Penyebab Kerusakan dan Cara Memasang Tali Pembuangan Mesin Cuci

Cara Memasang Tali Pembuangan Mesin Cuci

Penyebab Kerusakan dan Cara Memasang Tali Pembuangan Mesin Cuci – Mesin cuci memberikan kita kemudahan dalam melakukan pekerjaan rumah khususnya untuk pekerjaan cuci mencuci. Sehingga memberi kita efisiensi tenaga dan waktu.

Agar kinerja mesin cuci tetap berjalan dengan normal sebaiknya gunakanlah mesin cuci sesuai dengan aturan yang ada, seperti kapasitas cucian sampai durasi penggunaan.

contoh penggunaan pengering, timernya rata – rata berdurasi maksimal 5 menit. Jika merasa cucian masih kurang kering jangan langsung memutar kembali timernya namun tunggu beberapa saat baru kemudian nyalakan kembali.

Karena mesin pengering yang dipaksakan bekerja lama tanpa istirahat akan menyebabkan mesin panas dan bisa terjadi kerusakan pada kumparan mesinnya.

Cara Memasang Tali seal pembuangan

Seiring lamanya penggunaan mesin cuci, kadang muncul beberapa kendala, salah satunya air cucian tidak bisa keluar atau mampet yang disebebkan oleh beberapa hal.

Kali ini kita akan memberikan informasi mengenai kerusakan pada tali pembuangan mesin cuci 2 lubang dan cara memperbaikinya.

Salah satunya penyebabnya adalah tali drain pembuangan mesin cuci 2 lubang yang bermasalah. Hal ini menyebabkan seal tidak dapat terangkat sehingga terus menutup saluran pembuangan yang menyebabkan air terjebak ditabung cuci.

Penyebab kerusakan tali drain

Memutar tombol drain dengan cepat bisa juga membuat simpul tali drain lepas dari pengaitnya, ini biasanya terjadi pada tombol drain sederhana tanpa motor drain.

Tali seal sudah lama digunakan akan getas dan mudah putus , sedangkan apabila tali ini putus akan berpengaruh pada pembuangan air yang tidak berfungsi.

Hal lain yang menyebabkan tali rusak adalah karena gigitan tikus yang menyebabkan tali drain putus dan tidak bisa digunakan lagi.

Perbaikan Tali Pembuangan

Untuk melakukan perbaikan sebelumnya Anda harus membuka tempat timer. Gunakan obeng untuk membuka baut yang ada disekeliling rumah timer.

rumah timer mesin cuci 2 lubang

Kemudian setelah baut dibuka gunakan obeng untuk mencongkel dengan hati – hati karena terdapat banyak pengunci yang tidak akan mampu jika hanya menggunakan tangan kosong.

Tukang servis yang sudah berpengalaman biasanya akan mudah untuk membukanya namun bagi yang pemula mungkin akan membutuhkan banyak waktu walapun hanya sekedar membuka rumah timer ini.

Dan setelah berhasil dibuka kemudian liat pada pengait tali drain apakah tali drainnya lepas atau putus, tambahkan ikatan agar tali tidak mudah lepas.

Namun jika tali sudah terlalu lama maka kwalitasnya akan menurun dan pastinya mudah putus jadi sebaiknya ganti dengan yang baru.

Tali Tarikan Pembuangan Mesin Cuci

Jika Anda membeli tali yang baru pastikan ukurannya sama dengan tali mesin cuci yang ingin Anda pasang sehingga nantinya tidak perlu repot membuat simpul jika tali terlalu panjang.

Namun jika ingin menghemat biaya Anda bisa menggunakan tali packing atau tali bekas pallet untuk mengganti tali pembuangan yang rusak.

tali pallet

Tali palet mempunyai banyak warna dan kualitas tali bekas palet justru lebih kuat dibanding tali pembuangan yang original, namun tentunya Anda harus melakukan beberapa penyesuaian.

Untuk itu sebelumnya Anda harus melepas tali bekas yang sudah tidak layak kemudian lepaskan tali dari pengait bagian atas.

Selanjutnya buka penutup belakang mesin cuci maka akan terlihat tali yang tersambung dengan katup seal pembuangan. Tarik dan lepaskan juga dari sealnya.

Kemudian ambil tali bekas pallet tadi dan potong sesuai dengan panjang tali pembuangan mesin cuci, namun berikan lebihan beberapa cm untuk membuat simpul.

Cara membuat simpul

Peralatan yang digunakan untuk membuat simpul ini cukup mudah, yaitu persiapkan tang kombinasi dan korek api.

Ukuran lebar dari tali pallet  lebih besar dari tali pembuangan jadi kita ukur sama dengan tali pembuangan lalu kita robek supaya ukuran lebarnya sama.

tali palet untuk tali pembuangan mesin cuci

Potong sesuai panjang tali bekasnya, kemudian buatlah simpul pada salah satu ujungnya untuk mengaitkan dengan tombol drain dan juga tarikan seal.

Cara membuat simpulnya adalah dengan menekuk kedua ujung tali pallet, saat ditekuk ini panjang talinya harus sesuai dengan tali bekas mesin cuci.

Kemudian ambill korek api dan tang, bakar ujung tali pallet ini dengan korek api . Pada saat posisi api menyala tempelkan tekukan ini dengan tali disampingnya menggunakan tang.

tali pallet untuk tali pembuangan mesin cuci

Maka simpul sudah jadi dan lakukan hal yang sama pada ujung satunya. Kemudian pindah dan pasang kawat pengait nya pada tali pallet.

pasang pengait tali pembuangan mesin cuci

Pemasangan/setting tali pembuangan

Kemudian setelah tali ini selesai dibuat maka saatnya kita lakukan pemasangan. Pertama kita mulai pemasangan dari atas.

Kaitkan ujung tali dengan tuas drain kemudian ujung satunya masukan kebawah sesuai dengan jalurnya. Kemudian tarik dari bawah tali tersebut sampai tertarik sempurna.

Kemudian pasang kembali penutup timer, pemasangannya sangat mudah dibanding membukanya tadi, kita tinggal meletakkannya pada posisi yang presisi.

Jika sudah benar – benar presisi kemudian tekan – tekan disemua sisinya sampai ada bunyi yang menandakan cover timer ini sudah terkunci dan selanjutnya jangan lupa untuk memasang baut- bautnya.

Langkah selanjutnya tinggal memasang tali bagian bawah yang menuju seal pembuangan, namun sebelumnya atur dulu tombol drain pada posisi menutup.

Kemudian kita setting pemasangan tali pada pengait sealnya. sambungkan pada posisi kencang tapi jangan terlalu tegang.

Untuk pengetesan ambilah air kemudian masukan pada tabung wash, jika air masih keluar berarti tali terlalu kencang, sedikit kendurkan dan kembali isi tabung wash dengan air. Jika air sudah tidak keluar berarti pemasangan telah berhasil.

Rapikan kembali dan pasng penutup bodi belakangnya. Untuk menghindari tikus yang masuk kedalam mesin cuci gunakan jaring besi yang membungkus kaki – kaki sampai bodi bagian bawah.

Mungkin itu saja tips yang bisa Anda gunakan untuk memperbaiki tali pembuangan pada mesin cuci 2 tabung. Semoga berhasil, terima kasih.

Wahid Santoso
apa yang paling mahal didunia ini, FREEDOM