Cara Merubah Kulkas Inverter Menjadi Manual

Cara Merubah kulkas inverter Menjadi Manual

Cara Merubah kulkas inverter Menjadi Non inverter – Konversi atau merubah kulkas inverter menjadi manual bisa dilakukan mengingat memang kulkas inverter adalah inovasi dari sistem dasar mesin pendingin sebelumnya.

Namun ketika kulkas inverter dikonversi kembali ke kulkas non inverter tentunya ada beberapa komponen yang harus dilakukan penggantian.

Biasanya konversi kulkas inverter menjadi kulkan non inverter dilakukan jika ada kerusakan pada modul inverter atau kerusakan pada kompresornya.

Mengingat kedua komponen kulkas ini memiliki harga yang mahal dibandingkan komponen pada kulkas non inverter. Untuk harga kompresor inverter saja sudah bisa untuk membeli kulkas standar baru.

Saran dari kami jika Anda membeli kulkas inverter atau barang elektronik lainya salah satu yang harus diperhatikan adalah masa garansinya.

Usahakan kartu garansi disimpan sehingga tidak hilang, karena kartu ini bisa menjadi bukti untuk klaim garansi.

Jadi jika ada kendala atau kerusakan pada kulkas Anda jangan mencoba untuk membongkar kulkas Anda sendiri, tapi Anda bisa melaporkan kendala Anda pada cs perusahaan dari kulkas yang Anda beli.

Cara Merubah kulkas inverter Menjadi Manual

Kali ini kita akan mengerjakan perbaikan kulkas inverter yang mengalami kerusakan pada kompresor inverternya. Jadi kita akan bahas apa saja komponen yang harus dilakukan penggantian.

Untuk perbaikan kali ini kita akan menonaktifkan sistem tem inverternya. Namun inverter tetap digunakan hanya saja cukup untuk menyambungkan ke defros.

Cara merubah kulkas inverter jadi manual ini lebih direkomendasikan untuk kulkas inverter yang mengalami kerusakan pada mesin kompresor.

Peralatan

  • Tang meter
  • Avo meter
  • Gas freon
  • Manifol + selang
  • Las
  • Kawat tembaga
  • Pemotong pipa
  • Flaring tool

Komponen Pengganti

Kompresor standar

Untuk kompresornya Anda bisa menggunakan kompresor kulkas non inverter atau yang menggunakan tegangan AC sebagai pengganti kompresor bawaan Kulkas yang ber arus DC.

Timer kulkas

Karena sistem inverternya dinonaktifkan maka sebagai penggantinya digunakan timer kulas seperti kulkas 2 pintu standar pada umumnya.

Kipas evaporator arus ac

Kipas pada kulkas inverter juga menggunakan arus DC sehingga tidak cocok digunakan untuk rubahan menjadi kulkas standar dan Anda harus menggantinya dengan kipas AC.

Defros/bimetal

Defros pada kulkas inverter juga berbeda dengan kulkas standar pada komponen ini juga harus dilakukan penggantian agar pencairan bisa dilakukan dan kulkas berjalan dengan normal.

Pengerjaan

Pertama – tama lakukan penggantian pada kipas dengan cara membuka atau mencongkel penutup evaporator maka nanti dilapisan kedua akan ada dinding yang digunakan sebagai penyalur udara.

Disitulah juga terletak kipas dari evaporator, lepas kemudian pasang dengan kipas AC. Arah angin dari kipas ini seharusnya menyembur keluar namun jika dam pemasangannya terbaik arahnya, maka bisa dilakukan dengan membalikan kumparan kipasnya.

Setelah pemasangan kipas selesai maka selanjutnya kita beralih menuju evaporator, disana akan kita lakukan penggantian defrost.

Sebelumnya dievaporator kita juga akan menemukan fuse dan satu komponen lagi bernama Thermistor. Pada kulkas non inverter komponen transmitor ini tidak akan lagi digunakan jadi lakukan pemotongan pada kabel trensmitor.

Nah, kabel dari transmitor inilah yang akan kita gunakan sebagai sambungan untuk defrost atau bimetal. Untuk penyambungannya bisa dibolak – balik tidak masalah karena menggunakan arus ac.

Setelah penyambungan jangan dulu menutup sambungan dengan solasi, karena kita akan memlakukan pengurutan untuk kabel defrost dan fuse yang menuju ke inverter.

Persiapkan juga dua kabel untuk nanti digunakan pada kipas evaporator. Setelah itu kita berpindak kebelakang ditempat inverter.

Untuk menemukan sambungan kabel kita bisa melihat skema gambar yang ada pada body kulkas dan pada pcb inverter dan disesuaikan dengan warnanya.

Sekarang saatnya mempersiapkan Timer yang akan digunakan untuk menggantikan inverter. Kemudian potong kabel defrost dan kabel kipas begitu juga heater yang akan kita sambungkan ke timer.

Cari kabel heater dan juga defrost atau yang tadinya thermistor dengan skema gambar kemudian sambung salah satu kabel defrost dengan heater.

Siapkan timer kulkas, kemudian pada sambungan antara defrost dengan heater tadi dimasukan pada konektor timer nomor 1. Kabel defrost satunya disambung pada konektor timer nomor 2.

Sisa kabel heaternya disambungkan pada kabel tegangan netral pada inverter. Untuk konektor nomor 3 pada timer juga disambungkan pada line tegangan.

Kemudian kita beralih pada kipas, salah satu kabel kipas kita sambungkan pada tegangan netral sementara sisanya kita sambungkan pada konektor timer nomor 4 yang juga digunakan sebagai jalur kompresor.

Jadi ketika nanti kompresor menyala maka kipas juga ikut menyala. Kemudian lakukan pengetesan pada timer dengan cara memutar timer searah jarum jam kemudian nyalakan kulkas.

Pasang tang meter pada sela kabel timer pada skala 200 Ampere, kemudian pegang timer maka akan terasa getaran pada timer karena tadi kita memutarnya searah jarum jam.

Kemudian beralih kedepan dan dan coba tempelkan kedua sambungan defrost yan belum di isolasi tadi dan kembali lihat tang ampere jika ada arus berarti heater bekerja dan jika kita pegang timer juga sudah tidak ada getaran.

Langkah berikutnya matikan kulkas dan sambung kabel kipas pada ruang freezer. Setelah selesai kemudian kembali kebelakang dan nyalakan kulkas.

Putar timer pada posisi on maka pada posisi ini seharusnya kompresor akan menyala jika dipasang begitu juga dengan kipasnya.

Maka lakukan pengecekan pada kipas, jika kipas menyala berarti sudah benaar pemasangannya. Kemudian jangan lupa cek arah semburan angin dari kipas jangan sampai terbalik.

Kemudian rapikan sambungan pada defrost dan juga kipas evaporatornya. Setelah itu kita beralih kembali kebawah untuk pemasangan kompresor.

Untuk pemasangan kompresor seperti pemasangan pada umumnya. Lakukan pemasangan kemudian pengisian gas freon pada kulkas.

Setelah selesai sambungkan kompresor dengan intalasi kulkas. Kabel instalasi yang menuju ke kompresor berjumlah 3 namun kita hanya perlu menggunakan 2 kabel saja.

Setelah selesai semua maka lakukan tes dengan menyalakan kulkas selama satu malam dengan diisi beban membuat batu es.

Jika pagi batu es sudah terbentuk maka perbaikan ini berhasil.

Ya begitulah kira – kira cara membuat kulkas inverter ke timer sehingga bisa digunakan kembali dengan baik.