Kelebihan dan Kekurangan Mesin Cuci Top Loading dan Front Loading

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Cuci Top Loading dan Front Loading

Perbandingan kelebihan dan kekurangan mesin cuci pintu atas dan depan atau bawah – Mesin cuci merupakan inovasi yang saangat bermanfaat untuk membantu meringankan pekerjaan rumah tangga khususnya dalam hal mencuci pakaian.

Samapai saat ini mesin cuci terus berinovasi, dan yang secara umum mesin cuci memiliki dua tipe yaitu mesin cuci top loading atau bukaan atas mesin cuci front loading atau bukaan samping/depan/bawah.

Untuk mesin cuci top loading sendiri juga memiliki 2 tipe yaitu tipe 1 tabung dan 2 tabung. Dari semua jenis mesin cuci tadi memiliki perbedaan kelebihan dan kekurangannya masing – masing.

Perbandingan Mesin Cuci Top Loading vs Front Loading

Maka dari itu disini kita akan membahasnya satu – persatu. Bagi Anda yang masih awam tentang mesin cuci toploading maupun frontloading, mungkin artikel ini bisa memberi informasi yang bisa membantu untuk memberi wawasan dan menentukan pilihan jenis mesin cuci terbaik yang bagus sesuai dengan kebutuhan Anda.

Desain

Mesin cuci top loading 2 tabung merupakan mesin cuci yang paling awam digunakan. Seperti namanya mesin cuci ini memiliki 2 tabung sekaligus mesin terpisah serta menggunakan tombol manual.

Satu tabung untuk mencuci bilas dan tabung kedua untuk mesin pengering. Karena memiliki tabung yang terpisah membuat mesin cuci ini memiliki ukuran paling besar dibanding mesin cuci jenis lain.

Untuk kapasitas cucinya tipe dua tabung ini memiliki variasi dari 6 kg sampa 15 kg.

Sedang mesin cuci top loading 1 tabung hanya menggunakan satu mesin dinamo untuk cuci bilas dan kering. karena menggunakan satu tabung tentunya ukurannya lebih ringkas dan sedikit lebih tinggi dari mesin cuci 2 lubang.

Hal ini dilakukan karena disetiap sudut atas bodi mesin cuci ini dipasang besi pegas yang berfungsi untuk menopang tabung agar mengurangi goncangan. Untuk kapasitas mesin cuci top loading 1 tabung ini bervariasi antara 6,5 kg – 20 kg.

Sedangkan untuk jenis mesin cuci front loading memiliki desain persegi dengan bukaaan pintu dan tombol didepan bahan bodi terbuat dari besi seng tebal dan memiliki berat paling tinggi dibandingkan tipe yang lain.

Pengoperasian

Mesin cuci top loading 2 tabung menggunakan tombol manual untuk pengoperasiannya. Tombol – tombol ini terdiri dari tombol untuk wash cuci bilas, tombol buang air, dan spin atau pengering.

Keuntungan dari sistem ini adalah jika ada pakaian yang tercecer Anda bisa langsung menambahkannya tanpa menunggu mesin cuci berhenti.

Namun kekurangannya mungkin agak ribet karena Anda harus mengisi, mematikan, dan membuang air secara manual. Begitu juga ketika ini mengeringkan cucian, Anda harus memindahkan cucian sendiri.

Untuk mesin cuci top loading 1 tabung dan mesin cuci front loading tombolnya sudah menggunakan modul elektronik sehingga bisa bekerja secara otomatis.

Dari modul ini terdapat banyak tombol pengaturan seperti power, level air lama waktu cuci bilas dan kering. bahkan untuk mesin cuci front loading terdapat juga fitur pemanas sehingga cucian bisa kering sempurna.

Namun jika Anda masih bingung untuk pengoperasiannya gunakan fitur otomatis. Setelah memasukan cucian dan detergen pada tempatnya tutup pintu secara rapat tinggal hidupkan tombol power kemudian tekan start maka mesin akan mencuci bilas sampai mengeringkan pakaian secara otomatis.

Untuk mesin cuci front loading ketika mesin sedang bekerja pintu akan terkunci secara otomatis jadi kita tidak bisa menambahkan cucian sebelum mesin cuci selesai bekerja. Hal ini juga dimaksudkan agar tidak terjadi air tumpah.

Kelebihan dari mesin cuci top loading 1 lubang dan front loading adalah bisa kita tinggal untuk mengerjakan kegiatan lain karena bekerja secara otomatis sampai proses pengeringan. Untuk kapasitasnya bervariasi antara 6 – 17 kg

Kekurangan jika Anda menggunakan 2 tipe mesin cuci diatas, Anda harus menggunakan pompa air otomatis atau tandon air untuk mensuplai air dari mesin cuci ini.

