Cara Kerja Kulkas 1 Pintu 2 Pintu dan Kulkas Inverter

Cara Kerja Kulkas

Cara Kerja Kulkas 1 Pintu 2 Pintu dan Kulkas Inverter – Kulkas merupakan mesin pendingin yang saat ini sudah menjadi kebutuhan penting untuk banyak keluarga Indonesia.

Namun pernahkah kita berfikir bagaimana kulkas ini bekerja?

Lemari pendingin yang menjadi kebutuhan terpadu dalam rumah tangga ini memiliki prinsip kerja dengan teknologi dasar keilmuan yang sederhana sekaligus mengagumkan tentang bagaimana kulkas ini ditemukan.

Cikal bakal kulkas sendiri dipelajari oleh fisikawan asal persia pada abad 11 dan pada tahun 1748 kulkas sederhana pertama dibuat oleh William Cullen di Universitas Glasgow.

Kemudian lemari pendingin terus berkembang dan berinovasi hingga munculnya kulkas modern seperti sekarang ini. Dan jika Anda masih memikirkan bagaimana cara kerja kulkas, mungkin artikel ini bisa menjawab rasa penasaran Anda.

Saya akan menjelaskan sesederhana mungkin bagaimana kulkas terbaru saat ini berkerja, namun alangkah baiknya jika kita mulai dahulu dengan sistem kerja kulkas sederhana sampai dengan inovasi terbaru saat ini yang bisa menghasilkan efisiensi tinggi.

Prinsip Dasar Cara Kerja Kulkas

Sistem kerja pada kulkas cukup mudah dipahami sebenarnya, dimana kulkas akan memberi aliran dingin pada makanan atau minuman yang akan di dinginkan.

Dan bagaimana suhu dingin bisa tercipta, maka kita akan mulai dari mesin kompresor. Sebelum melanjutkan bagaimana cara kerja kulkas ada baiknya Anda membaca artikel saya tentang komponen – komponen kulkas agar bisa lebih mudah memahami penjelasan saya selanjutnya.

Ketika kulkas dinyalakan maka kompresor akan bekerja memompa gas freon dengan tekanan tinggi menuju kondensor, proses ini membuat freon mengalami perubahan bentuk dari cair menjadi gas/uap dengan temperatur tinggi yang mencapai 45 °C.

Hal ini memang sudah menjadi hukum alam ketika proses kompresi yang membuat suhu menjadi tinggi, dan disinilah fungsi dari kondensor sebagai alat untuk melakukan proses menurunkan suhu dan perubahan zat dari gas freon.

Kondensor akan berujung pada pipa filter yang disini berfungsi sebagai penyaring kotoran, oli maupun air dan juga membantu proses penurunan suhu.

Dari pipa filter tersambung dengan pipa kapiler yang jika kita lihat memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding dengan pipa lainnya.

Disinilah fase penting dalam sistem sirkulasi kerja pendinginan kulkas dimana harus bisa merubah dan memvariasikan tekanan dibawah suhu normal

Pipa kapiler ini akan membuat jalur untuk membawa freon menuju evaporator sebuah komponen yang bisa juga disebut sebagai penukar panas. Disini penurunan suhu sudah bisa kita rasakan.

Ketika mencapai evaporator suhu gas freon tidak meningkat dengan tekanan rendah. Setelah keluar dari evaporator maka gas freon akan turun lagi menuju kompresor dengan tekanan rendah.

Dan disinilah kembali kompresor menarik gas freon dan memompanya kembali dengan tekanan tinggi agar sirkulasi kulkas berjalan dengan baik.

Dengan terjadinya sirkulasi yang terus berulang maka Kita akan bisa mendapatkan hasil pendinginan continyu yang diinginkan, dimana evaporator akan mengkompensasikan suhu pada benda yang di inginkan, cukup sederhana bukan.

Secera teori sistem ini akan bekerjaa dengan baik. Namun pada prakteknya, ada kendala – kendala yang bisa terjadi dan justru mengganggu proses pendinginan pada kulkas.

Salah satunya adalah dengan munculnya bunga es. Udara yang kita hirup ini memiliki kadar air, apabila berada pada ruang freezer yang bersentuhan dengan suhu rendah maka akan menjadi embun atau bunga es.

