Rekomendasi Merk Switch Terbaik Untuk Jaringan Komputer

Rekomendasi Merk Switch Terbaik untuk Jaringan Komputer

Switch adalah salah satu perangkat keras jaringan yang memiliki fungsi sebagai media penghubung antara komputer dengan jaringan. Komponen yang bekerja pada layer data link ini memiliki cara kerja yang hampir sama dengan cara kerja bridge namun berbeda dari segi portnya yang disebut dengan debvan multi ports bridge yang umum dipakai pada jaringan topologi star.

Terdapat dua jenis switch yang biasa digunakan yaitu switch unmanage dan switch manage. Switch unmanage cocok untuk penggunaan praktis yang tinggal mencolokkan kabel UTP tanpa adanya opsi manage hal tertentu saat membelinya. Sementara switch manage adalah kebalikannya, di mana komponen jaringan satu ini bisa dikonfigurasi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan jaringan.

Nah di pasaran sendiri tersebar banyak sekali merk switch yang tersedia untuk pilihanmu. Diantara semua merk tersebut kami telah rangkum delapan merk switch terbaik yang menawarkan produk unggulan untuk digunakan saat ini.

Rekomendasi 8 Merk Switch Terbaik untuk Jaringan Komputer

Merk Switch Terbaik untuk Jaringan Komputer
Switch Netgear

Berikut kami telah merangkum delapan merk switch yang memiliki reputasi bagus sebagai hardware untuk membangun jaringan komputer. Apa sajakah merk tersebut? Silakan ini dia rekomendasinya.

1. Netgear

Netgear adalah perusahaan asal Amerika berskala internasional yang menyediakan solusi network atau jaringan untuk kebutuhan rumah dan bisnis. Perusahaan yang berdiri sejak 1996 ini cukup dikenal memproduksi berbagai switch dengan kualitas terbaik di kelasnya.

Beberapa produk dari Netgear diantaranya adalah Switch Netgear FS308, Switch Netgear GS208,  Switch Netgear GS308, Switch Netgear GS316, Switch Netgear ProSafe Unmanaged GS108 dan lain sebagainya. Namun tak hanya switch, mereka juga memproduksi beberapa produk lainnya yaitu wifi adaptor, NAS (Network Attached Storage) dan perangkat jaringan lainnya.

2. Cisco

Cisco Systems, Inc. merupakan sebuah perusahaan teknologi multinasional yang mengembangkan, memproduksi dan menjual hardware dan software jaringan serta berbagai peralatan komunikasi  dan juga jasa berteknologi tinggi lainnya.  Hingga bulan November 2020 lalu, valuasi perusahaan ini sudah mencapai sekitar USD 173 milyar.

Selain memproduksi switch ataupun router, bisnis mereka mencakup juga Jaringan fiber optik, IP telephony, security,  jaringan data center, jaringan via sinyal, dukungan layanan teknis dan pelayanan jaringan. Beberapa produk switch dari Cisco adalah Cisco SG 350 10 port Switch, Cisco Business CBS 350 Switch, CISCO SYSTEMS 24-Port Gigabit Switch, Cisco SG200-26 dan lain sebagainya.

Dalam bisnis jaringan Cisco adalah sebuah nama besar dengan reputasi yang sangat baik, sehingga kualitas switch yang merek hasilkan sudah teruji kualitasnya.

3. D-Link

D-Link juga merupakan produsen berbagai perangkat jaringan yang sudah sangat terkenal dan telah banyak digunakan di berbagai penjuru dunia, termasuk di Indonesia. Perusahaan asal Taiwan ini berdiri sejak tahun 1986 dan telah memproduksi berbagai hardware jaringan dengan kualitas terbaik.

Beberapa switch dari D-link adalah D-Link 10 port DGS-1210-10, DGS-108 8-Port Gigabit Unmanaged Desktop Switch, D-LINK DES-1016D, D-LINK DES-1024D, Switch Unmanaged D-LINK DGS-1016D, D-LINK DES-1024R+ dan lain sebagainya. Produk dari merk ini cukup sering digunakan karena memang menawarkan berbagai fitur bermanfaat walau harganya relatif lebih terjangkau.

