Perbaikan body dan Engsel Kulkas

Engsel Pintu Kulkas

Cara memperbaiki body dan Engsel kulkas keropos  – Kulkas menjadi alat yang penting digunakan untuk menyimpan bahan makanan agar tahan lama dan terjaga kesegarannya. Dan dengan adanya kulkas ini tentunya membuat kita lebih efisien dalam hal pengeluaran dan waktu.

Karena dengan adanya kulkas kita tidak perlu setiap hari pergi kepasar membeli sayuran segar. Cukup kita membeli sekali waktu untuk kebutuhan beberapa hari sehingga ongkos dan waktu perjalan bisa dipotong dan Anda gunakan untuk kegiatan lain.

Melihat manfaatnya yang penting untuk kebutuhan didapur Anda, tentunya perawatan pada kulkas harus diperhatikan. Lakukan perawatan secara berkala agar kulkas tetap awet.

Untuk mengetahui tips – tips perawatan kulkas yang baik Anda bisa melihat artikel KlinikTekno lainnya yang akan memberikan pejelasan detail dan mudah dipahami.

Bagi para pengguna kulkas lama salah satu musuh utama pada daya tahan kulkas adalah korosi yang membuat bodi rangka pada kulkas keropos.

keropos pada bodi terutama bagian bawah tentunya akan berpengaruh pada keseimbangan kulkas karena tersambung dengan kaki – kaki kulkas.

Engsel pintu bawah biasanya juga tidak luput dari korosi dan ikut patah. Jika Anda memiliki kulkas dengan kondisi seperti ini, kaki – kaki keropos dan engsel hancur namun mesin masih bekerja normal, sebaiknya jangan dulu dipurnatugaskan.

Bagi sebagian masyarakat di Indonesia harga kulkas masih mahal, sehingga dengan perbaikan kulkas lama maka kulkas masih bisa digunakan dengan normal.

Cara memperbaiki body dan Engsel kulkas keropos

Bagi Anda yang mempunyai dana untuk membeli kulkas baru, perbaikan pada kulkas lama bisa dilakukan untuk selanjutnya bisa dijual atau dihibahkan bagi yang mebutuhkan dari pada tidak diperbaiki dan dijual kiloan.

Maka dari itu, kali ini KlinikTekno akan memberikan cara perbaikan bodi dan dudukan engsel pintu bagian bawah yang sering terjadi keropos.

Alat dan Bahan

Pekerjaan ini tentunya membutuhkan alat – alat dan bahan yang dibutuhkan dan jika Anda orang bengkel maka pekerjaan ini pastinya akan lebih mudah.

Alat

  • Las + kawat las
  • sikat kawat
  • Bor
  • gerinda
  • mata gerinda besi
  • mata bor plus dan mata bor besi
  • palu
  • paku
  • jarum pentul
  • Obeng plus
  • amplas kasar
  • Amplas halus
  • meteran

bahan

  • Besi siku
  • Besi plat
  • Siku
  • sekrup
  • resin
  • serat fiber katalis
  • dempul
  • bubuk dempul
  • pilox

Pemeriksaan

Untuk pengerjaan kerusakan pada pintu kulkas sudah kami buat pada artikel sebelumnya maka kali ini kita bahas tentang kerusakan pada bodi, kaki – kaki dan engsel bawahnya.

Ketiga bagian ini saling terhubung, dan sebelumnya kita akan memlakukan pemeriksaan bagaimana tingkat kerusakannya.

Pembersihan

Setelah melakukan pemeriksaan maka bersihkan tempat – tempat yang akan diperbaiki. Amplas pada bagian karat dan keropos.

Untuk bagian Kaki – kaki dan juga engsel yang sudah tidak layak sebaiknya di lepas juga.

Pengerjaan

Setelah dilakukan pengamplasan pada bagian bodi tahap selanjutnya adalah pendempulan. dempul pada keropos – keropos kecil yang masih bisa diperbaiki.