Ketika bunga es ini menumpuk dan menutup seluruh evaporator maka suhu dingin akan terjebak pada bunga es.

Cara Kerja Kulkas 1 pintu

Kulkas jenis satu pintu merupakan tipe kulkas dengan sitem kerja kulkas yang paling sederhana. Dengan sistem kerja seperti yang saya jelaskan diatas.

Dimana Kulkas tipe ini menggunakan sistem pendinginan langsung. Ruang freezernya menyatu dengan evaporator yang juga digunakan sebagai landasan untuk mendinginkan benda pada ruang evaporator.

Kulkas ini masih minim akan fitur dan untuk mengatasi dan mengurangi dampak dari bunga es yang menumpuk pada kulkas 1 pintu diberi satu komponen alat bernama termostart yang berfungsi untuk mengatur suhu.

Jika Anda menggunakan kulkas 1 pintu maka perawatan rutin harus dilakukan terutama dalam membersihkan tumpukan bunga es yang muncul untuk mengoptimalkan kinerja kulkas Anda.

Cara Kerja Kulkas 2 pintu

Dasar sistem kerja pada kulkas 2 pintu tentu saja sama dengan kulkas satu pintu hanya saja kulkas 2 pintu tidak menggunakan pendinginan langsung melainkan memanfaatkan suhu dingin dari evaporator yang diseburkan ke ruang freezer dengan bantuan kipas melalui jalur – jalur yang dibuat sedemikian rupa.

evaporator kulkas 2 pintu
https://bengkelmania.blogspot.com/

Terjadinya bunga es yang menutup pipa evaporator pada kulkas 2 pintu memiliki efek yang lebih buruk jika dibandingkan pada kulkas 1 pintu.

Dan jika ini terjadi maka bisa dikatakan kulkas ini mengalami kerusakan karena kita tidak bisa begitu saja membersihkan atau mencairkan seperti pada kulkas 1 pintu. Maka dari itu kulkas 2 pintu menggunakan sistem pencairan otomatis.

Pada kulkas 2 pintu sudah terdapat fitur defrost atau pencairan otomatis. Untuk menjalan kan fitur ini maka diberikan komponen tambahan seperti bimetal, fuse, dan heater dan ada juga timer kompresor.

Terdapat juga pengatur suhu dimana saat sudah mencapai suhu yang diinginkan makan sensor bimetal akan memberi sinyal pada heater untuk bekerja mencairkan bunga es pada evaporator.

Begitu pula saat pencairan selesai maka bimetal akan kembali memberi tanda pada heater agar berhenti menyala.

Cara Kerja Kulkas Inverter

Kulkas inverter merupakan teknologi terbaru dari pengembangan sistem kulkas 2 pintu. Kulkas non inverter menggunakan sitem kerja yang dibantu dengan timer.

kulkas inverterKompresor akan bekerja maksimal untuk mencapai suhu yang diinginkan kemudian mati dan akan menyala lagi ketika suhu mulai turun. kompresor ini aka tetap bekerja maksimal meskipun dalam pengaturan suhu minimum.

Sedangkan pada kulkas inverter kompresor akan bekerja secara fleksibel dan diatur oleh sistem inverter. Dengan sistem ini maka terjadi efisiensi kerja yang membuat kulkas inverter dapat menghemat daya sampai 40 %.

Selain itu sistem ini akan mengurangi lonjakan kompresor yang mati dan menyala seperti pada kulkas 1 pintu sehingga hal ini akan membuat komponen kompresor menjadi lebih awet.

Satu keuntungan lagi dari hasil proses ini maka mesin akan terdengar lebih smoot bahkan nyaris tak terdengar ketika kulkas sedang bekerja dan tentunya hal ini menjadi nilai tambah bagi sistem kulkas terbaru ini.

Dan yang ter akhir kulkas ini ramah lingkungan dengan tidak menghasilkan gas rumah kaca sehingga tidak merusak ozon.

Mungkin itu saja sedikit informasi yang bisa kami bagikan untuk Anda mengenai cara kerja kulkas sederhana sampai inovasi terbaru dengan sistem inverter. semoga artikel ini membantu.