4. TP-Link

TP-Link juga menjadi salah satu merk terkenal yang memproduksi berbagai switch kualitas unggulan. Perusahaan dari Tiongkok yang berdiri sejak tahun 1996 ini memang dikenal sebagai perusahaan multinasional penyedia berbagai perangkat jaringan dan aksesoris yang punya reputasi terpercaya untuk memenuhi seluruh aspek dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa produk switch TP-Link terbaik adalah Switch TP-LINK TL-SF1016D, Switch TP-LINK Easy Smart TL-SG105E, Switch TP-LINK TL-SG108, Switch TP-LINK PoE TL-SF1008P, Switch TP-LINK PoE TL-SF1008P, Switch TP-LINK Smart TL-SL2210 dan lain sebagainya. Perangkat keluaran TP-Link juga termasuk golongan switch berkualitas dengan  harga yang relatif terjangkau.

5. TRENDnet

TRENDnet adalah perusahaan jaringan yang bermarkas di Torrance, California yang telah berdiri sejak tahun 1990. Perusahaan ini telah memiliki cabang di beberapa belahan dunia lainnya, dari mulai Eropa Timur, Eropa Barat, Amerika Tengah, Amerika Selatan hingga Asia.

Cakupan produk switch dari merek satu ini cukup luas, merek menyediakan berbagai jenis switch dari mulai unmanaged, smart managed, Layer 2 Managed, industrial dan PoE. Produk switch dari merek Trendnet diantaranya adalah Trendnet Teg 082Ws, Trendnet Teg S82G, Trendnet Tpe TG80G dan lain sebagainya.

6. Linksys

Linksys merupakan sebuah perusahaan yang pertama didirikan tahun 1988 yang masih bagian divisi dari Cisco System, Inc, setelah pada tahun 2003 diakuisisi oleh Cisco Systems, Inc. Merek ini sudah cukup populer di tanah air sebagai salah satu vendor yang menawarkan produk terbaik di bidang networking.

Produk switch dari Linksys diantaranya adalah Linksys LGS552P-AP 52-Port, Linksys Switch LGS108-AP, Linksys LGS124P-AP 24-Port Rackmount Business Gigabit PoE+ Switch, Linksys Switch LGS116P-AP dan lain sebagainya. Produk dari Linksys ini mengisi berbagai sektor baik untuk kebutuhan jaringan bisnis skala kecil hingga bisnis besar.

7. Edimax

EDIMAX Technology adalah sebuah perusahaan yang didirkan tahun 1986 dengan bisnis di bidang desain, pengembangan, manufaktur dan pemasaran berbagai perangkat network. Perusahaan yang memiliki kantor pusat di Taiwan ini telah menjadi produsen perangkat jaringan terkemuka di dunia. Produk mereka telah tersebar di Amerika Utara, Eropa hingga Asia.

Produk mereka yang cukup populer digunakan adalah Switch EDIMAX ES-1016, Switch EDIMAX ES-1024, Switch EDIMAX GS-1016, Switch EDIMAX ES-5808P, Switch EDIMAX ES-1008PH dan lainnya. Produk switch mereka bisa digunakan untuk berbagai lini dan dikenal sebagai produk switch yang berkualitas.

8. Totolink

Totolink merupakan perusahaan yang menjadi sebuah merk populer yang sedang naik daun untuk para pelaku jaringan skala menengah ke bawah. Perusahaan asal Hongkong, China ini memfokuskan bisnisnya sebagai produsen dari berbagai perangkat keras jaringan, termasuk switch. Merek dikenal memiliki produk yang mudah dalam proses setup-nya dan juga dibandrol dengan harga relatif terjangkau.

Beberapa switch terbaik keluaran Totolink adalah Switch Unmanaged TOTOLINK S505G, Switch TOTOLINK S808G, Switch Unmanaged TOTOLINK SW24, Switch Unmanaged TOTOLINK SW16, Switch Unmanaged TOTOLINK SG16 dan lain sebagainya.

Nah itu dia delapan merek switch terbaik yang bisa dijadikan opsi jika kamu membutuhkan solusi jaringan. Setiap merek menawarkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhanmu.