Perbedaan Kelebihan dan Kekurangan Kulkas 1 dan 2 Pintu

Kelebihan dan Kekurangan Kulkas 1 dan 2 Pintu

Perbedaan, Kelebihan dan Kekurangan Kulkas 1 Pintu dan 2 Pintu – Kulkas memiliki ukuran yang beragam dari yang kecil ukuran persegi sampai sebesar ruangan.

Secara umum jenis kulkas ada 1 pintu dan 2 pintu, ada juga yang menggunakan 3 pintu namu secara sistem sama dengan 2 pintu.

Pada saat ini kulkas merupakan salah satu peralatan yang sudah jamak dimiliki hampir setiap dapur keluarga Indonesia.

Dengan adanya Kulkas kita bisa menyimpan stok bahan makanan menjadi tetap segar dan tahan lebih lama, sehingga tidak perlu setiap hari membeli ke pasar.

Namun bagi Keluarga baru atau mereka yang ingin membeli kulkas, kadang masih bingung untuk memilih kulkas sesuai dengan kebutuhan.

Kelebihan dan Kekurangan Kulkas 1 dan 2 Pintu

Sebelum membeli kulkas Kita perlu tahu jenis kelebihan dan kekurangannya. Seperti kali ini KlinikTekno akan memberikan Informasi Kulkas 1 pintu dan 2 pintu secara sistem pendingin beserta kelebian dan kekurangannya.
Perbedaan Kulkas 1 Pintu dan 2 Pintu
Sistem Kerja

Dilihat dari sistemnya kerjanya kulkas satu pintu memiliki mekanisme yang lebih sederhana. tempat freezer bekunya langsung mengunakan pipa Evaporator yang yang berbentuk plat alumunium dengan dengan dikelilingi tonjolan – tonjolan pipa sebagai jalan gas freon.

Evaporator inilah yang berfungsi untuk mendinginkan atau menurunkan suhu udara pada ruang freezer beku. sehingga air bisa menjadi es.

Biasanya ada tambahan pintu kecil pada freezer beku untuk menjaga suhu agar tetap dingin. dibawahnya langsung ada tampungan air dan rak – rak penyimpanan.

Sedangkan kulkas 2 pintu penggunaan Evaporator untuk freezer bekunya berada dibelakang ruang pembekuan. Suhu yang ada pada Evaporator akan disalurkan menggunakan cooler fan atau kipas pendingin ke ruang freezer beku.

Dalam ruang Evaporator terdapat komponen Defros dan Hitter. Kedua alat ini berfungsi untuk mencairkan bunga es di Evaporator.

Ukuran dan Kapasitas Penyimpanan

Biasanya ukuran kulkas 1 pintu lebih kecil dari pada kulkas 2 pintu. Kulkas memiliki Tinggi sekitar 1,2 meter sedang kulkas 2 pintu 1,7 meter keatas.

Kulkas 1 pintu memiliki daya tampung antara 50 – 250 liter sedang kulkas 2 pintu daya tampungnya 235 – 495 liter. jadi daya tampung untuk ruang pembeku di kulkas 2 pintu lebih besar. di ruang freezer pembekunya biasanya juga ada tambahan tempat untuk membuat batu es sehingga lebih praaktis untuk diisi ulang.

Daya yang digunakan

Kulkas 1 pintu memiliki ukuran lebih kecil ruang bekunya pun menjadi lebih kecil sehingga memerlukan daya sekitar 45 w sampai 70 w. sedangkan Kulkas 2 pintu yang memiliki ukuran daya tampung yang lebih besar memerlukan daya 100 w sama 170 w .

Perawatan dan keamanan

dari sisi perawatan untuk kulkas 1 pintu membutuhkan perhatian lebih terutama pada freezer pembeku dikarenakan sering terjadi penumpukan bunga es.

Bunga es Kulkas 1 Pintu
mommyasia.id

menaruh benda panas ketika di freezer pembeku ketika kulkas dalam keadaan menyala juga akan memicu keluarnya bunga es. efek buruk apabila bunga es tidak di bersihkan adalah.

Kapasitas freezer pembeku menjadi semakin sempit karena tumpukan bunga es.

pembekuan akan lebih lama. jadi ketika kita membuat batu es dalam keadaan banyak tumpukan bunga es, air akan lebih lama beku.

ini dikarenakan bunga es yang ngeblok sehingga penurunan suhu tertutup atau tertahan pada bunga es. jika diteruskan semakin lama bisa menyebabkan kerusakan pada kulkas.