Sebagai pengganti kaki – kaki dan engsel yang rusak Anda bisa membuat rangkaian penyangga sebagai penganti kaki kulkas.

Untuk membuatnya Anda membutuhkan besi siku sebagai bahannya. Kemudian ukur dimensi samping dan depan kulkas Anda.

Pastikan untuk ukuranya pas dan agar tidak lupa catatlah dan buat gambar seperti dibawah ini dan berikan ukurannya.

modif kaki kulkas

Potong besi siku menggunakan gerinda, buat empat bagian sesusai ukuran namun sisa kan satu bagian dengan ukuran lebih panjang sebagai dudukan engsel pintu.

Potong juga besi plat untuk menambah kekuatan yang nanti akan di pasang pada bagian tengah. Kemudian potong juga 4 bagian untuk kaki – kakinya.

Untuk kaki – kaki opsional, Anda bisa menggunakan potongan besi siku atau menggunakan roda.

 

perbaikan bodi kulkas

 

Kemudian ambil potongan besi siku yang paling panjang, potong panjang sisa dari besi ini namun hanya pada sebelah siku saja seperti pada gambar diatas.

setelah selesai, rangkai 4 sisi dan lakukan pengelasan satu persatu dan jangan lupa menggunakan siku agar tetap simetris. Dan pasang besi plat ditengah kemudian lakukan pengelasan sebagai penguat.

Setelah selesai lakukan pengelasan berikutnya untuk pemasangan kaki – kaki disetiap sudutnya.  Dan setelah kaki – kaki sudah di las kuat selanjutnya adalah pemasangan pada kulkas.

Langkah berikutnya adalah pemasangan engsel pintu. Jadi setelah rangkaian besi ini dipasang, maka pasang juga pintunya daan atur dengan rapat dan benar.

Setelas dirasa cukup pas maka tandailah letak engsel pintu bagian bawah. Kemudian setelah ditandai, lepaskan kembali pintu kulkas .

Gunakan potongan besi bekas as dinamo sebagai pengganti engsel karena kualitas besi ini lebih padat dan kuat.

modif engsel pintu kulkasKemudian las potongan besi tadi pada tanda yang sudah dibuat.  Setelah selesai pengelasan tambahkan vaselin atau pelumas kemudian pintu dipasang kembali.

Agar semakin kokoh dan tidak mudah lepas, lakukan pengeboran pada sekeliling besi siku seperlunya kemudian dibaut.

Pada jarak ini aman dan tidak mengenai pipa kondensor. namun untuk lebih aman pengeboran pada besi siku dilakukan saat dilepas dari kulkas kemudian dipasang dan tandai lubang bor pada body kulkas dengan spidol.

Kemudian paku pelan – pelan sebatas membuat lubang , kemudian gunakan jarum pentul untuk mendeteksi apakah ada pipa kondensor pada lubang tadi. Jika ada maka harus membuat lubang disebelahnya.

Namun sebelum dibaut sebaiknya Anda lepas kembali untuk melakukan pengecatan. hal ini dilakukan agar besi lebih awet dan tidak cepat berkarat.

bersihkan bekas – bekas pengelasan dengan palu dan kemudian gosok bekas pengelasan dan bagian yang berkarat dengan sikat besi dan amplas.

bersihkan dengan kuas dan langkah selanjutnya adalah melakukan pengecatan, tunggu sampai mengering kemudian pasang kembali pada kulkas dan baut dengan kencang.

Kulkas sudah bisa digunakan dengan normal dan pastinya kokoh.

Jika Anda membeli kulkas dan terpaksa diletakan pada tempat yang berlanta lembab atau basah dan banyak percikan air, saya sarankan membuat atau membeli tatakan kulkas. Hal ini akan mengurangi dari dampak korosi yang terjadi.

Semoga informasi kali ini bisa membantu Anda dalam mengatasi kerusakan pada kulkas seperti kasus diatas.