Cara Cek Windows 10 Asli Atau Bajakan

Cara Cek Windows 10 Asli Atau Bajakan

Cara Cek Keaslian Windows 10 Asli Atau Bajakan – Di artikel kali ini akan berisi 2 cara cek windows 10 asli atau bajakan yang berguna bagi kamu yang ingin mengetahuinya.

Dalam suatu produk ada saja produk bajakannya, hal ini juga berlaku untuk windows 10. Jika kamu memiliki produk windows 10 asli maka kamu akan mendapatkan keuntungan. Keuntungan tersebut seperti perbaikan bug dan fitur-fitur baru dari Microsoft dengan cara melakukan update langsung dari microsoft.

Tetapi apabila kamu menggunakan windows 10 bajakan kamu tidak bisa melakukan update langsung fitur-fitur dari microsoft tersebut. Meskipun begitu kamu masih bisa menggunakan fitur-fitur dari microsoft tersebut.

Perbedaan Windows 10 Asli dan Bajakan

Sebelum mengetahui cara cek windows 10 asli atau bajakan maka kamu perlu mengetahui perbedaan anatara windows 10 asli atau bajakan. Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara windows 10 asli dan bajakan.

Keamanan

Windows 10 bajakan adalah windows yangdiaktivasi oleh cracker. Peluang cracker untuk memasukkan malware atau virus ke Windows 10 bajakan akan sangat besar. Virus atau malware tersebut dapat membuat data kamu dalam bahaya. Berbeda dengan Windows 10 asli. Windows asli adalah windows yang resmi dikeluarkan oleh Microsoft, windows ini bisa dijamin bebas virus/malware.

Update

Windows 10 asli akan mendapatkan update terbaru dari Microsoft, baik update berupa security ataupun feature update. Sedangkan Windows 10 bajakan beberapa mungkin masih bisa dapat update dari microsoft, tetapi hal ini sangat berisikap diketahui oleh Microsoft.

Sehingga apabila diketahui oleh Miscrosoft maka tidak akan dapat update lagi. Jika tidak ada update, maka keamanan data yang ada di Windows bajakan akan relatif kurang apabila dibandingkan dengan Windows 10 original.

Support

Jika kamu menggunakan Windows 10 original, maka kamu berhak mendapatkan support dari Microsoft atau pabrikan komputer kamu (ini sangat tergantung dari jenis lisensi Windows yang kamu milikii).

Kamu bisa menghubungi support lewat telepon atau email. Support ini sangat berguna ketika kamu memiliki masalah saat menginstall Windows atau Windows yang kamu miliki mengalami error. Sementara itu, Windows 10 bajakan tidak dapat mengakses support dari Microsoft ataupun pabrikan komputer.

Notifikasi

Bila kamu menggunakan Windows 10 bajakan, maka kamu kemungkina besar mendapatkan notifikasi peringatan yang berada di pojok kanan bawah desktop dengan bunyi “Activate Windows: Go to Settings to Activate Windows”.

Peringatan ini terjadi jika apabila Windows bajakan tersebut dikenali sebagai windows palsu oleh server Microsoft. Pengguna Windows 10 yang asli tidak perlu khawatir apabila mendapatkan notifikasi ini.

Catatan: Notifikasi yang muncul pada Windows tersebut juga bisa muncul pada windows yang belum teraktivasi. Kamu perlu membedakan antara Windows yang belum teraktivasi dengan Windows bajakan.

Windows yang belum teraktivasi termasuk original, akan menjadi Windows 10 asli dengan “full version” apabila menggunakan product key windows 10 original untuk aktivasi. Apabila diaktivasi dengan product key pihak ketiga, maka Windows tersebut akan menjadi Windows bajakan.

Cara Cek Windows 10 Asli atau Bajakan

Setelah mengetahui perbedaan windows 10 asli atau bajakan maka selanjutnya adalah cara cek windows 10 asli atau bajakan. Berikut ini adalah 2 cara cek windows 10 asli atau bajakan yang bisa kamu lakukan.

1. Cara Melihat Windows 10 Asli / Palsu Lewat Control Panel

1. Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengecek lewat Control Panel. Kamu bisa mengeceknya dengan pilih Control Panel lalu klik System & Security lalu klik System.

2. Selain cara di atas ada cara lebih mudah yang bisa kamu gunakan. Caranya kamu ketikkan This PC di kotak Search. Nantinya akan muncul This PC. Lalu klik kanan pada This PC, jika sudah klik kanan selanjutnya pilih Properties.

this pc

3. Setelah kamu klik properties maka Jendela System tersebut akan muncul. Pada bagian Windows Activation maka kamu bisa melihat Windows yang kamu miliki teraktivasi atau belum. Jika ada tulisan “Windows is activated” lalu ada Product ID di bawahnya, maka Windows 10 yang asli sudah teraktivasi.

system komputer

2. Cara mengetahui Windows 10 Ori / Bajakan Menggunakan Command Prompt

Cara kedua untuk mengetahui apakah windows 10 asli atau bajakan adalah dengan menggunakan command prompt.

1. Pertama kamu perlu membuka Command Prompt dengan ketikkan cmd di kotak Search, lalu dari hasil pencarian muncul Command Prompt.

Selanjutnya kamu pilih klik kanan pada Command Prompt, klik kanan lalu pilih Run as administrator.

Command Prompt Administrator

2. Lalu ada beberapa perintah untuk mengecek keaslian windows 10 yang terinstall pada komputer pc atau laptop. Berikut beberapa kode perintah yang bisa kamu coba :

slmgr.vbs /xpr

Script host CMD slmgr.vbs /xpr ini berfungsi untuk mengetahui batas waktu aktivasi windows 10.

Ketikkan slmgr.vbs /xpr di Command Prompt yang sudah muncul lalu tekan Enter.

Nantinya Windows Script Host akan terbuka. Apabila pesan muncul berbunyi The machine is permanently activated, berarti Windows 10 yang kamu miliki adalah asli.

slmgr.vbs /xpr

Tetapi jika pesan yang muncul adalah Volume activation will expire (tanggal tertentu) maka kemungkinan besar Windows 10 yang kamu miliki adalah bajakan.

slmgr.vbs /dli

Script host CMD slmgr.vbs /dli berfungsi untuk mengetahui aktivasi windows beserta partial product key nya.

Ketikkan slmgr.vbs /dli di Command Prompt yang sudah muncul lalu tekan Enter.

Jendela Windows Script Host akan terbuka. Apabila Windows 10 milik kamu asli, maka kamu bisa melihat sebagian Product Key yang muncul serta License Status: Licensed.Windows 10 Original.

Script host slmgr.vbs /dli

Tetapi apabila yang muncul adalah Volume activation expiration date, renewal interval dan ada nama program pihak ketiga (contohnya KMSPico), maka kemungkinan Windows 10 yang kamu miliki adalah bajakan.

Cara mengetahui Windows 10 ori dan bajakan

Ada bebearapa script host lagi yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui detail ativasi Windwos 10 yang terinstall pada komputer pc atau laptop kamu. Silahkan bisa kamu coba kode script nya dibawah ini.

slmgr /dlv

Script host slmgr /dlv berfungsi untuk menampilkan secara lengkap keseluruhan detail aktivasi windows 10 yang terinstall di komputer pc atau laptop kamu.

Script hos tslmgr /dlv

slmgr /ato

Script host slmgr /ato berfungsi untuk melihat aktivasi windows 10 beserta key nya.

Script host slmgr /ato

Demikian cara mudah cek keaslian windows 10 yang terpasang pada komputer pc atau laptop asli atau bajakan dari blog Klinik Tekno.

Semoga dengan artikel cara melihat windows 10 ori atau palsu ini kamu bisa mengetahui apakah windows yang kamu miliki adalah asli atau bajakan. Selamat mencoba.

Deni Saputro
Seorang Blogger, Penulis Artikel dan Digital Marketer yang ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi wawasan lewat tulisan.