintu Kulkas

Cara Memperbaiki Pintu Kulkas

Cara Memperbaiki Kerusakan Pada Pintu Kulkas – Diantara banyak jenis mesin pendingin yang sering digunakan untuk kebutuhan rumah tangga adalah jenis kulkas 1 pintu maupun 2 pintu.

Kulkas dinilai mampu untuk melengkapi kebutuhan penyimpanan bahan makanan dirumah. Karena didalam kulkas sudah terbagi untuk ruang freezer yang berfungsi membekukan makanan dan juga runag chill yang berfungsi untuk menjaga makanan seperti sayur buah dan minuman tetap dingin dan segar.

Rata – rata umur kulkas antara 9 sampai 13 tahun, namun tentunya tergan tung perawatannya juga. Jika kita mengunakan alat ini tidak benar maka bisa saja dalam pemakaian 5 tahun kulkas sudah mengalami troble, namum jika digunakan dengan benar maka umur kulkas bisa mencapai lebih dari rata – rata umur kulkas.

Bahkan saya sendiri pernah beberapa kali menemui kulkas 1 pintu model lawas yang umurnya sudah belasan tahun namun mesinnya masih dingin normal seperti kulkas baru dan belum pernah servis.

Beberapa hal yang mempengaruhi kondisi keawetan kulkas adalah dari faktor perawatan dan lokasi lingkungan dimana kulkas itu ditempatkan.

Salah satu hal yang tidak bisa dihindari setelah penggunaan kulkas jangka panjang adalah adannya keropos pada bodi atau rangka kulkas.

Salah satu penyebab timbulnya keropos atau korosi yang lebih cepat muncul pada kulkas adalah karena kesalahan dalam penempatan kulkas.

Penempatan kulkas pada tempat yang becek lembab dan banyak percikan air dan juga panah matahari tentunya membuat bodi dan kaki – kaki kulkas cepat rusak.

Penutupan pintu yang kurang rapat juga membuat air dalam kulkas keluar lewat celah bawah pintu yang semakin lama akan merusak bodi dibawah.

Kulkas yang sudah mengalami keropos namun mesinnya masih bekerja dengan normal tentunya sayang jika tidak digunakan atau dibuang.

Cara Memperbaiki Pintu Kulkas Rusak

Keropos yang sering terjadi pada kulkas adalah pada body bagian bawah seperti pintu dan engsel bawah. Kerusakan ini menyebabkan pintu sampai lepas bahkan tidak bisa dipasang lagi untuk fungsi yang normal.

Maka dari itu, untuk kali ini KlinikTekno akan memberikan saran untuk perbaikan bodi dan pintu kulkas agar kulkas bisa digunakan secara normal seperti baru.

Alat dan bahan

Sebelum melakukan perbaikan sebaiknya kita persiapkan dulu peralatan dan bahan yang digunakan untuk memperbaiki kulkas.

Alat
  • Obeng plus
  • Amplas kasar
  • Amplas halus
  • Solasi kertas
Bahan
  • Lem alteko
  • Sekrup
  • Resin
  • Serat fiber katalis
  • Dempul
  • Bubuk dempul
  • Stiker pintu kulkas

Kerusakan pintu kulkas dan Perbaikan

Setelah kita mempersiapkan peralatan dan bahan yang diperlukan maka sekarang kita lakukan pemeriksaan pada pintu kulkas. Periksa sisi – sisi pintu dan juga pada seal pintu.

Karet/Seal pintu Kulkas

Jika seal sudah getas sehingga ada celah yang membuat udara dari kulkas bocor bisa diatasi dengan dipanasi menggunakan hairdryer dan ditarik agar seal kembali mengembang.

Namun jika sudah robek atau rusak sebaiknya diganti. Untuk lapisan plastik pada pintu yang terhubung dengan rak, jika terjadi kerusakan maka sebaiknya dibuka dulu dengan melepaskan semua baut yang terhubung dengan karet/seal pintu.

Karet/Seal pintu Kulkas

Rak pintu Kulkas

Anda bisa menggunakan serat fiber dengan resin pada belakang plastik/mika tipisnya sehingga tidak mengurangi tampilan depannya. pada rak yang pecah lem altekojuga bisa digunakan.

Engsel Pintu Kulkas

Engsel Pintu Kulkas

Untuk kasus kerusakan pada engsel pintu karena keropos sedangkan engsel bawahnya masih kuat maka hal ini masih bisa untuk diatasi.

Banyak yang menggunakan cara mudah dengan cara menggantinya menggunakan engsel pintu. Caranya dengan memasang 2 engsel pintu yang disambungkan pada bodi samping kulkas.

Namun bagi saya ini sangat tidak direkomendasikan, karena pada samping kiri kanan pintu terdapat pipa kondensor, dan jika sedang apes bisa saja kita memasang baut mengenai pipa kondensor yang malah membuat kulkas menjadi rusak.

Ada cara yang lebih aman dengan hasil yang jauh lebih baik walaupun memang membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding menggunakan engsel pintu rumah. Saya akan jelaskan urutannya dibawah ini.

Pertama tutuplah engsel bawah pintu kulkas ini dengan menggunakan isolasi kertas, hal ini dilakukan supaya dempul tidak lengket.
kemudian bersihkan dan amplas bagian karat dan tempat yang ingin di dempul.

Berikutnya pasangkan pintu pada posisi tertutup rapat dan presisi sesuai posisi pintu normal. Untuk menahan pintu agar tidak bergerak Anda bisa menggunakan bekas ban dalam sepeda dan dilingkarkan pada kulkas.

Kemudian campurkan bahan – bahan dempul yaitu dempul, tepung dempul, serat fiber, resin setelah tercampur tambahkan obat dempul dan langsung aplikasikan pada tempat keropos.

Buatlah adukan dempul sedikit – sedikit saja, tunggu mulai kering baru ditumpuk lagi. Lakukan ini berulang – ulang sampai semua lubang keropos tertutup.

Tunggu sampai dempul benar – benar kering kemudian setelah kering gunakan amplas kasar untuk menggosok permukaan pintu yang didempul, gosok sampai permukaan sama rata dengan permukaan pintu lainnya.

Kemudian tutup lagi dengan dempul namun kali ini tanpa menggunakan campuran lainnya. Pendempulan kali ini berfungsi agar hasil lebih halus.

Gunakan potongan busati untuk mengoleskan dempul, tunggu sampai dempul mengering dan amplas lagi namun kali ini gunakan amplas halus agar permukaan rata dan halus.

Setelah permukaan halus besihkan menggunakan kuas, dan untuk estetikanya dari kami menyarankan menggunakan stiker pada pintu. Untuk stiker sendiri saat ini sudah banyak dijual ditoko online dengan berbagai macam motif.

Sebagian yang lain menggunakan cat atau pilox untuk menutup bekas – bekas karat dan dempulan. Dari kedua cara ini bisa Anda sesuaikan dengan keinginan Anda.

Demikian cara perbaikan pada pintu kulkas yang bisa Anda aplikasikan pada kulkas yang mengalami kendala yang sama.