Kerusakan Pengering Mesin Cuci 2 Tabung

Kerusakan Pengering Mesin Cuci 2 Tabung

Kerusakan Pengering Mesin Cuci 2 Tabung – Mesin cuci 2 tabung memiliki tempat terpisah untuk mencuci bilas dan pengeringan, begitu juga dengan mesinnya yang dibagi dua unruk mesin pengering dan mesin pencuci.

Bagian mesin pengering ini sangat membantu untuk kita apalagi pada musim penghujan yang lebih sering mendung sehingga cucian kita bisa lebih cepat kering dan tidak menimbulkan bau apek.

Bahkan kadang saya melihat beberapa orang mencuci secara manual dan hanya menggunsksn pengeringnya saja karena mungkin merasa mencuci dengan tangan lebih bersih.

Begitu juga untuk bedcover dan selimut ukuran besar kadang tidak muat untuk ukuran mesin cuci 2 tabung dengan kapasitas 7 kg dan jika dipaksakan justru kotoran yang mengedap di tabung mesin cuci akan naik keatas dan menimbul bercak – bercak.

Kerusakan pengering mesin cuci 2 tabung

Namun seiring lamanya penggunakan mesin pengering ini sering kali mengalami kendala sehingga ttidak bisa digunakan dengan sempurna.

Penyebab pengering mesin cuci rusak

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan pengering mesin cuci 2 tabung mengalami kerusakan yang mungkin sebagian juga sering kita temukan diantaranya adalah.

Kapasitas beban berlebihan

Kapasitas mesin cuci yang tertera adalah kapasitas basah, maksudnya adalah berat cucian yang sudah terendam dengan air. Jadi ketika Anda memiliki mesin cuci dengan kapasitas 9 kg berarti Anda harus mengisi dengan beban maksimal dibawah 9 kg.

Begitu juga pada pengeringnya, jika diberikan beban yang melebihi kapasitas maka mesin tidak bisa segera berputar kencang dan beban akan menyebabkan mesin lebih panas sehingga jika dilakukan terus menerus akan menyebabkan mesin mengalami kerusakan.

Penempatan cucian yang tidak rata

Jika kita memasukan cucian ke tabung pengering dengan begitu saja tanpa ditata dengan seimbang maka mesin pengering akan berputar tidak stabil walau pada akhirnya akan stabil dan kencang.

Namun jika hal ini sering dilakukan maka akan mengakibatkan as tabung pengering menjadi tidak senter sehingga tabung pengering menjadi oleng.

keadaan ini membuat mesin cuci berguncang atau bergetar dan berisik saat pengering bekerja dan semakin lama tabung pengering yang terhubung dengan as akan retak dan patah.

Ketika akan memasukan cucian kedalam tabung pengering masukan sedikit demi sedikit dan ditata dengan seimbang kemudian ditekan dan dututup dengan pengaman taabung baru kemudian pintu pengering ditutup. Jika masih Anda bunyi benturan tabung pada body mesin cuci maka buka kembali dan atur ulang cucian.

Menghidupkan mesin pengering dalam waktu lama

Untuk mesin cuci 2 lubang rata -rata menggunakan mesin pengering dengan waktu pada timer 5 menit. namun sering kali ketika digunakan sebelum mencapai skala angka 1 atau saat mau berhenti timernya kita putar lagi sampai posisi angka 5 sehingga waktu pengeringan bertambah.

Hal ini memang akan membuat cucian menjadi lebih kering namun efeknya pada mesin pengering sksn menjadi lebih panas dan rawan kumparannya terbakar dan rusak.

Jadi jika memang Anda ingin melakukan pengeringan yang lebih lama sebaiknya tunggu dulu sampai waktu habis dan pengering mati baru kemudian diulang, berikan waktu untuk mesin menurunkan suhunya.

Jenis kerusakan pengering mesin cuci 2 lubang

Bagian pengering pada mesin cuci 2 lubang memiliki beberapa rangkaian komponen yang bisa mengalami kerusakan, bagian – bagian ini diantaranya adalah.

Timer

timer spin mesin cuci 2 lubang

Bagian ini termasuk penting karena kita tidak akan bisa menyalakan mesing pengering tanpa menggunakan timer. Ciri kerusakannya adalah ketika diputar maka mesin akan bekerja, namun timer ini tidak bergerak.

Sehingga mesin akan terus bekerja dan ketika kita putar pada posisi 0 baru mesin berhenti. Artinya timer sudah tidak normal karena tidak bisa kembali keposisi 0 dengan sendirinya.

Jika tidak diganti kita tidak akan tahu berapa menit mesin menyala dan kita harus menunggui karena mesin tidak bisa mati dengan sendirinya.

Dan yang harus dilakukan tentunya adalah menggantinya dengan timer yang baru agar pengering kembali bekerja normal.

Tabung pengering

tabung pengering mesin cuci 2 tabung

Seperti penjelasan diatas tabung pengering bisa mengalami kerusakan yaitu oleng atau patah pada penyangga tabungnya. Jika oleng tidak terlalu parah tabung masih bisa digunakan namun juga harus dipersiapkan untuk mengganti tabungnya.

Oleng ini juga bisa membuat tabung terus berbenturan dengan bodi mesin cuci yang mengakibatkan kan ring tabung rusak lepas dan pecah.

Ring Spin Mesin Cuci 2 Tabung

Untuk mengganti tabung pengering bisa menggunakan mesin cuci sejenis yang tidak terpakai atau bisa membeli yang baru muali harga 150 sampai 200 ribuan.

Seal pengering

Ketika Anda menggunakan pengering dan muncul suara berdecit yang nyaring kemungkinan bisa terjadi karena kerusakan pada seal pengering.

seal pengering mesin cuci 2 tabung

Untuk mengetahui secara pasti apakah seal pengering terjadi kerusakan maka bukalah penutup mesin di bagian belakang mesin cuci kemudian isi pengering dengan air.

Setelah itu nyalakan pengering beberapa saat dan cek kembali dari bawah bagian as tabung pengering, jika diraba basah atau ada tetesan air maka harus segera diganti.

Karena tetesan air ini akan jatuh kemesin dan membuat mesin rusak.

Rem pengering

rem pengering mesin cuci 2 tabungRem pengering berfungsi sebagai pengaman, jadi ketika pengering sedang bekerja kemudian kita ingin membuka tabung pengering maka otomatis tabungnya akan berhenti.

Hal ini terjadi karena ketika kita membuka pintu pengering maka rem otomatis berfungsi dan ketika ditutup rem akan terangkat. Kerusakan pada sistem rem biasanya disebabkan oleh

Pengait pada pintu pengering yang patah

Jika ini terjadi maka mesin pengering tidak bekerja karena mesin tertahan oleh rem dan hanya akan kembali normal jika rem dilepas atau diperbaiki.

Senar rem yang lapuk dan putus

Jika senar rem mengalami putus maka hasilnya akan sama seperti pada pengait yang patah maka harus segera dilakukan perbaikan.

Kampas rem habis

Jika yang terjadi adalah kampas rem yang sudah aus maka rem tidak akan berfungsi. jadi ketika Anda membuka pintu pengering maka tabung mesin cuci akan tertap berputar kencang seperti pada posisi pintu ditutup.

Mesin spin

Kerusakan pada mesin pengering ini bisa terjadi karena beberapa faktor seperti karena kerusakan seal yang menyebabkan air bocor dan masuk kedalam mesin.

Kerusakan bisa juga terjadi karena kelebihan beban yang membuat mesin bekerja ekstra dan akhirnya durasi ketahanan mesin berkurang.

Selain itu juga karena faktor usia dan lingkungan yang menyebabkan ketahanan mesin spin berkurang sebelum waktunya.

Itulah tadi penyebab dan jenis – jenis kerusakan yang sering terjadi pada mesin cuci 2 lubang. Dan kemungkinan untuk artikel selanjut akan kita bahas lebih detail satu persatu.