Ketika membersihkan freezer bekupun Kita juga harus berhati – hati. Diharuskan untuk tidak menggunakan benda tajam, karena jika sampai terkena pipa Evaporator akan terjadi bocor yang menyebabkan gas freon keluar dan kulkas tidak bisa lagi digunakan.

Sedangkan untuk kulkas 2 pintu perawatan akan lebih mudah karena ada alat otomatis yaitu defroz dan heater untuk menanggulangi terjadinya bunga es yang menumpuk.

Kemudian untuk ruang freezer pembekunya Anda juga tidak perlu was – was karena Evaporatornya berada di belakang sehingga tidak ada kemungkinan untuk bocor tertusuk benda tajam seperti pada kulkas 1 pintu.

Servis atau perbaikan

Untuk servis dan perbaikan tergantung dari kerusakan dari ke dua kulkas ini. Dari semua jenis kulkas biaya paling besar akan dikeluar jika kerusakaan terjadi pada kompresor.

Karena kompresor merupakan jantung dari Kulkas untuk memompa gas freon. namun jika belum pernah diotak atik, selama masih masa garansi kerusakan ini bisa dijaminkan.

Pada kulkas 1 pintu jika perawatan rutin maka akan jarang terjadi kerusakan. namun jika sampai Evaporator tertusuk dan bocor akan membutuhkan biaya yang besar untuk perbaikannya.

Kerusakan seperti ini tidak akan masuk kedalam garansi produk karena terjadi dari kesalahan pengguna. Petunjuk dan peringatan biasanya sudah ada pada tutup freezer namun banyak dari Kita yang mengabaikannya.

Jika ini terjadi, biasanya Kita akan menyerahkannya pada Tukang servis. Mereka akan mencoba melakukan perbaikan dengan menambal dan mmengisi kembali gas freon, namun kadang bocor kembali terjadi.

Servis Perbaikan Kulkas 1 Pintu
youtube.com

Untuk membuat kulkas kembali normal maka mau tidak mau Anda harus mengganti Evaporator. biaya ganti Evaporator, isi freon, dan jasa servis tentunya tidaklah murah.

Sedangkan pada kulkas 2 pintu kerusakan biasa terjadi pada defros dan heaternya atau juga pada cooler fan. jika defros heater mati maka akan terjadi penumpukan bunga es di ruang Evaporator.

Akibatnya suhu dingin yang disemburkan coolerfan ke freezer pembeku tertutup oleh bunga es. Hal ini menyebabkan kulkas tidak dingin.

Servis Perbaikan Kulkas 2 Pintu
https://maxtechnoblog.wordpress.com

Perbaikannya dengan mengganti defros heater tersebut. untuk perbaikan ini biayanya tidak terlalu mahal. namun untuk kerusakan yang lain mungkin biayanya bisa berbeda.

Untuk kulkas 2 pintu sekarang ini ada jenis inverter yang membuat kulkas ini lebih hemat energi listrik. Namun jika terjadi kerusakaan tidak semua bengkel servis mampu untuk memperbaikinya.

Kulkas ini menggunakan sistem yang lebih canggih dengan tambahan komponen eletronik yang mengatur tekanan kompresor. Sehingga lebih efisien dan hemat listrik.

Harga

Dari semua fitur kelebihan dan kekurangan dari kedua Kulkas tersebut tentunya berpengaruh juga dengan harganya. Untuk kulkas 1 pintu biasanya dijual disekitar harga 1 juta sampai 3 juta rupiah.

Sebenarnya ada satu lagi jenis kulkas 1 pintu yang didalamnya berisi banyak rak Evaporator dari atas kebawah. kulkas ini biasanya digunakan untuk usaha kecil, warung dan sebagainya untuk membekukan daging atau membuat es batu.

Harga dari kulkas freezer biasanya hampir sama dengan kulkas 1 pintu. Sedangkan untuk kulkas 2 pintu biasanya dijual diharga 3 juta sampai 15 jutaan rupiah.

Kesimpulan

Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan Anda karena biasanya kulkas yang lebih mahal akan lebih bagus dan awet serta memiliki banyak tambahan fitur dan sistem yang lebih canggih.

Namun hal itu selaras juga dengan servis perbaikannya jika terjadi kerusakaan tentunya biayanya pun akan lebih mahal.