Efisiensi

Dari sisi efisiensi bisa dikatakan mesin cuci front loading paling baik dari tipe lainnya. Karena mesin cuci ini hanya membutuhan kurang lebih 13 galon air setiap pengoperasianya.

Listrik yang dibutuhkan juga lebih hemat selain itu dengan sistem operasi yang bekerja seperti roda berputar membuat hasil cucian bersih tanpa membuat pakaian rusak.

Sedangkan mesin cuci top loading membutuhkan air yang lebih banyak sekitar 12 – 17 galon bahkan sampai 40 galon.

Begitu juga untuk hasil cucian, karena menggunakan mesin dari poros bawah sehingga tabung berputar dengan cepat, maka kadang cucian menggupal atau terlilit dan banyak gesekan yang membuat pakaian rawan rusak.

Servis dan Perawatan

Untuk mesin cuci 2 lubang membutuhkan perawatan yang lebih ekstra jika Anda ingin mesin cuci ini terlihat bersih. Karena menggunakan tipe manual dan harus memindahkan cucian wash ke spin pengering maka bekas deterjen, jamur dan kotoran semakin lama akan terlihat.

Jika tidak segera dibersihkan maka bekasnya akan sulit hilang. selain itu jika tidak hati – hati air bisa masuk ke tombol pengaturan yang menyebabkan ground atau ngetrum.

Namun jika dilihat dari servis atau perbaikan mesin cuci 2 lubang ini relatif lebih murah.

Untuk mesin cuci top loading 1 tabung dan front loading perawatannya lebih mudah namun ini juga tergantung pada penempatan mesin cuci ini. Usahakan mesin cuci ditaruh ditempat yang kering dan tidak banyak percikan air.

Untuk tabungnya biasanya ada tombol pengaturan untuk bilas tabung atau melakukan cuci otomatis tanpa pakaian untuk membersihkan tabung mesin cuci.

Sedangkan jika ada kerusakan kemungkinan jenis mesin cuci ini servisnya secara umum lebih mahal karena menggunakan modul dan satu mesin yang dirangkai sedemikian rupa untuk cuci bilas dan kering.

Harga

Harga mesin cuci 2 tabung adalah paling murah. ini juga yang mungkin menjadi pertimbangan sehingga banyak yang menggunakan tipe ini. Harga mesin cuci 2 tabung dijula mulai 1 jutaan.

Untuk tingkat menengah ada mesin cuci top loading 1 tabung yang sudah menggunakan mesin otomatis yang tentunya berpengaruh pada harganya. mesin cuci jenis ini dijual mulai harga 2 jutaan.

Mesin cuci fornt loading memiliki harga relatif lebih mahal karena memiliki desain yang bagus dan juga banyak fitur yang canggih. Mesin cuci jenis ini dijula mulai harga

Kelebihan Mesin cuci 2 lubang

  • harga murah
  • Servis murah
  • Tidak perlu tandon air atau pompa air otomatis

Kekurangan Mesin cuci 2 lubang

  • Butuh tempat yang lebih besar
  • perawatan lebih.
  • kurang efisien waktu dan tenaga
  • listrik rawan grounding

Kelebihan Mesin cuci top loading

  • Desain yang bagus
  • Tidak memakan banyak tempat
  • Perawatan lebih simpel
  • Bisa diatur pengopreasiannya dan ditinggal sewaktu – waktu

Kekurangan Mesin cuci top loading

  • Harga lebih mahal
  • Butuh tandon air atau pompa
  • Servis kerusakan lebih mahal
  • Boros air

Kelebihan Mesin cuci Front Loading

  • Desain bagus mewah
  • Tidak memakan banyak tempat
  • Perawatan mudah
  • Hemat listrik
  • Hemat air

Kekurangan Mesin cuci Front Loading

  • Harga mahal
  • Butuh tandon air atau pompa air otomatis
  • Berat, membutuhkan 2 orang untuk mengangkat mesin cuci ini
  • Servis mahal

Demikianlah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan dari mesin cuci top loading bukaan depan dan front loading pintu bawah depan 1 dan 2 tabung yang dapat kami sampaikan.

Semoga dengan artikel ini dapat menambah pengetahuan tentang mesin cuci dan agar kita kedepanya tidak salah dalam menentukan pilihan mesin cuci terbaik yang akan dibeli.